4 Jenis Investasi Terbaik Sebelum Usia Anda 30 Tahun

0
21

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten selama 7 tahun memberikan edukasi, tips serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan agar anda bisa sukses di usia muda. Dan tentunya agar kelak ketika anda suda berusia di atas 30 tahun, anda bisa menikmati hidup anda dengan nyaman.

Banyak anak muda yang bertanya kepada saya :

“Pak, investasi apa yang bagus di usia muda, sebelum usia 30 tahun?”

Di video kali ini saya akan membahas sebuah topik tentang : “4 Jenis Investasi Terbaik Sebelum Usia Anda 30 Tahun”. Apa sajakah itu?

Sahabat entrepreneur, tentunya sebelum usia 30 tahun ada banyak anak-anak muda yang berpikir bahwa usia muda itu adalah usia yang paling tepat untuk santai-santai. Padahal, saya rasa ini adalah kata-kata yang kurang pas. Apalagi di zaman sekarang ini jika anak-anak muda tidak berkiprah, maka anda pasti akan merasa rugi sekali.

Karena di zaman sekarang ini, segala jenis kemudahan itu ada. Anda bisa bermain social media, anda bisa memiliki platform YouTube untuk menyalurkan ide anda. Begitu juga dengan dunia investasi. Investasi yang paling tepat di usia muda itu ada empat.

Jadi, investasi yang pertama adalah investasi personal.

Investasi personal itu salah satu contohnya adalah buku. Anda juga bisa berinvestasi dengan melalui sebuah buku. Jika anda berinvestasi melalui buku seperti ini, itu artinya sama dengan anda berinvestasi mulai dari leher ke atas.

Karena biasanya anak-anak muda itu sukanya nongkrong, makan, ngafe dan ngopi. Padahal, anda menghabiskan uang yang sama, akan tetapi anda tidak mendapatkan sebuah ilmu. Akan tetapi jika anda berinvestasi melalui buku seperti ini, paling mahal harga sebuah buku itu hanya mencapai berapa ratus Rupiah. Akan te tapi, buku tersebut memiliki sebuah dampak yang besar terhadap cara berpikir anda dalam jangka panjang.

Tahukah anda, saya ini memiliki koleksi buku sampai ribuan. Bahkan, saya memiliki perpustakaan pribadi. Dan saya sudah mulai berinvestasi buku ini sejak saya masih muda. Jadi, kita juga harus mendukung software yang kita miliki. Itulah sebabnya saya mengatakan bahwa investasi terbaik untuk anak muda adalah investasi personal untuk leher ke atas.   

Lalu investasi yang kedua adalah investasi kesehatan.

Anak-anak muda seringkali berpikir bahwa investasi uang itu yang paling utama. Tetapi, itu adalah pemikiran yang salah. Jika anda bisa menyisihkan sebagian uang anda untuk menabung emas, menabung saham ataupun properti, maka itulah yang terbaik, seperti di konten saya “3 Cara Menabung”.

Jika anda sudah menyisihkan uang untuk ketiga investasi tersebut, jangan lupakan investasi untuk kesehatan juga. Anda bisa melihat banyak teman saya di usia 40-50 tahun, akan tetapi kesehatannya sudah tidak benar-benar prima. Mengapa? Karena sejak muda, mereka tidak pernah menjaga kesehatannya.

Jadi, investasi kesehatan itu memang yang paling utama. Anda harus rajin berolahraga. Itulah sebabnya saya juga memiliki channel kesehatan. Jadi, kita perlu yang namanya balancing life. Ini adalah investasi yang sangat penting dan paling utama.

Kemudian investasi yang ketiga adalah investasi relasi.

Atau bahasa kerennya adalah networking. Coba anda perhatikan, belakangan ini saya cukup sibuk di konten saya tentang membangun hubungan dengan para politisi, pengusaha, artis, penyanyi, musisi, dan juga YouTuber lainnya.

Artinya apa? Saya berinvestasi relasi. Ketika kita membangun relasi ini, mungkin rasanya kita seperti tidak mendapatkan apa-apa. Tetapi sebetulnya sejak zaman dahulu, banyak anak muda yang bertanya tentang satu hal ini kepada saya :

“Rahasia sukses Pak Chandra di usia muda itu apa sih?”

Salah satunya adalah saya bergaul dengan orang yang usianya 20 tahun di atas saya. Jadi apabila saat ini usia anda 17 tahun, maka bergaullah dengan orang yang usianya 37 tahun. Apabila saat ini usia anda 20 tahun, maka bergaullah dengan orang yang usianya 40 tahun.

Ketika andabergaul dengan orang-orang yang lebih dewasa dari anda, maka cara berpikir anda akan sangat jauh berbeda dengan orang seusia anda pada umumnya. Mengapa? Karena topik pembicaraan anda juga akan sangat berbeda dengan ketika anda bergaul dengan teman sebaya anda. Cara berpikir anda akan berbeda karena hal tersebut.

Itulah sebabnya ketika saya masih berusia 18 tahun, saya itu banyak bergaul dengan orang yang berusia 40’an. Saat itu, teman-teman seusia saya berkata bahwa ngobrol dengan saya itu gak asik. Mengapa? Karena saya itu dianggap gak gaul.

Saya memang tidak punya banyak teman seusia saya. Namun ketika saya berusia 25-30 tahun, penghasilan saya juga tidak sama dengan orang-orang seusia saya. Saya tidak memaksakan, karena itu pilihan. Jika anda maunya asik-asik aja, silahkan. Akan tetapi, itu bukan pilihan hidup saya.

Kemudian investasi yang keempat adalah investasi aset.

Yaitu menabung saham, menabung emas dan menabung properti. Jika anda ingin menabung emas, anda bisa menabung di Tamasia. Jangan lupa gunakan kode referral CPNSB30. Dan jika anda ingin menabung saham, silahkan anda klik link webinar di bawah, yaitu KEPM (Komunitas Edukasi Pelatihan Menabung).

Kemudian, investasi yang ketiga adalah menabung properti. Tahun depan saya akan membahas tentang bagaimana cara menabung properti untuk anda. Sementara ini saya baru membahas tentang menabung saham dan menabung emas.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Empat jenis investasi inilah yang harus anda miliki sebelum usia 30 tahun. Saya jamin anda pasti akan menjadi miliarder sebelum usia 30 tahun.

Saya percaya anda sudah belajar banyak dari pembahasan saya kali ini. Semoga apa yang saya jelaskan kali ini dapat anda pahami.

Sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here