4 Jenis Kekayaan

0
200

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Tahukah anda bahwa kekayaan itu sebenarnya bukan selalu perkara uang ataupun harta. Akan tetapi, kekayaan itu ada 4 jenis. Apa sajakah itu?

Sebelumnya saya ucapkan selamat datang di channel Success Before 30. Saya ingin berterima kasih kepada para sahabat SB30 yang sudah menonton video ini. Channel kami ini sudah berdiri selama 8 tahun.

Kami konsisten membuat  video yang membahas tentang investasi, tips-tips bisnis, tentang cara pengelolaan keuangan, pengembangan diri dan motivasi sehingga anda bisa mendapatkan tips-tips finansial serta tips bisnis dan entrepreneurship yang tentunya bermanfaat di kehidupan kalian.

Pada topik kali ini, saya ingin membahas tentang 4 Jenis Kekayaan tersebut. Banyak anak-anak muda yang berpikir bahwa yang namanya orang kaya itu pasti orang berduit. Padahal, ada 4 Jenis Kekayaan yang harus anda ketahui.

Jadi, jenis kekayaan yang pertama adalah kekayaan dalam hal keuangan.

Tentu saja kebanyakan yang disebut orang kaya adalah mereka yang mempunyai uang lebih banyak dibandingkan orang rata-rata. Itu sudah jelas, namun kekayaannya itu secara harta. Emas yang ia miliki juga lebih banyak dibandingkan orang rata-rata.

Lalu, jenis kekayaan yang kedua adalah kekayaan sosial.

Jadi, anda itu punya ‘status’ yang merupakan kekayaan sosial. Atau istilahnya, anda dianggap sebagai orang yang terpandang. Anda adalah orang yang memiliki pengaruh di masyarakat. Hal itu juga termasuk kekayaan.

Semua orang pasti ingin berteman dengan anda. Meski itu hanya di level daerah, akan tetapi anda itu dipandang sebagai orang yang berpengaruh atau berpengalaman.

Mungkin anda memiliki gelar sebagai seorang dokter. Bisa juga apabila anda menjabat sebagai lurah, kepala desa atau pemuka agama. Karena jabatan inilah anda bisa dianggap sebagai orang yang berpengaruh. Itulah yang dimaksud dengan status sosial.

Namun apabila sudah level provinsi, anda mungkin pengusaha yang berpengaruh di provinsi tersebut. Jika sudah level nasional, anda mainnya mungkin sampai level artis nasional. Itulah yang namanya status sosial. Jadi, hal ini termasuk kekayaan sosial.

Lalu, jenis kekayaan yang ketiga adalah kekayaan waktu atau freedom alias kebebasan.

Jadi anda mau ngantor jam berapa terserah, mau pulang jam berapapun juga terserah. Anda mau liburan kapanpun gak ada yang melarang, mau pulang kapanpun juga gak ada yang melarang. Enak kan? Seperti itulah yang dimaksud dengan kekayaan waktu.

Kemudian jenis kekayaan yang keempat adalah kekayaan fisik (kesehatan).

Jangan sampai di saat usia anda masih muda, fisik anda justru bermasalah. Itulah sebabnya ketika kemarin saya sempat terkena Covid-19, puji syukur saya cepat sembuh karena saya memiliki kekayaan fisik karena saya rajin berolahraga dan saya rajin menjaga kondisi tubuh.

Bahkan, dalam seminggu saya bisa berolahraga 5-6 kali. Jadi, saya melatih otot dan juga fisik saya. Jadi ketika hari ini anda terpapar virus penyakit, maka apa yang kita latih terhadap badan kita itu bisa sangat berpengaruh. Saya juga termasuk orang yang rajin minum suplemen.

Dengan makan makanan yang bergizi serta rajin minum suplemen, maka hal tersebut juga bisa mendukung kesehatan anda. Jadi apabila saya tidak sehat, bagaimana saya bisa berbagi konten edukasi seperti ini?

Oleh sebab itu, saya hari ini bisa mengajar dan berbagi konten edukasi itu karena saya memiliki kekayaan fisik. Jadi bagi anda para anak muda yang masih memiliki kekayaan fisik yang luar biasa, pertahankan fisik kalian. Karena kesehatan itu tidak melihat usia.

Terkadang, banyak orang berusia lanjut yang justru gaya hidupnya lebih sehat jika dibandingkan dengan anak-anak muda.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan topik saya kali ini. Semoga bisa menginspirasi anda. Jadi, menurut anda, manakah dari 4 kekayaan ini yang paling anda butuhkan saat ini?

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here