4 Jenis Passive Income

0
865

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang di channel Success Before 30. Jika pada video sebelumnya saya sudah membahas tentang active income, maka pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang : “4 Jenis Passive Income”.

Apa sih definisi dari passive income?

Active income itu artinya adalah penghasilan di mana kita harus bekerja untuk mendapatkannya (upah). Sedangkan passive income adalah di mana kita bisa mendapatkan penghasilan dari aset yang kita miliki.

Jenis aset itu bermacam-macam. Bisa berupa jaringan bisnis, keuangan, bisa juga berupa portofolio saham, portofolio emas, dan sebagainya. saya juga sudah pernah membahas tentang passive income ini di buku Success Befoe 30.

Saya juga membahas tentang ‘5 Level Pengusaha’ serta masalah mindset : mengapa banyak orang yang belum kaya raya di buku Success Befoe 30 halaman 137.

Sebenarnya, hal ini bisa terjadi karena mereka tidak memahami konsep aset. Jika anda mengerti tentang konsep ini, maka bisa dipastikan anda paham tentang bagaimana cara agar bisa kaya raya.

Jadi, apa saja sih 4 jenis passive income tersebut?

 

1. Bunga

Passive income yang pertama adalah bunga. Anda bisa mendapatkan bunga deposito dari uang yang anda simpan di bank selama minimal 1 tahun. Dengan begitu, anda akan mendapatkan bunga sekian persen yang bisa kita sebuat juga sebagai passive income.

 

2. Dividen

Kemudian passive income yang kedua adalah dividen. Ketika kita memiliki saham di perusahaan tertentu, misalkan ketika dewan direksi memutuskan untuk membagikan dividen. Maka setiap 6 bulan atau setahun sekali, kita akan mendapatkan dividen karena kita sudah hold saham kita sebesar sekian.

Dari hasil dividen tersebut, tentunya kita juga mendapatkan pemasukan. Atau mungkin ketika anda menjadi seorang pemilik perusahaan. Maka anda juga mendapatkan dividen dari keuntungan bersih dari perusahaan tersebut.

 

3. Sewa atau royalty

Lalu passive income yang ketiga adalah sewa atau royalty. Jadi ketika anda menyewakan rumah, atau mungkin aset anda berupa ruko maupun apartemen, maka anda mendapatkan uang dari hasil kontrakan. Hal tersebut juga termasuk dalam salah satu jenis passive income.

Itulah sebabnya tadi saya katakan bahwa salah satu aset yang termasuk passive income adalah aset properti.

 

4. Aset

Lalu passive income yang keempat adalah aset. Salah satu jenis bisnis yang bisa menghasilkan passive income adalah direct selling, karena saya sendiri juga berkecimpung di dunia direct selling. Cara yang astu ini tentunya juga bisa mendatangkan passive income.

Salah satunya adalah dari jaringan bisnis anda. Anda bisa mendapatkan passive income berupa royalty yang bisa diklaim seumur hidup. Di perusahaan saya ada salah satu orang yang telah meninggal dunia, namun ia masih mendapatkan aset passive income sejak 10-15 tahun yang lalu sampai hari ini.

Hal ini menunjukkan bahwa aset jaringan bisnis itu sangat memungkinkan. Dan bisa juga aset lainnya berupa properti yang disewakan, seperti yang tadi saya sampaikan.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan saya kali ini, dan nantikan konten saya berikutnya. Jadi, 4 passive income ini sudah fix bisa memberikan anda penghasilan.

Saya tadi juga menambahkan aset royalty, tentunya bagi anda yang berkarir sebagai musisi. Anda bisa mendapatkan royalty dari hasil karya berupa lagu ciptaan anda. Bisa juga hasil karya berupa lukisan. Di luar negeri tentunya bisa seperti itu, sedangkan kalau di Indonesia saya sendiri kurang paham.

Dari keempat passive income ini, mana yang belum anda miliki? Bunga, dividen, sewa/royalty, atau aset?

“Pak, saya belum punya semuanya..”

Bisa dipastikan, anda harus bekerja seumur hidup. Karena jika anda tidak bekerja, maka anda tidak akan mendapatkan penghasilan.

Itulah sebabnya, anda itu bekerja jangan hanya mencari uang, namun juga membangun aset. Maka, keempat aset inilah yang harus anda miliki. Dan keempat aset inilah yang nantinya akan mendatangkan income untuk anda.

Sahabat entrepreneur, semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here