4 Jenis Pengeluaran yang Seharusnya Dapat Dikendalikan

0
448

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang di channel Success Before 30. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang mengapa diri anda labil? Mengapa uang anda tak bisa disimpan di tabungan? Mengapa uang yang anda miliki keluar terus seperti asap yang menguap? Hidup anda bahkan terasa boros sekali.

Di kesempatan kali ini, saya akan membahas tuntas terkait semua hal itu. Jadi pada video kali ini, saya akan membahas tentang “4 Jenis Pengeluaran yang Seharusnya Dapat Dikendalikan”.

Anda sebenarnya bisa mengendalikan pengeluaran tersebut . jika pengeluaran tersebut memang suatu hal yang urgent, maka tidak masalah untuk dikeluarkan. Yang terpenting, anda harus tahu bagaimana cara mengelolanya. Apa saja 4 jenis pengeluaran tersebut?

1. Kebutuhan

Jenis pengeluaran yang pertama ini sudah pasti, yaitu kebutuhan. Kebutuhan ini hubungannya adalah dengan sandang, papan dan pangan. Yaki kebutuhan makan, rumah, pakaian dan sebagainya.

Namun celakanya, kebutuhan terkait sandang, papan dan pangan ini kan bukan termasuk dalam ‘keinginan’. Yang terpenting, anda memakai baju yang rapi. Tidak perlu memakai baju bermerek. Begitu juga dengan rumah, yang penting cukup baik untuk ditinggali. Tidak harus menggunakan mebel yang harganya selangit.

Kemudian terkait pangan, yang penting anda bisa makan di rumah. Anda tidak perlu pesan makanan di luar terus kan? Jika anda masalah makanan saja ngemall terus, ya pantas saja keuangan anda selalu bocor.

Intinya, kita harus bisa mengendalikan kebutuhan kita. Karena apabila kebutuhan kita dipaksakan menjadi sebuah keinginan, niscaya hal ini akan menjadi sebuah trouble yang besar.

Di halaman 23 dari buku ‘Badai Pasti Berlalu’, saya selalu mengajarkan tentang habit. Jadi, kita harus membangun habit mengendalikan kebutuhan.

2. Keinginan

Kemudian jenis pengeluaran yang kedua adalah keinginan. Keinginan itu tidak terbatas. Karena manusia itu jika sudah punya Iphone 11, maka tak lama kemudian pasti ingin punya Iphone 12. Iphone 12 belum dijual, sudah kepengen punya Iphone13.

Setelah punya Iphone, ganti kepengen punya Ipad. Jadi, istilahnya ini adalah lapar mata. Ketika anda lihat apapun di media sosial seperti Instagram, semuanya pengen anda beli.

Masalahnya, sampai kapapnpun jenis pengeluaran yang satu ini tidak akan ada habisnya. Berapapun pemasukan anda, pasti akan habis juga. Terutama para wanita yang merupakan ratu shopping.

Jadi ketika ia melihat ada sale 80%, dia pasti langsung ingin memborong semuanya. Akhirnya setelah terbeli, justru tidak pernah terpakai.

3. Anggaran

Kemudian jenis pengeluaran yang kedua adalah anggaran. Pengeluaran yang satu ini sangat penting karena sudah jelas dibutuhkan. Ada anggaran untuk transportasi, tabungan, tagihan, anggaran khusus, konsumsi dan sebagainya.

Pengeluaran ini harus dianggarkan alias harus ada budget. Jika anda tidak ada budgeting atau anggaran dalam keuangan anda, maka selamanya anda tidak akan pertnah tahu uang anda larinya kemana saja.

Itulah sebabnya saya selalu mengatakan “ bagilah uang anda ke dalam 3 rekening. Rekening yang pertama untuk pekerjaan, bisnis atau modal kerja.

Kemudian yang kedua adalah rekening untuk keperluan rumah tangga, uang sekolah anak, gaji ART, atau apapun itu harus ada rekening tersendiri.

Sedangkan rekening yang ketiga adalah untuk tabungan dan investasi. Anda harus memiliki tiga jenis rekening tersebut. Dengan demikian, niscaya alokasi anggaran anda itu sudah jelas. Berapa persentasenya? Mau 30-40-30%, itu semua terserah anda yang mengaturnya. Jadi ingat, tiga jenis rekening tersebut harus ada.

4. Sedekah

Kemudian jenis pengeluaran yang kedua adalah sedekah. Hal ini tentu penting sekali. Mungkin untuk sedekah, anda bisa masukan jenis pengeluaran ini ke dalam rekening investasi. Jadi, anda tidak perlu membuat rekening khusus lagi untuk sedekah karena uang tersebut tentunya langsung anda bagikan. Uang untuk pengeluaran yang satu ini harus anda sisihkan.

Dengan demikian, sedekah adalah pengeluaran untuk saling menghargai orang lain dan hidup anda sendiri. Apabila anda memiliki 3 jenis rekening ini, niscaya keuangan anda akan sangat terkontrol dan pengeluaran anda akan juga dapat dikendalikan.

Dengan membagi uang anda ke dalam 4 jenis pengeluaran di atas, maka sudah pasti anda tahu uang anda larinya ke mana saja. Jika tidak, maka anda tidak akan memiliki catatan ke mana saja perginya uang anda.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan kali ini. Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here