4 Kebiasaan Orang Kaya

0
646

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang di channel Success Before 30. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang buku Badai Pasti Berlalu.

Jadi topik saya adalah membahas tentang : “4 Kebiasaan Orang Kaya” yang sebetulnya sederhana, namun tidak banyak orang ketahui. Meski begitu, tidak semua orang bisa melakukannya.

Jadi, apa saja sih 4 kebiasaan orang kaya tersebut? Keempat kebiasaan ini saya sadur dari buku Badai Pasti Berlalu halaman 23 yang membahas tentang 4 habit orang kaya. Selain itu, ada pula kisi-kisi yang bagus di dalam buku ini.

 

1. Delayed gratification

Kebiasaan yang pertama adalah menunda kenikmatan atau delayed gratification. Bicara tentang menunda kenikmatan, mereka itu hanya membeli barang yang mereka butuhkan. Mereka tidak akan membeli barang yang tidak mereka butuhkan. Seperti yang selalu saya katakan, “belilah fungsi, jangan membeli gengsi”.

Apabila abarang tersebut tidak memiliki fungsi, maka sudah pasti mereka tidak akan membelinya. Intinya, mereka mau membeli sesuatu karena memang fungsinya yang mereka butuhkan.

Selain itu, mereka juga sabar dalam menunda kenikmatan. Jadi meskipun hari ini gajian, mereka tidak akan menghabiskan uang tersebut untuk sekedar makan di cafe atau makan di restoran setiap hari sehingga uangnya habis tak bersisa.

 

2. Research

Kemudian kebiasaan yang kedua adalah  research. mereka itu suka melakukan research. contohnya ketika membeli sebuah barang, mereka pasti melihat dulu fungsinya seperti apa. Jadi, mereka tidak akan membeli sesuatu yang tidak mereka gunakan.

Apabila menurut mereka Iphone itu bermanfaat untuk pekerjaan mereka, maka pasti mereka akan membelinya. Namun apabila menurut mereka ada handphone android yang memiliki fungsi lebih baik dari Iphone, maka mereka akan lebih memilih android.

Banyak orang seringkali mengesampingkan fungsi, namun mengutamakan gengsi. Sedangkan orang-orang yang tidak kaya, mereka lebih mengutamakan gengsi hanya untuk terlihat kaya.

 

3. Compound interest

Lalu kebiasaan yang ketiga adalah compound interest. Jadi, mereka melipatgandakan keuntungan yang bisa dimanfaatkan. Mereka bukan membeli untuk dikonsumsi sendiri, namun untuk melipatgandakan keuntungan ke dalam bisnis.

Apabila mereka mendapatkan keuntungan, maka mereka akan menggunakannya untuk perputaran bisnis kembali. Atau mungkin, mereka akan meletakkannya sebagai investasi sehingga mendapatkan bunga dan bunga. Contohnya diletakkan sebagai deposito bank, atau diinvestasikan ke reksadana.

Atau bisa juga diinvestasikan ke properti seperti yang saya bahas di video saya “3 Cara menabung yang Benar”, yakni diinvestasikan ke properti, saham dan logam mulia atau emas. itulah yang dimaksud dengan compound interest.

 

4. Selalu melihat peluang

Lalu kebiasaan yang keempat adalah selalu melihat peluang kapanpun dan dimanapun. Jadi, mereka itu jeli dalam melihat peluang. Di mana ada masalah, ia bisa menangkap peluang. Contohnya ketika pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak orang kaya yang bisnis memproduksi rempah-rempah untuk menjaga kesehatan tubuh.  

Atau ketika musim hujan, mereka akan menyediakan payung. Lalu ketika mejelang hari Valentine, mereka akan memproduksi bunga mawar. Jadi, ia selalu bisa melihat peluang. Cara berpikir orang kaya memang berada di atas orang rata-rata.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan saya kali ini, dan nantikan konten saya berikutnya. Pembahasan saya memang sederhana, akan tetapi tidak mudah dilakukan. Pertanyaan saya : apakah konten saya kali ini hanya akan anda dengarkan, atau bakal anda terapkan? Jika anda mau melakukannya, maka you’ll be the next billionaire.

Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

 

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here