4 Rahasia Pengusaha yang Tidak Diketahui oleh Banyak Orang

0
9

4 Rahasia Pengusaha yang Tidak Diketahui oleh Banyak Orang

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Di edisi kali ini, saya akan membahas tentang rahasia pengusaha besar yang tidak pernah di’explore atau dibuka oleh mereka. Tetapi sebetulnya, para pengusaha besar itu memiliki rahasia-rahasia. Apakah anda ingin tahu rahasianya? Hari ini akan saya bongkar rahasianya. Beruntung sekali anda subscribe channel SB30. Jadi, tolong subscribe dulu supaya saya bisa membongkar rahasianya. Apa sajakah itu? Check this out..!!

Siapa bilang pengusaha gak punya rahasia? Pengusaha itu mempunyai rahasia yang tidak mau dibongkar. Hanya orang-orang yang pernah menjadi pengusaha, dari kecil sampai besar. Mereka pasti mempunyai rahasia-rahasianya. Dan rahasianya akan saya bongkar hari ini. Dan sekurang-kurangnya, ada 4 rahasia yang disimpan rapat-rapat oleh pengusaha besar.

 

1. Semua pengusaha itu mempunyai masalah

Rahasia yang pertama yaitu semua pengusaha itu mempunyai masalah. Tidak ada pengusaha yang tidak punya masalah. Anda jangan melihat bahwa pengusaha itu enak, hidupnya mewah, hidupnya keren. Itu yang terlihat. Yang tidak terlihat itu sebenarnya justru sebetulnya banyak masalah. Tetapi mereka hanya tidak pernah menceritakannya saja. Mereka tidak pernah mau explore. Mereka tidak mau mengeksploitasi. Dan mereka tidak mau menularkan masalah mereka di pekerjaan mereka, di kantor mereka, karyawan mereka, atau ke supplier mereka. Tidak. Tetapi mereka tetap mempunyai masalah.

Meskipun sebetulnya yang membedakan mereka adalah mereka memilih untuk tidak membongkar atau menumpahkan masalah mereka kepada publik. Apalagi ditulis di social media. Tidak. Mereka terlihat selalu tertawa, senang-senang, happy-happy. Actually, di kantor mereka itu stress. Mereka itu sedang menghadapi problem.

Tetapi mereka tetap happy. Dibawa santai aja. Dan seolah-olah terlihat seperti tidak ada apa-apa. Padahal, mereka itu mempunyai masalah. Jadi perbedaannya dengan orang rata-rata adalah ketika ada masalah sedikit, mereka menumpahkan, menceritakan, mengeksploitasi semua masalah mereka di socmed. Seolah-olah agar mereka itu mendapatkan perhatian. Mereka mendapatkan kasih sayang dari teman-teman. Dikuatkan. Seperti itu. Jadi seperti ada efek dopamine.

Padahal, para pengusaha itu sama dengan anda. Mereka juga mempunyai masalah. Tetapi, mereka tidak selemah anda. Mereka memilih untuk tidak mengeksploitasi rahasia mereka di publik. Jelas ya.. Itu rahasia yang pertama. Dan mereka terus melangkah. Mereka tidak mau mundur. Jika ada masalah, review, evaluasi, konsultasi, melangkah maju lagi. Itu yang pertama.

 

2. Ada beberapa orang yang tidak sependapat dengan anda

Yang kedua, ada beberapa orang yang tidak sependapat dengan anda. Ini adalah rahasia yang kedua. Siapa bilang pengusaha itu pasti temannya sependapat? Rekanannya sependapat? Tidak. Supplier’nya sependapat? Tidak. Mitra kerjanya sependapat? Tidak. Partnernya sependapat? Tidak. Karyawannya sependapat? Apalagi.. Tidak. Karaywan itu menuntut naik gaji terus. Pastinya tidak sependapat. Dan pasti ada perbedaan. Itu adalah rahasia yang kedua.

Jika anda merasa semua pekerjaan anda mulus dan sebagainya, berarti menurut saya bisnis anda belum besar. Tetapi di balik bisnis yang besar itu pasti ada orang-orang yang tidak sependapat dengan mereka. Tetapi, mereka punya prinsip. Bedanya adalah kita tidak mungkin bisa menyenangkan semua orang. Saya ulangi, kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Tidak bisa.

Pelawak yang paling lucu saja ada orang yang tidak tertawa. Penyanyi dengan suara paling merdu saja masih ada orang yang mengatakan suaranya sumbang. Ada. Anda tidak bisa menyenangkan hati semua orang. Anda tidak bisa. Nabi saja tetap memiliki orang yang tidak setuju dengannya. Itu nabi, lalu who are you?

Presiden saja memiliki orang yang tidak sependapat dengannya. Itu presiden loh. Kamu siapa? Apalagi hanya seorang pengusaha. Pasti ada orang yang tidak sependapat juga. Ini adalah rahasia yang tidak pernah mereka bongkar. Mereka menjelek-jelekkan partner mereka. Begini begitu. Menurut saya, ini adalah tipikal pengusaha kacangan. Pengusaha besar tidak akan mengumbar problem internal company mereka ke publik. Tidak akan. Mereka simpan rapat-rapat, mereka simpan sendiri dan ya sudah. Keep going.

Tidak sependapat itu biasa. Berbeda pendapat itu biasa. Yang terpenting, kita terus maju. Saling menghormati perbedaan. Itu rahasia yang kedua.

 

3. Sukses yang anda lihat itu hanyalah kulit

Rahasia yang ketiga adalah sukses yang anda lihat itu hanyalah kulit. Anda lihat, pabriknya gede. Anda lihat, kantornya mewah. Lalu anda lihat, stok barangnya banyak. Anda lihat, cabangnya dimana-mana. Anda lihat perputaran di banknya, rekeningnya keren. Terkadang itu kulit. Yang anda lihat itu kulit. Anda tidak tahu di balik rekening yang omzetnya mungkin puluhan milyar per bulan atau ratusan milyar per bulan itu mungkin bisa jadi kebocorannya lebih besar. Bayar bunga banknya itu lebih gede.

Bisa jadi. Tetapi, yang anda lihat itu hanya kulit. Di balik mereka hari ini bisa bebas waktu, bebas finansial, jalan-jalan ke luar negeri, ada harga yang harus mereka bayar. Tidak ada yang bisa mereka raih dengan mudah dan serta merta, tidak ada. Ada tetesan darah, ada tetesan keringat, dan ada tetesan air mata di balik orang yang terlihat sukses itu.

Jadi, yang anda lihat dari mereka itu baru kulitnya. Anda tidak ikut di dalamnya. Anda tidak ikut di dalam prosesnya. Dan anda tidak ikut terlibat di dalam proses operasional usahanya. Anda tidak tahu betapa rumitnya manajemen perusahaan itu. Anda hanya melihat, “Wow, keren! Bisnisnya gede!”.

Di balik beton kantor yang mewah itu, sebenarnya setiap beton kantor itu dibangun dengan air mata. Anda tidak tahu ‘kan? Itulah rahasia yang tidak dibongkar oleh para pengusaha.

 

4. Semua pengusaha besar, di baliknya pasti ada tim yang kuat dan solid

Dan yang keempat, yaitu semua pengusaha besar, di baliknya pasti ada tim yang kuat dan solid. Ini adalah rahasia yang  tidak mereka bongkar. Jadi di dalam pengusaha besar itu ada tim yang besar. Pasti ada tim yang solid. Di baliknya ada tim yang kuat, tim yang sangat kompak, tim yang solid dan meskipun sebenarnya tim yang kompak ini dibentuk dari ketidak kompakan.

Tetapi mereka melewati proses, waktu, melewati susah bersama-sama, berjuang bersama-sama, sampai akhirnya mereka menemukan chemistry. Atau mereka menemukan suatu kekompakan. Suatu kecocokan satu sama lain. Mereka merelakan ketidaksepahamannya. Dan mereka menurunkan ego mereka. Tetapi mereka melebur, nge’blend, menjadi satu. Menjadi  tim yang kompak. Menjadi sebuah tim yang solid. Itu butuh waktu. Dan saya kain hal itu tidak terjadi dalam setahun, 2 tahun, 3 tahun. Tidak bisa. Hal itu hanya bisa dibayar dengan satu kata. WAKTU.

Jadi, membentuk sebuah tim itu tidak terjadi dalam sekejap.

Anda menghajar tim orang lain, contohnya. Dan anda membuat tim anda kompak. Tidak bisa. Super team itu terdiri dari beberapa komponen orang-orang yang mau merendahkan hatinya, mau menurunkan egonya, dan bersatu. Melebur menjadi sebuah tim. Mereka tidak menunggu. Karena sebuah tim itu tidak ada yang sempurna, tetapi saling melengkapi.

Dan di balik sebuah perusahaan yang besar, pengusaha yang besar, mereka mempunyai sebuah tim yang sangat solid. Dan tidak ada individu yang sempurna. Ada orang yang kuat di IT. Ada orang yang kuat di finance. Dan ada orang yang kuat di operational. Ada orang yang kuat di marketing. Mereka saling melengkapi. Dan mereka menjadi satu tim yang sangat solid dan sangat kuat.

Akhirnya, mereka taat dan tunduk kepada CEO mereka atau pimpinan perusahaan mereka. Dan blend as a team. Dan mereka melebur menjadi sebuah tim. Jika anda mengatakan kopi susu itu enak, anda tidak bisa mengatakan itu karena kopinya. Tidak bisa. Karena ada susunya juga. Ada gulanya juga. Ada airnya juga.

Anda tidak bisa mengatakan suatu komponen itu yang terbaik. “Kopi yang paling hebat! Susunya gak dominan”. Tidak bisa. Jika susunya kurang pas, kopinya juga tidak bisa harum. Jika suhu airnya tidak pas, juga tidak bisa. Dan jika gulanya bukan gula terbaik, maka rasa manisnya pun menjadi terlalu manis. Manisnya itu mungkin tidak enak. Jadi semua itu punya suatu andil di dalam kopi susu yang enak. Seperti itu.

Perusahaan juga sama. Ada sebuah tim yang solid. Dan hal itu tidak terjadi dalam sehari. Itu terjadi dalam hitungan waktu. Waktu itu mungkin bisa setahun/2 tahun. Mungkin bisa 5 tahun, mungkin bisa 10 tahun.

Itu semua tergantung proses kepemimpinan anda.

Demikian tips saya kali ini tentang rahasia-rahasia yang tidak pernah dibongkar oleh para pengusaha, tetapi mereka sudah pernah mengalaminya. Semoga pada video kali ini, anda bisa mendengarkan inspirasi ini. Dan jika anda punya masalah di usaha anda sekarang atau hidup anda sekarang, percayalah. You are not alone. Anda tidak sendirian. Para pengusaha besar sudah melewati masa tersebut.

Selamat mencoba, selamat melalui pengalaman ini. Sukses untuk anda, dan always salam hebat luar biasa..!!

Summary

Di edisi kali ini, saya akan membahas tentang 4 rahasia pengusaha besar yang tidak pernah di’explore atau dibuka oleh mereka.

Para pengusaha besar sudah melewati masa tersebut.

Apakah anda ingin tahu rahasianya? Check this out..!!

Leave a Reply