5 Alasan Pentingnya Brand Identity Bagi Bisnis Anda

5 Alasan Pentingnya Brand Identity Bagi Bisnis Anda – Brand Identity

Brand identity merupakan identitas suatu brand atau merek yang sangat penting bagi sebuah bisnis atau usaha. Hal ini sangat berguna bagi orang lain atau konsumen untuk mengenali suatu brand. Hal ini juga dapat menjadi penilaian bagi orang lain untuk menentukan apakah brand tersebut memiliki nilai positif atau negatif.

Brand identity sendiri adalah elemen atau unsur yang terlihat atau tampak dari suatu brand atau merek. Elemen atau unsur-unsur tersebut antara lain seperti logo, warna, desain, dan lain sebagainya. Dimana semua elemen tersebut dapat digunakan oleh orang-orang untuk mengidentifikasi suatu brand atau bisnis.

Berikut beberapa alasan mengapa brand identity penting untuk suatu bisnis atau usaha:

1. Cara dikenal pelanggan

Brand identity merupakan salah satu hal yang paling mudah digunakan oleh orang-orang untuk mengenali brand Anda. Tak hanya itu, brand identity sendiri menjadi salah satu hal untuk menentukan mau dibawa kemana atau ingin dikenal seperti apa brand tersebut kedepannya. Sehingga memiliki brand identity yang kuat akan sangat penting bagi berjalannya suatu bisnis.

2. Meningkatkan brand awarness

Brand identity juga menjadi sebuah sarana untuk meningkatkan brand awarness. Hal ini dikarenakan dengan orang-orang dapat mengidentifikasi serta mengenali brand yang Anda miliki, maka orang-orang akan lebih familiar dengan brand tersebut. Sehingga orang-orang juga dapat mengenali brand tersebut dengan semakin dalam. Selain itu, brand identity yang kuat akan membuat brand tersebut mudah dikenali serta mudah diingat.

3. Sarana bersaing

Brand identity menjadi salah satu sarana untuk bersaing dengan berbagai kompetitor di pasar. Hal ini tentunya dikeranakan salah satu hal yang dapat membedakan antara brand Anda dengan brand kompetitor ialah karena setiap brand memiliki ciri atau keunikan tersendiri. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang pelaku usaha untuk menciptakan brand identity yang kuat agar brand atau merek tersebut dapat menjadi pembeda dengan brand kompetitor serta memiliki nilai lebih yang dapat menjadi alasan untuk konsumen memilih brand Anda.

4. Menciptakan pelanggan yang loyal

Brand identity juga dapat menciptakan pelanggan yang loyal. Dimana pelanggan-pelanggan tersebut akan dengan setia menggunakan brand, sehingga pelanggan tersebut akan secara berulang terus membeli produk dari merek tersebut. Brand identity yang kuat akan menciptakan anggapan bahwa produk tersebut dapat diandalkan, memiliki kualitas yang baik, sangat familiar, dapat menciptakan kepuasan pelanggan, serta dapat menggugah para konsumen untuk terinspirasi dari visi brand tersebut.

5. Memudahkan ekspansi bisnis

Kuatnya brand identity akan memudahkan Anda untuk melakukan ekspansi bisnis. Hal ini dikarenakan brand tersebut sudah dikenal secara luas oleh masyarakat. Sehingga anda tidak memerlukan effort yang lebih besar untuk kegiatan marketing Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu untuk membangun brand identity yang kuat sehingga bisnis Anda dapat terus berkembang.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.