5 Cara CEO Untuk Membangun Budaya Kepercayaan

5 Cara CEO Untuk Membangun Budaya Kepercayaan

Terapkan sekarang untuk menjadi salah satu Entrepreneur sukses dan biarkan kami memberitahu dunia tentang kisah sukses anda..!!

Bukan rahasia bahwa salah satu aspek yang paling penting menjadi CEO adalah memiliki kualitas kepemimpinan yang memungkinkan kepercayaan dan solidaritas di antara anggota tim anda. Tentu saja, rahasia sebenarnya adalah dalam memahami persis bagaimana cara mencapainya.

Ternyata, tidak ada peluru ajaib, tetapi saya telah melihat beberapa pemimpin terbesar abad ke-21 untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana mereka membangun budaya kepercayaan. Mudah-mudahan, informasi berikut akan membantu untuk meningkatkan pemikiran anda tentang anggota tim anda dan lingkungan di mana mereka bekerja:

 

1. Membuat koneksi nyata.

“Ketika berhadapan dengan orang-orang, anda perlu mengingat untuk tidak berurusan dengan makhluk berlogika, tetapi makhluk yang memiliki emosi.” – Dale Carnegie, Inspirational Speaker, Penulis & Educator

Banyak CEO begitu fokus dalam menjalankan bisnis mereka bahwa mereka sering mengalami kesulitan melihat di luar “peran”, karyawan mereka bermain dengan orang-orang di belakang mereka. Secara logika mungkin fungsi mereka di dalam bisnis adalah mereka masih merupakan pemain inti, dan mereka membutuhkan pemahaman serta keterlibatan manusia.

Seringkali, terhubung dengan karyawan anda mungkin mengharuskan anda untuk memutuskan. Menjauh dari email dan teknologi, dan menggunakan interaksi tatap muka untuk membantu membangun kepercayaan. Tidak ada yang dapat membangun rasa percaya diri sebanyak menjabat tangan seseorang atau mencari mata mereka. Sebagai CEO, membuat koneksi nyata mungkin sesederhana demistifikasi diri untuk karyawan anda, banyak di antaranya mungkin belum pernah bertemu anda. Acara besar perusahaan seperti membangun tim retreats dan pihak perusahaan baik untuk membangunkan semangat. Kenali tim anda sebanyak mungkin dan yang paling penting, biarkan mereka mengenal anda.

 

2. Janji dibuat, janji diingkari.

“Membutuhkan waktu 20 tahun untuk membangun reputasi dan lima menit untuk merusaknya.” – Warren Buffett, Chairman & CEO Berkshire Hathaway

Kata-kata anda adalah mata uang anda. Jika anda menjanjikan sesuatu kepada karyawan anda, maka tepatilah. Anda akan cepat menghancurkan reputasi anda jika anda menggunakan pernyataan longgar. Apa yang anda katakan dan bagaimana anda mengatakannya adalah sama pentingnya dengan mengikuti pernyataan tersebut. Sebagai seorang pemimpin, saya harus tepat dalam apa yang saya katakan dan bagaimana saya bertindak. Jika saya gagal melakukan itu, saya gagal untuk menepati janji saya, yang membuat saya menjadi orang yang tidak dapat dipercaya.

Ini merupakan posisi yang terburuk apabila saya berada di dalam lingkungan karyawan anda dan pada akhirnya akan menciptakan kelemahan struktural dalam dasar dari segala sesuatu yang anda ajarkan mereka. Anda harus menindaklanjuti kata-kata anda dan pada saat anda tidak bisa, anda akan mendapatkan kepercayaan lebih dengan berkomunikasi yang jelas dan terbuka segera setelah anda menyadari kesalahan anda.

 

3. Tetapkan harapan yang jelas.

Agar dapat sukses dalam bisnis, maka anda perlu membuat orang lain melihat suatu hal seperti yang anda lihat.” – Aristoteles Onassis, Shipping Magnate & Pebisnis.

Ketika karyawan gagal, itu sering kali karena mereka tidak diberi panduan yang jelas tentang apa yang diharapkan dari mereka. Sebagai seorang pemimpin, sangat penting untuk menyadari kesenjangan dalam pengetahuan antara apa yang anda ketahui dan apa yang harus diketahui oleh orang-orang yang bekerja untuk anda. Dan bagaimanakah cara untuk menghubungkan perbedaan itu di dalam pikiran. Karyawan anda bukanlah seorang pembaca pikiran. Meskipun pekerjaan di tangan mungkin tampak jelas bagi anda, mungkin pekerjaan tersebut perlu dijelaskan secara berbeda untuk karyawan anda. Sebaliknya juga dapat menjadi kenyataan. Kadang-kadang perubahan dalam perspektif anda mungkin diperlukan untuk memungkinkan anda melihat suatu hal berdasarkan bagaimana sudut pandang karyawan anda melihat hal tersebut. Ini adalah kesempatan belajar pada bagian anda, bukan kegagalan.

4. Tidak memiliki semua jawaban.

“Anda tidak belajar berjalan dengan mengikuti aturan. Anda belajar dengan melakukan, dan dengan berkali-kali jatuh terlebih dahulu.”- Sir Richard Branson, Pendiri Virgin Group.

Seperti pernyataan dalam poin di atas, kegagalan tidak perlu dilihat sebagai kegagalan, melainkan sebagai kesempatan untuk belajar. Tidak ada yang memiliki semua jawaban kesuksesan sepanjang waktu, bahkan CEO sekalipun. Tapi saya hampir bisa menjamin bahwa CEO paling sukses di luar sana tidak takut untuk mencoba, bahkan jika hasilnya tidak selalu seperti apa yang mereka harapkan. Kemungkinan besar, tepatnya berapa banyak dari mereka yang sukses dan bertambah sukses sampai pada hari ini! Sebanyak apa kesuksesannya , jika tidak lebih, dalam pembelajaran yang berasal dari kegagalan.

 

5. Hal yang paling utama adalah “Kepercayaan”.

“Cara terbaik untuk mengetahui apakah anda bisa mempercayai seseorang adalah dengan mempercayai mereka.” – Ernest Hemingway

Kepercayaan bukanlah kontrak hukum. Anda tidak dapat mengharapkan pertukaran ganti rugi dari orang lain, terutama di perusahaan. Alih-alih berpikir kepercayaan sebagai sesuatu yang dapat dinegosiasikan, perusahaan akan menganggapnya sebagai sesuatu yang anda cari dari orang lain. Lepaskan pikiran tersebut dari dalam diri anda.

Begitu banyak perusahaan yang beroperasi dalam budaya ketakutan saat ini. Sulit bagi karyawan di semua tingkatan untuk membiarkan dinding mereka roboh. Pergeseran budaya terbaik datang dari orang-orang atas yang bersedia dan mampu memimpin serta menjadi contoh. Tempatkan bekerja menuju budaya kepercayaan di bagian atas agenda anda sebagai seorang pemimpin, dan anda akan kagum bagaimana kolaborasi yang lebih kuat dan lebih efektif adalah di antara anggota tim anda. Dan anda akan kagum pada seberapa efektif  jika hal tersebut anda terapkan dalam memimpin mereka.


Posted

in

, , , ,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.