5 Cara Investasi Saham Yang Mudah Bagi Pemula

0
172
5 Cara Investasi Saham Yang Mudah Bagi Pemula - Investasi Saham

Cara investasi saham yang akan dijelaskan dalam artikel kali ini tentunya sangat cocok untuk para pemula yang baru ingin mulai melakukan investasi dengan instumen saham. Investasi saham merupakan bentuk instumen investasi yang cukup digemari oleh masyarakat, terlebih dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin memudahkan orang-orang untuk melakukan investasi melalui saham. Bahkan saat ini, hanya dengan bermodalkan smartphone seseorang sudah bisa melakukan investasi saham di berbagai aplikasi yang tersedia di App Store maupun Play Store.

Cara investasi saham tentunya perlu dipelajari secara mendalam, khususnya bagi para pemula yang baru ingin berinvestasi saham. Hal ini dikarenakan investasi saham merupakan instrumen investasi paling berisiko diantara jenis instrumen investasi lainnya. Investasi saham merupakan instrumen investasi yang cocok untuk jangka panjang agar memperoleh hasil yang maksimal dari investasi tersebut.

Berikut beberapa cara investasi saham yang mudah dilakukan oleh para pemula:

1. Pilih sekuritas

Cara investasi saham tentunya dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin berinvestasi saham. Namun sebelum itu, kamu perlu untuk membuka rekening efek yang difasilitasi oleh perusahaan sekuritas. Setelah itu kamu dapat melakukan top-up dana ke rekening efek. Dimana setiap kali bertransaksi untuk membeli saham perusahaan sekuritas akan memungut biaya transaksi, dimana biaya tersebut berbeda-beda tergantung  perusahaan sekuritas tersebut. Untuk itu, agar memperoleh keuntungan yang maksimal perhatikan dan pilih perusahaan sekuritas yang kamu rasa menguntungkan dan memiliki biaya transaksi rendah.

2. Pahami seluk beluk saham

Sebelum membeli saham suatu perusahaan kamu sebaiknya mempelajari perusahaan tersebut terlebih dahulu, seperti apa perusahaan tersebut, pemilik perusahaan, kegiatan bisnis perusahaan tersebut, hingga ke laporan keuangannya. Beberapa hal tersebut biasanya termuat dalam BEI serta website dari perusahaan tersebut. Dengan mengetahui perusahaan tersebut secara mendalam kamu dapat menilai apakah perusahaan tersebut cocok serta menguntungkan untuk kamu atau tidak.

3. Lakukan analisis

Cara investasi saham selanjutnya ialah dengan melakukan analisis. Kamu perlu melakukan analisis yang tepat sebelum memutuskan kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham kamu agar memperoleh keuntungan. Selain itu, kamu juga perlu melakukan analisis perusahaan mana yang paling tepat untuk kamu investasikan. Sebaiknya bagi para pemula yang ingin melakukan investasi saham sebaiknya pilih perusahaan di bidang perbankan maupun consumer goods dikarenakan kedua bidang ini dapat dianggap sebagai bisnis sederhana yang mampu menghasilkan laba yang signifikan setiap tahunnya.

4. Tebar investasi

Sebaiknya dalam melakukan investasi saham, beli saham di berbagai perusahaan yang berbeda dan jangka terpaku untuk menginvestasikan uangmu di satu perusahaan saja. Tentunya tujuan dari melakukan investasi saham di berbagai perusahaan ini berguna untuk melindungi kamu dengan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Tak hanya itu, hal ini juga berguna untuk menjaga kestabilan dari aset yang kamu miliki.

5. Investasi jangka panjang

Cara investasi saham selanjutnya yang perlu kamu lakukan ialah melakukan investasi saham dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan instrumen saham merupakan instrumen investasi yang sangat cocok untuk jangka panjang. Investasi saham dalam jangka panjang bisa terbilang lebih aman, memiliki risiko yang lebih kecil, serta dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar daripada investasi saham jangka pendek.

Itulah cara investasi saham yang dapat kamu pelajari untuk kamu yang baru ingin terjun berinvestasi menggunakan instrumen saham. Semoga bermanfaat!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here