5 Cara Mengatur Keuangan Untuk Generasi Milenial

0
59
5 Cara Mengatur Keuangan Untuk Generasi Milenial – Cara Mengatur Keuangan

Cara mengatur keuangan ini tentunya sangat diperlukan untuk mempersiapkan kestabilan finansial di masa depan, khususnya bagi generasi milenial. Tentunya kondisi finansial mempengaruhi kehidupan seseorang nantinya. Terlebih saat ini berbagai harga kebutuhan mengalami kenaikan, mulai dari tanah, properti, biaya pendidikan, kendaraan, kebutuhan pokok, dan lain sebagainya. Kondisi finansial yang baik dan stabil dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih tenang.

Cara mengatur keuangan untuk generasi milenial agar dapat mencapai kebebasan finansial antara lain sebagai berikut:

1. Tentukan anggaran

Cara mengatur keuangan yang pertama-tama perlu kamu lakukan yaitu menentukan anggaran. Kamu dapat memulainya dengan membagi pemasukkan kamu ke dalam beberapa kebutuhan. Misal, 50% dari pendapatan kamu digunakan untuk biaya hidup sehari-hari seperti makan, transportasi, tagihan listrik dan air, dan lain sebagainya. 30% dari pendapatan kamu digunakan untuk sesuatu yang kamu inginkan seperti liburan, membeli baju, menonton konser, dan lain sebagainya. Selanjutnya, 20% dari pendapatan kamu digunakan untuk investasi atau menabung. Tak ada ukuran pasti, kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan serta pendapatan yang kamu miliki. Cara ini bertujuan agar pendapatan yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin serta agar pengeluaran akan kebutuhan tidak melebihi pendapatan yang dimiliki.

2. Catat pengeluaran dan pemasukan

Catatlah pengeluaran serta pemasukan kamu secara rutin. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengatur keuangan. Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran secara rutin, kamu akan mengetahui dari mana saja kamu memperoleh uang serta kamu gunakan untuk apa saja uang tersebut. Dengan begitu kamu dapat membuang pengeluaran yang tidak benar-benar kamu butuhkan, sehingga uang yang kamu miliki dapat kamu manfaatkan sebaik mungkin.

3. Siapkan dana darurat

Kamu perlu menyiapkan dana darurat ketika mengatur keuangan. Dana darurat ini setidaknya berjumlah sebesar tiga kali gaji bulanan yang kamu miliki. Uang ini dapat kamu gunakan sewaktu-waktu dalam keadaan yang mendesak atau darurat serta keadaan yang tidak dapat kamu prediksi, seperti ban bocor, datang ke kondangan, berobat, dan lain sebagainya. Sehingga dengan adanya dana darurat ini kamu tidak perlu menguras uang tabungan kamu yang sudah kamu persiapkan untuk masa depan kamu kelak.

4. Mulailah berinvestasi

Untuk mempersiapkan kebebasan finansial di masa depan, mulailah untuk berinvestasi. Sebelum mulai berinvestasi, kenali dan pelajari terlebih dahulu berbagai macam instrumen investasi lalu sesuaikan dengan profil risiko kamu. Investasi dapat memberikan banyak manfaat serta keuntungan di masa depan.

5. Cari penghasilan tambahan

Untuk mempersiapkan kondisi finansialmu agar lebih baik carilah penghasilan tambahan. Mulai dari menjadi dropshipper, berjualan makanan, bisnis online, dan lain sebagainya. Tentunya hal ini akan sangat membantu kamu untuk mempersiapkan tabungan di masa depan. Selain itu, pengeluaran yang kamu miliki juga harus lebih kecil dari pendapatan yang kamu peroleh.

Cara mengatur keuangan sangat penting untuk mempersiapkan masa depan terlebih agar dapat mencapai kebebasan finansial. Oleh karena itu, atur keuangan kamu sebaik mungkin mulai sekarang agar kamu dapat menikmati hasilnya di masa depan. Semoga bermanfaat!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here