5 Hal Sederhana yang Tidak Kamu Sadari Tapi Bisa Menentukan Masa Depan

0
13

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.   

Sahabat entrepreneur, sebenarnya masa depan itu bisa kita bangun. Saya sering mendengar orang mengatakan :

“Masa depan anda itu di tangan Tuhan”.

But, i don’t believe it. Saya tidak percaya itu. Karena saya percaya bahwa Tuhan tidak akan memberikan nasib buruk kepada sebuah kaum jika kaum itu tidak mau mengubah nasibnya sendiri. Itu artinya, anda yang membangun nasib anda sendiri.

Kalau yang namanya ‘takdir’, memang sudah digariskan oleh Tuhan. Jika anda sudah ditakdirkan sebagai seorang pria, maka jadilah seorang pria. Anda jangan mengubah takdir menjadi seorang wanita. Pasti jadinya akan aneh, karena itu melawan takdir. Namun yang namanya nasib itu masih bisa anda bangun.

Itulah sebabnya pada topik yang akan saya bahas kali ini adalah tentang beberapa sederhana yang bisa anda bangun sejak anda masih muda. Jadi, kali ini saya akan membahas : “5 Hal Sederhana yang Tidak Kamu Sadari Tapi Bisa Menentukan Masa Depan”.

Jadi begini sahabat entrepreneur, sebenarnya nasib itu bisa kita bangun. Namun hal itu tidak bisa kita capai dalam waktu 1-2 tahun. Namun baru bisa tercapai dalam jangka waktu 5-10 tahun. Jika kebiasaan ini bisa terus anda bangun, maka dalam jangka waktu 5-10 tahun dari sekarang nasib anda pasti bisa berubah.

 Jadi hal yang pertama adalah orang terdekat.

Orang terdekat bisa sangat menentukan nasib anda. Jangan pernah berharap menjadi miliarder jika orang terdekatmu tidak ada satupun yang menjadi miliarder.

“Loh pak, kalau teman-teman terdekat saya hanya orang biasa, bagaimana dong?”

Ya sudah.. Itu artinya nasib anda 5-10 tahun ke depan sama saja dengan teman-teman terdekat anda. Karena 5 teman terdekat anda yang akan menentukan nasib anda.

“kalau saya meninggalkan 5 teman terdekat saya, bagaimana kalau nanti saya dicap sombong? Nanti saya dicap orang yang tidak punya toleransi terhadap teman, sombong dan sebagainya..”

Memang seperti itulah cara berpikir orang rata-rata.

Channel SB30 membuat saya dijauhi oleh teman-teman!”

Saya sudah sering mengatakan bahwa 5 teman terdekat anda akan menentukan masa depan anda. Channel ini tidak ada hubungannya dengan anda menjadi sombong dan mengajarkan anda untuk menjauhi teman terdekat anda. Akan tetapi, channel ini adalah pilihan hidup.

Anda mau menjadi miliarder atau tidak? Kalau tidak mau, ya sudah. Tinggalkan channel ini sekarang juga. Silahkan kembali pada teman-teman anda yang membuat anda merasa nyaman dan tidak dicap sombong. Anda bisa tetap bergembira dengan mereka. Tidak ada larangan.

Namun apabila anda benar-benar ingin hidup maju dan berbeda, silahkan keluar dari lingkungan zona nyaman anda. Silahkan tinggalkan teman anda yang  tidak bisa membuat anda maju. Sakit? Pasti sakit. Namun, jangan merasa bersalah. Karena itu adalah pilihan hidup.

Lalu, hal yang kedua adalah kebiasaan yang kamu lakukan hari ini.

Saya pernah bilang, ‘jangan pernah berharap terjadi perubahan hidup jika anda masih melakukan hal yang sama’. Kamu tidak akan bisa mengubah badanmu menjadi lebih berotot jika kamu masih makan makanan yang sama. Anda harus makan makanan yang tinggi protein, barulah bentuk fisik anda akan berubah. Ini adalah hukum science.

Tidak ada ceritanya orang makan makanan yang sama setiap hari, lalu tiba-tiba badannya berubah seperti Ade Rai. Tidak mungkin. Ade Rai itu sudah pasti makan makanan yang tidak anda makan. Saya dengar ketika akan mengikuti kontes, ia bisa makan 40-50 butir telur. Saya mempunyai seorang teman yang merupakan salah satu manusia terbesar di Indonesia. Ia berkata bahwa ketika akan mengikuti kontes, ia bisa makan 50 butir telur.

Sedangkan anda setiap hari itu makan apa? Pasti lebih banyak karbohidratnya kan? Jadi konsepnya sama. Dompet dan rekening anda tidak akan gendut jika teman anda rekeningnya kurus semua. Itulah faktanya.

Lalu, hal yang ketiga adalah perkataan yang anda ucapkan hari ini.

Kata-kata yang anda sugesti kepada diri anda sendiri akan menentukan apa yang anda lakukan hari ini. Soft talk atau kata-kata yang sering saya ajarkan untuk anda ucapkan pada diri anda sendiri adalah :

“Saya cinta diri saya, saya sangat bahagia, saya pasti bisa!”

Anda tidak akan pernah bisa sukses jika anda tidak mencintai diri anda sendiri apa adanya. Anda jangan membandingkan diri anda sendiri dengan orang lain. Terimalah diri anda apa adanya. Kamu punya keunikan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Jadi, jangan berharap anda bisa sukses jika anda sendiri tidak bahagia dengan keadaanmu saat ini.

Lalu, hal yang keempat adalah buku yang kamu baca.

Jangan pernah berharap menjadi miliarder jika anda setiap harinya hanya membaca masalah gosip. Setiap harinya hanya membaca buku yang tidak berfaedah atau buku komik. Karena buku yang kamu baca akan menentukan kamu akan menjadi seperti apa. Itulah sebabnya buku-buku seperti itu tidak ada di sekolah ataupun di kampus. Yang ada hanya buku pelajaran.

Jika anda ingin menjadi seperti seseorang, maka coba anda baca buku karyanya. Buku ‘Badai Pasti Berlalu’ yang saya tulis ini merupakan rangkuman dari ratusan buku dan ratusan peristiwa yang saya alami sendiri. Buku ini harganya memang hanya 175 ribu. Akan tetapi jika dibandingkan dengan ratusan peristiwa yang saya alami sendiri dan aratusan buku yang sudah saya baca, apakah harga ini sebanding? Tentu tidak. Harga 175 ribu tidak ada artinya.

Jadi seberapapun mahalnya buku orang sukses, sebenarnya anda itu hanya mengganti ongkos cetaknya saja. Saya rasa harga buku itu jauh lebih murah dibandingkan proses yang sudah ia jalani.

Sedangkan anda satu kali makan saja itu menghabiskan uang berapa? Mungkin mencapai 100-200 ribu. Lalu, besoknya dibuang begitu saja. Tidak ada artinya. Namun jika anda membeli buku dengan uang 175 ribu, maka anda akan mendapatkan intisarinya. Anda bisa menerapkan pelajaran di dalam buku pada hidup anda. Tidak perlu semuanya anda terapkan, satu sampai dua ilmu saja coba anda terapkan. Maka 5-10 tahun dari sekarang, saya jamin uang yang anda hasilkan akan menjadi beberapa kali lipat daripada yang biasa anda dapatkan.

Sedangkan jika uang 175 ribu itu anda gunakan untuk makan di restoran, anda dapat apa? Anda hanya dapat gengsi dan feed cantik di Instagram doang. Anda hanya ngemis like, akan tetapi nasib anda tidak akan berubah.

Lalu, hal yang kelima adalah makanan yang anda makan hari ini.

Makanan yang anda makan hari ini akan mengubah fisik anda 5-10 tahun ke depan. Ada banyak orang yang setiap hari latihan karena ingin memiliki badan yang bagus. Jika hanya latihan saja, tentu tidak bisa. Anda juga harus mengubah makanan yang anda makan jika anda ingin memiliki badan yang bagus.

Because you are what you eat.

Tubuh anda itu mencerminkan apa yang anda makan. Jika kadar karbohidrat atau kalori yang anda makan itu lebih tinggi, misalkan setiap hari makan makanan yang digoreng dan anda ingin memiliki badan yang bagus, itu jelas tidak mungkin.

Namun apabila anda makan makanan yang tinggi protein, pasti bisa. Contohnya saya ini vegetarian. Tetapi, mengapa badan saya bisa jauh lebih sehat daripada mereka yang non vegetarian? Itu karena saya sering mengkonsumsi tahu dan tempe. Saya orang Indonesia, itulah sebabnya saya sering mengkonsumsi tahu dan tempe.

“Apakah Pak Chandra tidak pernah asam urat?”

Asam urat atau uric acid itu penyebabnya karena tinggi purin. Jika anda setiap hari makannya jeroan atau ampela, pantas saja jika anda menderita asam urat. Jeroan atau ampela itu bagi orang yang sering ke fitness pasti dianggap makanan sampah. Sedangkan di Indonesia, kedua bahan tersebut dijadikan soto jeroan.

Sedangkan orang yang sering ke fitness pasti makanannya adalah dada ayam rebus dan sebagainya. Kalau jeroan dan ampela itu tidak boleh dimakan. Itu adalah saluran pencernaan pada hewan, dan anda justru memakannya. Lalu, anda mau dapat gizi dari mana? Soto jeroan mungkin memang enak, tapi belakangan anda bisa kena stroke.

Banyak orang yang bertanya kepada saya : “Pak Chandra kok wajahnya masih seger ya? Padahal usianya sudah 40 tahun lebih..”

Itu semua adalah hasil dari apa yang kamu makan. Dan hal itu tidak terjadi hanya dalam 1-2 tahun. Pola hidup anda menentukan kesehatan anda, nasib anda, dan mada depan anda beberapa tahun yang akan datang.

Jadi bagi anda semua yang menonton video ini, silahkan anda ubah kata-kata sugesti yang anda tanamkan ke diri anda setiap hari, ubah kebiasaan anda setiap hari, ubah makanan yang anda makan setiap hari. Niscaya ketika anda sudah berusia 30-40 tahun, hidupmu akan berubah.

Di YouTube ada banyak yang membahas tentang orang yang baru mulai berolahraga di usia 60 tahun, dan akhirnya di usia 70 tahun badannya masih tetap bugar. Jadi, tidak ada kata terlambat. Lebih baik lagi jika anda mulai dari sekarang. Selamat mencoba, saya doakan masa depanmu berubah.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Saya harap edukasi ini bermanfaat untuk anda. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here