5 Ilmu Dasar Bisnis Online Bagi Pemula

0
274

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Tentunya para viewers video saya ini masih banyak yang belajar usaha dengan lapak online atau bisnis online. Akan tetapi, anda sendiri mungkin belum paham bahwa bisnis online itu ada ilmunya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sebuah topik tentang : “5 Ilmu Dasar Bisnis Online Bagi Pemula”. Apa sajakah tips berjualan online ini? Disini ada 5 istilah dalam ilmu dasar yang harus anda ketahui jika anda sedang meruintis bisnis online.  

 

1. E-commerce

Yang pertama adalah anda harus memiliki e-commerce. yakni toko atau akun di marketplace. Jadi, anda minimal harus memiliki lapak secara gratis di di marketplace. Mungkin kalau di Indonesia seperti di Tokopedia, Lazada, Shopee, BukaLapak dan sebagainya.

Ini merupakan cara yang paling mudah untuk mencari keuntungan di zaman modern seperti saat ini. Akan tetapi ketika anda tidak memiliki toko di marketplace, otomatis pembeli tidak akan mengetahui anda itu berjualan apa. Jadi, unsur yang pertama ini tentunya sangat penting.

 

2. Sales Funnel

Yang kedua adalah sales funnel. Yaitu anda harus punya jalur untuk customer. Dari semenjak konsumen belum mengetahui toko anda sampai orang-orang mengenal toko anda, sampai konsumen mau mengeluarkan uangnya untuk produk yang anda jual. Itulah yang dimaksud dengan sales funnel.

Jadi misalkan anda membuka sebuah gerai di mall, pastikan pengunjung mall tersebut tahu bahwa anda memiliki sebuah toko. Sales funnel merupakan istilahnya di dunia bisnis online. Yakni bagaimana caranya agar mereka tahu dan mampir ke toko anda. Jadi secara otomatis, toko anda akan mulai dikenal orang.

 

3. Landing page

Kemudian yang ketiga adalah landing page. Apa arti dari landing page? Yakni kurang lebihnya sama seperti website atau platform online dimana anda bisa memberitahu konsumen tetnang apa saja produk yang anda jual beserta harganya.

Landing page itu bisa berupa website, sehingga orang-orang bisa klik website anda. Atau mungkin bisa berupa akun Instagram di media sosial sebagai sales funnel atau landing page.

Jadi ketika seseorang scroll di media sosial, mereka bisa tahu anda itu berjualan apa. Otomatis ketika orang-orang tahu apa yang anda jual dan ia tertarik dengan produk yang anda jual, maka ia akan secara spontan melihat biodata toko anda dan langsung klik nomor WA yang tertera disitu, itulah yang dimaksud dengan landing page.

Jadi selain sales funnel, anda juga harus memiliki landing page. Atau apabila anda ingin yang lebih lengkap, anda bisa memilih website.

 

4. Traffic

Kemudian yang keempat adalah traffic. Mengapa traffic ini juga sangat penting? Karena percuma jika anda memiliki strategi penjualan yang bagus apabila tidak ada satu orangpun yang mau mampir ke toko anda.

Itu artinya anda harus memiliki cara yang kreatif agar orang-orang mau mampir ke toko anda. Permasalahannya : Sulit sekali untuk mendapatkan traffic.

Sebenarnya sebuah cara yang paling tepat untuk mendatangkan traffic adalah bagaimana cara agar pengunjung mall tersebut mau mampir ke toko anda.

Bagaimana cara  agar pengunjung toko yang begitu banyak tersebut mau datang ke toko anda untuk mendatangkan traffic. Jadi di dunia bisnis online, anda harus tahu traffic anda setiap harinya itu berapa?

Percuma jika anda memiliki toko bagus tetapi anda tidak bisa mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang besar.

 

5. Personal branding

Kemudian yang kelima adalah personal branding. Personal branding itu artinya apa? Tahukah anda mengapa Iphone dibeli oleh banyak orang? Karena mereka tahu pembuat ponsel tersebut adalah Steve Jobs. Beliau adalah seseorang yang sangat inovatif dan kreatif. Disitulah Apple build trust kepada customer bahwa hasil produksi dari ide Steve Jobs itu bukanlah ide yang sembarangan.

Oleh sebab itu, mengapa kita harus membuat personal branding di media sosial? Mengapa Steve Jobs dengan ‘Apple’nya, atau Mark Zuckerberg dengan ‘Facebook’nya, atau Jeff Bezos dengan ‘Amazon’nya, atau Jack Ma dengan ‘Alibaba’nya, Tesla, atau bahkan SpaceX dengan tokohnya yang sangat terkenal.

Mereka adalah orang-orang yang membangun personal branding untuk produk atau jasa yang mereka tawarkan. Oleh sebab itu, mulai sekarang bangunlah personal branding agar orang lain lebih mengenal diri anda.

Sahabat entrepreneur, saya rasa tips 5 ilmu dasar untuk bisnis online bagi pemula ini sudah cukup menarik agar anda bisa menjadi orang yang luar biasa dalam membangun personal branding di media sosial.

Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here