5 Kebiasaan Kecil Yang Bisa Membuat Mu Bahagia Selama – Lamanya

0
1

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Apakah anda ingin menjadi orang yang bahagia? Pastinya semua orang ingin mendapatkan yang namanya kebahagiaan. Tetapi, apakah definisi kebahagiaan itu? Kalau mungkin bagi pasangan muda, kebahagiaan itu ketika saya sudah menikah. Kebahagiaan bagi seorang jomblo adalah ketika dia memiliki pasangan. Kebahagiaan bagi orang yang belum memiliki karir adalah ketika dia memiliki uang. Kebahagiaan bagi orang tua adalah kesehatan.

Intinya, setiap orang memiliki definisi ‘hidup bahagia’ yang berbeda-beda.

Jadi, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang : “5 Kebiasaan Kecil Yang Bisa Membuat Mu Bahagia Selama – Lamanya”.

Seperti yang saya katakan di awal tadi, definisi kebahagiaan bagi setiap orang itu berbeda-beda. Entah itu berdasarkan umurnya ataupun kebutuhannya.

“Saya akan bahagia jika kaya raya”

“Saya akan bahagia jika saya memiliki pasangan”

“Saya akan bahagia jika saya memiliki uang 100 juta Rupiah”

 “Saya akan bahagia jika saya memiliki Lamborghini”

“Saya akan bahagia jika saya bisa traveling keliling dunia”

Intinya, definisi kebahagiaan setiap orang itu tidak akan ada habisnya. Tetapi sebenarnya ini hanyalah akibat karena anda menginginkan sesuatu. Namun, sebetulnya bahagia itu ada sebabnya. Bagaimana maksudnya?

Perumpamaannya adalah bahagia itu seperti buah mangga. Dan penyebab itu adalah biji mangganya. Apabila anda menemukan penyebab dari kebahagiaan, niscaya kebahagiaan itu akan muncul dengan sendirinya. Jadi, kebiasaan kecil ini bisa membuat dan menciptakan penyebab anda bahagia.

Jadi, kebiasaan yang pertama adalah mulailah jujur, yaitu hidup apa adanya.

Jika anda bertemu saya di pinggir jalan, mungkin anda akan melihat saya hanya menggunakan kaos biasa dan celana pendek. Dimanapun anda bertemu saya, sapa saja. Mereka yang sudah bertemu saya terkadang merasa heran karena ketika tampil di YouTube, saya sering menggunakan setelan jas. Namun ketika bertemu di jalan, mengapa saya hanya menggunakan kaos biasa dan celana pendek?

Saya ini suka olahraga dan traveling. Itulah sebabnya saya lebih suka pakai kaos, celana pendek dan sandal. Cukup itu saja. Hidup apa adanya itu rasanya happy banget. Karena apa? Karena saya merasa hidup saya ini bebas. Saya tidak harus terlihat formal dimana-mana. Jika anda terlalu ‘jaim’, hal itu justru mengurangi kebahagiaan anda. Oleh sebab itu, bagi saya hidup apa adanya itu adalah dengan hidup jujur dan jangan berbohong.

Ketika anda banyak berbohong, maka hidup anda pasti terasa terbebani. Dan ketika anda mencoba untuk tidak bohong, akhirnya anda merasa tidak enak. Untuk apa sih setiap hari hidup dalam kebohongan?

Lalu kebiasaan yang kedua adalah mulailah setiap hari berfikir positif, berpandangan positif, dan pancarkan kehidupan yang positif.

Positive energy itu seperti magnet. Jika anda memiliki energi positif, maka anda dapat menarik hal-hal yang positif juga. Maka dari itu, biasakan untuk berkata-kata yang positif. Jika anda bisa berkata-kata yang positif, niscaya hidup anda akan dipenuhi oleh hal-hal yang positif juga.

Jika setiap harinya anda suka mengeluh, maka hal tersebut bisa mengurangi kebahagiaan anda.

Lalu kebiasaan yang ketiga adalah perbanyaklah bersyukur.

Orang yang sering bersyukur itu sudah pasti bahagia. Jika omzet sedang naik, bersyukurlah. Dan ketika omzet anda jatuh, tetaplah bersyukur. Bersyukur atas apa? Bersyukurlah karena anda masih memiliki pekerjaan, bersyukurlah anda masih punya pelanggan.

Ketika anda mendapatkan nilai bagus, bersyukurlah. Dan ketika nilai anda jatuh, tetaplah bersyukur. Mengapa? Karena anda masih bisa sekolah. Banyak orang di luar sana yang tidak bisa sekolah.

Intinya setiap anda bangun tidur, bersyukurlah anda masih bisa melihat. Karena ada banyak orang lain yang tidak bisa melihat. Banyak celah untuk diri kita agar selalu bersyukur di dalam hidup. Dan bersyukur merupakan akar dari kebahagiaan, percaya pada saya.

Lalu kebiasaan yang keempat adalah hidup itu antara percaya dan tidak percaya. Namun, tetaplah membantu sesama.

Meskipun anda bukan orang yang berkecukupan, namun anda tetap bisa berbagi kepada sesama. Mulailah berbagi cukup dengan sebuah nasi bungkus. Atau berikan donasi walaupun hanya sedikit.

Saya juga pernah diundang ke sebuah seminar amal. Saya ikut mengisi di seminar amal tersebut dan tidak dibayar sepeserpun. Semua donasi yang diberikan saya sedekahkan ke pengelola seminar tersebut. Jadi, membantu sesama itu juga bisa menambah kebahagiaan anda.

Ketika saya membuat channel Success Before 30, pernah ada yang berkomentar : “Pak Chandra ini orang yang bodoh”. Asal anda tahu, konten seperti ini nilainya mahal. Kalau dijual bisa sampai puluhan, bahkan ratusan juta. Namun, saya membuat konten ini semata-mata hanya untuk membantu teman-teman memahami ilmu bisnis dan usaha hanya dengan modal kuota.

Lalu kebiasaan yang kelima adalah mulai sekarang jauhilah orang-orang yang negatif.

Jauhilah orang-orang yang toxic. Percaya tidak percaya, ketika ana memasuki sebuah toko parfum, maka bau anda akan ikut menjadi wangi. Namun jika anda masuk ke kandang ayam, ketika anda keluarpun pasti ada baunya yang menempel.

Jika anda masuk ke cafe yang penuh dengan asap rokok, maka ketika anda keluarpun pasti ada bau asap rokok yang melekat. Begitu pula dengan lingkungan yang toxic. Meskipun anda merasa tidak terpengaruh, namun sedikit banyak pasti lingkungan tersebut dapat mempengaruhi cara berpikir kalian.

Demikian sahabat entrepreneur, selamat menerapkan kelima kebiasaan kecil ini.

Semoga topik kali ini bermanfaat. Konten saya sederhana saja, namun semoga dapat bermanfaat untuk anda. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

 

5 Kebiasaan Kecil Yang Bisa Membuat Mu Bahagia Selama – Lamanya

5 Kebiasaan Kecil Yang Bisa Membuat Mu Bahagia Selama – Lamanya

Apakah anda ingin menjadi orang yang bahagia? Pastinya semua orang ingin mendapatkan yang namanya kebahagiaan. Tetapi, apakah definisi kebahagiaan itu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here