Home Bisnis 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Sebelum Usia 30

5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Sebelum Usia 30

0
9

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan. 

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan sedikit edukasi finansial, hususnya bagi anda semua yang berusia di bawah 30 tahun.

Saya tahu bahwa anda semua yang berusia di bawah 30 tahun itu banyak maunya. Pengen ini, itu dan sebagainya. disini saya ingin memberikan beberapa tips untuk menghindari jebakan keuangan. jika anda bisa melewatinya, kemungkinan anda bisa bisa sukses secara finansial sebelum usia 30.

Topik yang akan saya bahas kali ini adalah tentang : “5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Sebelum Usia 30”.

Sahabat entrepreneur, di zaman sekarang ini sepertinya semua usaha atau bisnis anda itu harus didigitalisasi. Jika tidak, maka anda akan ketinggalan zaman. Seperti yang kita ketahui, di zaman sekarang ini semua orang pasti mencari informasi melalui handphone. Semua orang mencari informasi melalui internet.

Oleh sebab itu, minimal bisnis anda harus memiliki blog atau website. Saya merekomendasikan anda untuk memilih Niagahoster, karena Niagahoster adalah salah satu hosting yang terbaik di Indonesia dengan harga yang relatif terjangkau. Dan jangan khawatir, karena anda bisa memiliki customer service 24 jam setiap harinya. Jika anda ingin menanyakan informasi  tentang promo unlimited yang sedang diskon sampai 75%, saya sudah cantumkan link’nya di kolom deskripsi.

Oleh sebab itu, anda harus segera memiliki website dengan menggunakan hosting terbaik di Indonesia, yaitu Niagahoster.

Kebanyakan para millenial sebelum usia 30 tahun itu pengennya apa sih? Biasanya, anak muda seperti itu pengennya punya motor keren. Kalau cowok, tentunya pengen motor yang gagah. Setelah punya motor, biasanya mereka pengen punya mobil. Setelah itu, barulah yang ketiga mereka pengen punya rumah. Dan yang  terakhir, mereka pengen cepet nikah. Pengen punya pasangan.

Akan tetapi, kemungkinan 4 keinginan ini justru menjadi jebakan yang sangat berbahaya bagi anda semua yang belum berusia 30 tahun. Jika jebakan-jebakan ini bisa anda hindari, maka minimal anda bisa selamat secara finansial sebelum berusia 30 tahun.

Jadi, apa sajakah 5 jebakan yang harus dihindari sebelum usia 30?

Jebakan yang pertama adalah membeli rumah yang sebenarnya tidak mampu anda beli.

Saya tahu kalau anda itu ingin sekali memiliki rumah. Biasanya yang tinggal didaerah Jakarta atau Surabaya itu pengennya memiliki rumah di tengah kota. Namun, harga rumah di tengah kota itu pasti mahal sekali. Itulah sebabnya banyak developer yang menawarkan hunian bukan berupa rumah, melainkan berupa apartemen. Sehingga anda bisa membeli rumah di tengah kota, tetapi dalam bentuk apartemen.

Yang namanya orang baru menikah, pasangan-pasangan muda itu jika tinggal di apartemen tengah kota itu kan terlihat keren. Pemikirannya pasti seperti itu. Namun celakanya, mungkin memang anda itu sudah punya gaji tetap, akan tetapi anda itu justru membeli rumah yang sebenarnya tidak mampu anda beli.

Misalkan anda itu sebenarnya baru memiliki kemampuan membeli rumah seharga 500 juta. Akan tetapi, anda justru memaksakan diri untuk membeli rumah seharga 1M. Akhirnya, anda jadi kesulitan secara finansial. Anda harus mencicil rumah yang harganya di luar kemampuan anda. Anda harus pinjam sana sini hanya untuk terlihat memiliki rumah seharga 1M. Ini adalah sebuah kekeliruan fatal anak muda yang pertama.

Harusnya, anda beli rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial anda. Mungkin anda bisa membeli apartemen yang harganya sekitar 300 juta-500 juta yang lokasinya di tengah kota. Apabila anda tidak bisa membeli rumah di tengah kota, anda bisa membeli yang lokasinya di pinggiran kota. Tidak masalah, yang terpenting anda merasa nyaman. Yang namanya baru berkeluarga, ‘kan tidak mungkin anda langsung memiliki banyak anak.

Anda harus mampu meredam keinginan anda selama 2-3 tahun. Percayalah, setelah membeli apartemen yang sesuai budget, suatu saat nanti anda pasti bisa membeli rumah yang lebih baik lagi.

“Jika punya rumah baru, nanti apartemennya diapakan?”

 Anda bisa jual apartemen tersebut untuk membayar Down Payment calon rumah anda yang baru. Itulah tips dari saya. Jadi, jangan memaksakan diri untuk membeli hunian yang tidak sesuai dengan budget anda.

Kemudian, jebakan yang kedua adalah membeli mobil yang tidak mampu anda beli.

Mungkin kemampuan anda adalah sebatas membeli mobil sekelas Avanza yang harganya kisaran 100-150 juta. Mungkin mobil Avanza yang baru saat ini harganya sekitar 200-250 juta. Anda bisa membeli mobil Avanza second yang harganya sekitar 150 juta. Akan tetapi, anda memaksakan diri untuk membeli mobil yang harganya 300 juta. Menurut saya, ini adalah hal yang tidak perlu.

Akhirnya, anda justru menambah beban pada diri anda sendiri. Belum lagi anda harus membayar ini dan itu. Hal seperti ini yang akan menjadi masalah besar. Jadi sekali lagi, jangan membeli sesuatu yang di luar kemampuan anda. Tahan dulu 1-2 tahun, setelah itu anda pasti mampu membeli mobil yang lebih bagus. Itu contoh yang kedua.

Lalu, jebakan yang ketiga adalah tidak berinvestasi.

Padahal seharusnya di usia muda, anda itu lebih banyak investment sesuatu yang sifatnya menghasilkan. Bukan membeli sesuatu yang tidak ada nilai investasinya. Contohnya anda membeli handphone. Menurut saya, anda itu membeli gengsi, bukan membeli fungsi. Padahal saya sudah sering mengajarkan anda untuk membeli fungsi, bukan membeli gengsi.

Lalu, jebakan yang keempat adalah tidak memiliki skill orang kaya.

Sepertinya saya sudah tidak perlu membahas poin yang keempat ini. Anda bisa melihat pembahasan tentang ini di video saya yang lainnya, “Apa yang Dilakukan oleh Orang Kaya Namun Tidak Dilakukan oleh Orang Miskin”. Skill yang digunakan orang kaya itu goals’nya cenderung apa yang membuat mereka kaya, bukan untuk membuat mereka ‘terlihat kaya’.

Jika anda hanya ingin terlihat kaya, caranya mudah saja. Anda tinggal pakai jam tangan mewah, pakai perhiasan emas dan lain-lain. Yang seperti ini sangat disukai oleh anak-anak muda. Padahal, mungkin saja semua itu adalah hasil dari berhutang. Menurut saya, ini adalah skill bodoh. Akan lebih baik jika anda tidak terlihat kaya, tetapi anda memiliki aset yang banyak.

Lalu, jebakan yang kelima adalah anda tidak memiliki financial rules.

Anda itu tidak memiliki perencanaan finansial. Itulah sebabnya saya sering mengedukasi tentang : “7 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Orang Miskin dan Tidak Dilakukan oleh Orang Kaya”. Videonya ada di channel saya, silahkan anda cari. Kemudian, anda tidak memiliki financial goals. Yang menjadi masalah adalah ketika anda suatu hari kesulitan dalam masalah finansial, akhirnya anda harus berhutang sana-sini. Dan hal ini tentunya tidak sehat secara finansial. Akhirnya, usia muda anda itu anda gunakan untuk hal-hal yang tidak berguna.

Jadi pesan saya adalah apabila anda ingin sukses sebelum usia 30 tahun, maka hindarilah 5 jebakan ini. Jika anda bisa menghindari 5 jebakan ini, besar kemungkinan anda akan menjadi miliarder sukses sebelum usia 30 tahun.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Saya harap edukasi ini bermanfaat untuk anda. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here