5 Mindset Basic Tentang Keuangan yang Harus Anda Pegang Sampai Anda Meninggal

0
59

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang di channel Success Before 30. Pada topik kali ini, saya akan membahas tentang hubungan keuangan dengan mindset.

Mengapa banyak literasi keuangan yang bermasalah di Indonesia? Salah satunya adalah karena mindsetnya tidak pernah diajarkan tentang konsisten.

 Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas topik terkait 5 Mindset Basic Tentang Keuangan yang Harus Anda Pegang Sampai Anda Meninggal. Jadi, apa saja caranya?

Kali ini saya kembali mengutip dari buku saya Success Before 30 di halaman 1-17 yang membahs tentang ‘apa yang dimaksud dengan mindset dan mengapa banyak orang belum kaya?’. Saya sudah membahasnya secara detail di buku ini.

Jadi sebelum anda menonton video ini, saya sarankan anda untuk membaca buku ini terlebih dahulu. Karena apabila anda tidak mengerti dasarnya, maka anda pasti akan merasa bingung.

Setelah menonton video ini, anda mungkin akan tersadar sesaat. Akan tetapi anda pasti akan kembali ke kebiasaan anda yang lama. Ketika anda kembali ke kebiasaan anda yang lama, maka seumur hidup anda akan selalu memiliki masalah keuangan.

Saya sendiri terkejut saat melihat banyak DM yang masuk di akun Instagram saya. Salah satunya adalah ketika ada seorang ibu yang hendak melahirkan, namun ia justru DM saya dan meminta bantuan pada saya.

Dan yang membuat saya lebih sedih lagi, ternyata ia bukan janda, melainkan masih punya suami. Apakah suaminya tidak malu ketika tahu istrinya justru meminta-minta bantuan via DM pada orang lain? Padahal itu untuk keperluan anak mereka sendiri. Mungkin sangking terlalu frustasi, istrinya sampai meminta-minta pada orang lain.

Apabila saya yang menjadi suaminya dan tahu sikap istri saya yang seperti itu, tentu saja menurut saya hal ini sama seperti mempermalukan suaminya.

Dari kisah ini, kita tahu bahwa mindset tentang literasi keuangan di Indonesia ini sangat parah. Dan semoga kisah seperti ini tidak terjadi pada sahabat SB30.

Jadi, mindset basic yang pertama adalah dalam kondisi apapun, anda harus mempersiapkan dana darurat.

Entah saat ini kita sedang dalam situasi pandemi Covid-19, gempa bumi, atau sedang dalam krisis apapun, utamakan selalu dana darurat. Sedangkan kebanyakan orang Indonesia itu memiliki mindset : rezeki hari ini dipikir hari ini, rezeki untuk besok dipikir besok.

Intinya, tidak pernah ada kata-kata dana darurat. Jika terjadi apa-apa, maka anda akan panik. Bahkan mungkin anda tidak pernah memikirkan bagaimana anda bisa hidup dalam jangka 6 bulan ke depan. Justru hidup untuk 3 hari ke depan saja sudah menjadi masalah bagi anda.

Berapapun gaji anda, selalu saja habis karena anda tidak pernah menyisihkan. Ada uang berapa, habis berapa. Itulah sebabnya anda selalu bermasalah dengan keuangan.

Jadi, memiliki dana darurat adalah salah satu mindset dasar yang harus anda miliki. Selama beberapa bulan ke depan, anda harus memiliki dana darurat meskipun anda punya ataupun tidak punya penghasilan. Paling tidak, anda memiliki dana darurat untuk kebutuhan hidup selama satu tahun ke depan.

Sehingga dalam tenggat waktu setahun tersebut, anda masih bisa survive meskipun anda tidak punya penghasilan. Dana darurat itu dari mana saja? Bisa dari tabungan emas di Tamasia, contohnya.

Selain itu, anda juga bisa menabung di properti. Ketika anda menabung emas di Tamasia, kalau bisa tabungan tersebut jangan sering diambil karena tabungan tersebut berguna sebagai dana darurat.

Kemudian mindset basic yang kedua adalah dahulukan membayar hutang setelah menyisihkan uang untuk dana darurat.

Setelah anda menyisihkan uang untuk dana darurat, maka prioritas yang kedua adalah membayar hutang. Misalkan anda punya cicilan KPR, lunasi dulu KPR anda. Jika anda punya cicilan motor, maka lunasi dulu. Apabila anda punya hutang pada saudara, kerabat atau koperasi, selesaikan dahulu.

Karena apa? Jangan sampai ketika anda meninggal, anda justru meninggalkan hutang. Siapa yang mau bayar? Yang terbebani adalah keluarga, sanak saudara, anak dan istri. Apalagi jika orang tua anda masih hidup. Apakah anda tega jika nantinya orang tua anda yang menanggung semua hutang tersebut? Kebanyakan orang Indonesia itu seperti ini. Jadi jika anda masih punya hutang, itu masalah besar.

Lalu mindset basic yang ketiga adalah tidak perlu banyak, yang penting konsisten.

Apakah cikal bakal konsisten itu adalah ketika anda memiliki rezeki misalkan 50 juta, kemudian anda tabung semuanya? Tidak perlu. Yang terpenting adalah anda harus konsisten. Angka tabungan anda harus sama setiap bulannya.

Apabila anda berniat menabung emas 1 gram setiap bulan, maka biasakan menabung emas 1 gram, dan kalau bisa lebih. Jangan naik, jangan turun. Yang penting konsisten setiap bulan. Niscaya, anda akan memiliki dana darurat.

Kemudian mindset basic yang keempat adalah investasi merupakan sarana untuk mengembangkan aset.

Jadi ketika anda bekerja untuk membangun aset, maka itu artinya anda membangun passive income dari sana. Anda bisa memiliki another income selain dari gaji.

Ketika anda mengembangkan investasi, maka jangan sampai uang yang anda kelola itu menguap begitu saja. Anda bisa berinvestasi melalui logam emas ataupun properti. Itu yang selalu saya sarankan seperti di video saya sebelumnya : 3 Cara Menabung yang saat ini sudah mendapatkan jutaan views.  

Lalu mindset basic yang kelima adalah diversifikasi aset.

Jadi, jangan hanya menaruh aset di satu keranjang. Saya rasa, 5 mindset dasar ini bisa menjadi acuan bagi anda agar ke depannya dapat anda pegang seumur hidup. Dengan begitu, maka anda akan secure secara keuangan, financial security.

Saya tidak bicara tentang financial flexibility atau financial freedom, karena masih ada beberapa tahapannya. Setelah financial security, ada financial flexibility. Jadi, uang anda bisa fleksibel.

Setelah financial flexibility, ada financial freedom. Kita tidak perlu membicarakan sampai ke tahap ini, kita fokus dulu di tahap financial security jika anda belum bisa ‘mengamankan’ keuangan anda. Karena jika tidak, maka seumur hidup anda akan bermasalah dalam hal finansial terus. Dan itu artinya, ada yang salah dengan mindset anda.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan topik saya kali ini. Tips kali ini memang sangat sederhana, namun akan menjadi powerful jika anda terapkan dengan baik dan niscaya anda bisa meraih kebebasan finansial. Semoga pembahasan kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here