Home Life 5 Pertanda Kamu Harus Mempunyai Usaha Sendiri

5 Pertanda Kamu Harus Mempunyai Usaha Sendiri

0
11

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan. 

Topik yang akan saya bahas kali ini adalah tentang : “5 Pertanda Kamu Harus Mempunyai Usaha Sendiri”. Apa sajakah 5 pertanda anda bisa memiliki income sendiri? Silahkan cek disini!

Sebetulnya seseorang bisa memiliki usaha sendiri itu bukan karena kecelakaan, dan juga bukan karena keberuntungan. Akan tetapi, mereka mengalami sebuah peristiwa yang membuat mereka mau tidak mau harus menjadi seorang entrepreneur. namun sekali lagi saya katakan, tidak semua orang cocok menjadi entrepreneur. akan tetapi, biasanya orang yang cocok menjadi entrepreneur itu ada beberapa pertandanya.

Apabila beberapa pertanda ini ada di diri kalian, bisa jadi anda itu cocok menjadi seorang entrepreneur. yang perlu anda garis bawahi, ini bukanlah acuan pasti. Namun, biasanya pertanda ini ada di dalam diri seorang entrepreneur. Entrepreneur adalah profesi yang berat. Itulah sebabnya tidak semua orang cocok menjadi entrepreneur.

Jadi, pertanda yang pertama adalah anda selalu berpikir kritis.

Misalkan saat ini anda sedang bekerja sebagai karyawan, anda mungkin melihat ada sebuah ketimpangan di perusahaan tempat anda bekerja. Anda bisa melihat hal-hal yang menurut anda tidak efektif. Anda selalu tahu bagaimana celah-celah untuk menangani masalah tersebut.

Mungkin anda pernah berpikir, “Kalau ini perusahaan saya, saya pasti akan memperbaiki hal tersebut”. Bisa jadi, itu adalah pertanda bahwa anda cocok menjadi entrepreneur.

Namun, orang yang berpikir kritis tidak selalu cocok menjadi entrepreneur. tetapi memang biasanya seorang entrepreneur itu memiliki cara berpikir yang kritis.

Lalu, pertanda yang kedua adalah anda itu orang yang passionate.

Passionate itu artinya adalah orang yang memiliki gairah. Anda adalah orang yang bersemangat. Orang yang selalu penuh semangat itu biasanya karirnya cepat naik. Anda itu memiliki jiwa leadership atau kepemimpinan yang baik. anda bisa memimpin banyak orang. Dan anda juga bisa menjadi teladan.

Jika anda melihat lingkungan kerja yang tidak nyaman, mungkin anda pernah dicap sok-sok’an, penjilat, atau bahkan dicap cari muka.

Apapun yang mereka katakan, itu karena level mereka belum bisa menyamai anda. Orang-orang boleh mengatakan apapun tentang anda. Orang yang bisanya hanya mengolok dan mencibir itu artinya level mereka jauh di bawah anda. Seorang entrepreneur itu pasti memiliki jiwa yang passionate.

Lalu, pertanda yang ketiga adalah anda merupakan seseorang yang sangat termotivasi.

Anda adalah orang yang paling tidak suka melihat orang yang lembek dan loyo. Kalau seseorang ketika bekerja itu biasanya cenderung lemes dan tidak termotivasi, namun berbeda dengan anda. Anda adalah orang yang cenderung melawan arus, bukan mengikuti arus.

Ketika orang lain melakukan hal ini, anda justru melakukan hal yang berbeda. Mungkin anda akan dicap aneh, dicap antik, ataupun dicap berbeda. Namun bisa jadi, itu adalah pertanda bahwa anda cocok menjadi entrepreneur. Seorang entrepreneur pasti memiliki cara berpikir yang berbeda dengan orang lain.

Lalu, pertanda yang keempat adalah anda merasa stagnan dengan pekerjaan anda saat ini.

Anda terkadang merasa, “Pekerjaan seperti ini sih bisa saja dikerjakan oleh orang lain. Why should me?”. Anda merasa bahwa kemampuan anda di atas itu. Bisa jadi, anda itu cocok menjadi seorang entrepreneur.

Jadi sekali lagi, seorang entrepreneur adalah orang yang berani melawan arus. Orang yang berbeda. Orang yang berani melakukan hal-hal yang tidak biasa dilakukan orang lain.

Contohnya di masa pandemi seperti ini, ada banyak orang yang mengeluh. Akan tetapi, anda justru melihat peluang. Anda melihat setitik harapan di kegelapan. Anda melakukan something different. Itulah ciri-ciri seorang entrepreneur.

Namun, tidak semua orang yang merasa stagnan itu bisa menjadi seorang entrepreneur. Banyak tuh orang kantoran yang merasa : “Saya selalu merasa stagnan dengan pekerjaan di kantor. Itu artinya saya bisa menjadi seorang entrepreneur dong?”

Tidak juga. Bisa jadi anda hanyalah orang yang suka mengeluh. Anda cuma nuntut gaji naik, tetapi pekerjaan anda tidak beres. Jadi, yang saya sebutkan disini belum tentu merupakan ciri-ciri bahwa anda cocok menjadi seorang entrepreneur. Jadi, anda harus mampu membedakan.

Lalu, pertanda yang kelima adalah anda berkeinginan tinggi untuk membangun tim anda sendiri.

Jadi misalkan anda hari ini diberi sebuah pekerjaan. Namun, anda merasa bahwa pekerjaan itu tidak efektif dan produktif. Lalu, anda melakukan hal yang berbeda. Anda berani melakukan sesuatu di luar pekerjaan itu. Anda berani melakukan sebuah terobosan di dalam pekerjaan tersebut. Itu artinya, anda cocok menjadi seorang entrepreneur.

Itu karena anda memiliki cara berpikir yang berbeda dari orang-orang pada umumnya. Dan akhirnya jika anda melakukan pekerjaan tersebut dengan cara anda sendiri, maka pekerjaan anda menjadi lebih efektif.

Ketika atasan anda melihat bahwa anda bisa melakukan sebuah terobosan yang berbeda, otomatis itu artinya anda bisa melakukan sebuah pekerjaan dengan lebih cepat dan efektif. Tentunya, hasilnya juga akan lebih memuaskan. Jika anda memiliki cara berpkir seperti ini, itu artinya anda cocok menjadi seorang entrepreneur.

“Apakah itu artinya saya menjadi pemberontak di perusahaan saya?”

Tidak juga, karena pemberontak itu cenderung mengarah ke hal yang negatif. Sedangkan, anda itu cenderung revolusioner. Anda cenderung melakukan suatu hal yang belum pernah dilakukan oleh perusahaan. Namun, anda mampu melakukannya. Bisa jadi, anda memiliki bibit seorang entrepreneur.

Namun orang yang selalu berantem dan berselisih paham dengan atasannya itu belum tentu memiliki attitude seorang entrepreneur.

Seorang entrepreneur memang cenderung melakukan suatu hal yang berbeda. Akan tetapi, tidak mungkin ada dua ekor singa di satu gunung, karena pasti berantem. Jadi di satu gunung, hanya ada satu singa yang berkuasa. Jika anda tidak betah, maka carilah gunung yang lain. Namun jika anda tidak ingin menjadi seekor singa, itu artinya anda cukup menjadi anak buahnya raja hutan. Itu saja.

Jadi, orang yang memiliki pertanda kelima ini belum tentu cocok menjadi seorang entrepreneur. menjadi karyawan itu juga tidak salah kok. Karena tidak semua orang cocok menjadi seorang entrepreneur. Jika anda menjadi anak buahnya raja hutan namun anda memiliki sebuah posisi tinggi, saya rasa hal itu sudah cukup menguntungkan anda.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Saya harap edukasi ini bermanfaat untuk anda. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here