5 Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Sebelum Memilih Franchise

5 Pertanyaan yang Harus Anda Jawab Sebelum Memilih Franchise

Bisnis pun harus sama tertarik pada anda seperti anda tertarik pada bisnis tersebut.

Jika anda berada di pasar untuk waralaba, ada ribuan waralaba untuk anda pilih. Mereka yang ingin berbisnis waralaba harus memilah-milah segala sesuatu, mulai dari perawatan anak, pizza, salon, pusat kebugaran atau fasilitas medis. Dan masih banyak lagi. Untuk memilih waralaba yang potensial, anda harus memahami semua informasi dan mulai mengerjakan bisnis yang anda pilih. Orang-orang sering mengabaikan untuk melihat faktor kunci dalam proses pengambilan keputusan.

Orang-orang yang membuat pilihan sebesar menjadi pebisnis waralaba itu memiliki begitu banyak ide di dalam pikiran mereka dan begitu banyak pertanyaan untuk dijawab sehingga mereka mungkin tidak cukup fokus menjalankan bisnisnya. Tidak semua waralaba diciptakan sama, dan cara anda untuk mengetahui tentang waralaba tersebut adalah dengan mengetahui tentang “budaya” waralaba tersebut. Idealnya, anda ingin bekerja dengan franchise yang cocok dengan anda.

Berdasarkan hal tersebut, waralaba seharusnya tidak hanya “mengambil” uang anda. Uang tersebut harus diinvestasikan untuk membangun bisnis yang sukses. Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang apa saja jenis pengalaman yang dapat anda harapkan dari waralaba yang anda pilih.

Berikut adalah lima pertanyaan tentang waralaba yang harus anda jawab sebelum memilih franchise:

1. Apa latar belakang profesional anda?

Waralaba adalah sebuah model bisnis yang menarik, karena dapat menarik orang-orang dari segala macam latar belakang. Tidak hanya ada satu tipe orang yang menjadi franchisee, sehingga waralaba yang baik akan memahami pengalaman anda sebelumnya untuk memastikan bahwa anda memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi bagian sukses dari bisnis mereka.

Beberapa waralaba mencari segmen tertentu dari pengalaman masa lalu, tetapi sebagian besar akan melihat masing-masing calon franchise individual. Jika waralaba tidak peduli tentang pengalaman masa lalu Anda, itu pertanda bahwa mereka tidak pemilih tentang yang menjadi franchisee – yang juga berarti mereka tidak mungkin untuk diinvestasikan dalam keberhasilan Anda.

 

2. Berapa banyak waktu yang anda habiskan untuk bisnis?

Setiap waralaba akan memiliki pedoman yang berbeda tentang berapa banyak waktu yang franchisee habiskan pada bisnis. Beberapa waralaba membutuhkan “pemeliharaan” yang lebih daripada waralaba yang lain. Itu semua tergantung pada jenis produk dan layanan. Lihatlah bagaimana seorang franchisee dapat mandiri menjalankan bisnisnya dan bagaimana membuat bisnis lebih mudah dijalankan.

Sebuah kios pada lokasi dasar Mall akan lebih mudah untuk dikelola dari jauh, akan tetapi unit ritel yang akan dibangun dari bawah ke atas sebagai toko mandiri akan membutuhkan lebih banyak waktu dan kerja keras. Pastikan anda tahu berapa banyak waktu yang diperlukan untuk membangun waralaba tersebut dan apakah anda bersedia untuk melakukannya.

3. Apa yang sudah anda capai?

Jika anda berharap waralaba akan menguntungkan dalam sebulan, anda harus tahu bahwa waralaba umumnya tidak menguntungkan selama setahun, lebih baik anda tidak usah menjalankan waralaba daripada anda menjalankannya namun kemudian berhenti di tengah jalan. Seorang franchisee tahu bagaimana cara mengelola harapan agar franchisee bisa tetap bertahan dan tahu apa yang harus ia lakukan terhadap bisnisnya. Waralaba bukan peluru ajaib profitabilitas. Ini adalah bisnis yang sama seperti yang lain, dan kebanyakan bisnis memerlukan waktu untuk mendapatkan keuntungan.

Anda juga harus memiliki rencana untuk ekspansi, karena hal ini mengarah pada percakapan yang mendalam tentang wilayah dan pengembangan waralaba. Jika anda membuat janji-janji yang tampaknya tidak masuk akal, mengambil langkah mundur, dan melakukan penelitian lebih lanjut, lebih baik bekerja dengan perusahaan yang mengerti tentang apa yang anda harapkan, yaitu jaminan tanpa resiko.

Jadi, siapkah anda untuk bersabar dan  terus meningkatkan bisnis waralaba anda?

 

4. Mengapa anda tertarik pada waralaba?

Orang-orang masuk ke waralaba karena berbagai macam alasan. Terkadang mereka selalu bermimpi tentang kewirausahaan. Terkadang mereka ingin lebih mengontrol karir mereka. Dan terkadang mereka mencari kesenangan dari karir lain.

Masalahnya adalah, kebanyakan orang tidak benar-benar cocok untuk menjalankan waralaba. Franchisee harus memiliki kepribadian yang unik, yang bisa berjalan pada garis antara visioner dan tim pemain. Jika anda ingin menjalankan waralaba, lakukan hal-hal kreatif dengan cara anda dan membangun merek dari awal. Anda mungkin lebih bahagia dengan pekerjaan startup kewirausahaan. Jika anda membutuhkan karyawan untuk sistem operasi, praktikkan sistem marketing dan lengkapi bagian pemasaran juga pelatihan alat. Waralaba adalah cara yang lebih baik daripada bekerja pada perusahaan. Waralaba bukan jaminan keberhasilan, tetapi ini merupakan tempat untuk menjalankan bisnis yang sukses. Sebuah waralaba yang baik hanya akan bekerja dengan orang-orang yang cocok dengan kehidupan waralaba.

 

5. Mengapa anda tertarik pada franchise tertentu?

Banyak orang yang masuk ke waralaba karena mereka pikir itu merupakan “taruhan” untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan. Namun, daya pikat profitabilitas tidak harus menjadi satu-satunya alasan anda tertarik pada waralaba.

Jika anda alergi laktosa, anda bukan orang yang ideal untuk membuka sebuah toko es krim. Namun, jika toko es krim yang ingin anda jalankan menjual produk yang dibuat secara eksklusif dari kelapa, almond dan kedelai susu, anda mungkin bisa menjalankan waralaba tersebut.

Menjalankan bisnis adalah tentang membuat uang, tetapi untuk melakukan itu dengan baik, anda harus benar-benar masuk ke dalam bisnis dan mengetahui seluk beluk bisnis tersebut. Franchisee  terbaik akan sangat bersemangat memperkenalkan “brand” nya pada masyarakat, bukan hanya untuk mencari keuntungan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.