5 Profesi Baru yang Akan Muncul di Tengah Pandemi

0
4

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan. 

Seperti yang anda ketahui, saat ini merupakan masa-masa pandemi covid-19. Bisa dikatakan kita sudah mulai work from home lebih dari 1 bulan. Itulah sebabnya banyak orang yang merasa stress dan terpuruk, khususnya para pengusaha offline. Belakangan ini, saya sering diajak Instalive dengan mereka. Banyak sekali yang mengeluh tentang apa yang harus dilakukan di masa pandemi seperti ini.

Namun, tahukah anda bahwa di masa pandemi seperti ini justru banyak bermunculan profesi-profesi baru? Ketika anda merasa stress dan bingung, mungkin pembahasan tentang beberapa profesi baru ini bisa menjadi insight baru untuk anda. Anggaplah pandemi yang kita tidak tahu kapan berakhirnya ini sebagai pelajaran hidup baru yang harus anda pelajari. Siapa tahu profesi ini akan menjadi profesi baru anda?

Jadi, topik yang akan saya bahas kali ini adalah tentang : “5 Profesi Baru yang Akan Muncul di Tengah Pandemi”.

Kali ini saya tidak ingin berbicara tentang masalah wabah corona lagi, karena sudah 1,5 bulan berlalu dan jumlah pasiennya di Indonesia justru semakin meningkat. Saya tidak ingin membahas hal itu karena sudah terlalu banyak media yang membahasnya.

Apabila bisnis anda sudah tidak bisa diapa-apakan lagi, mungkin dengan terpaksa anda merumahkan karyawan anda, THR tidak bisa dibayarkan, dan bahkan sudah banyak pengusaha yang tidak bisa bertahan. Yang akan saya bahas disini adalah apa yang bisa kita lakukan di dalam masa pandemi seperti ini.

 

Dalam kondisi seperti ini, pasti ada hal baru yang bisa kita kerjakan. Karena seumur hidup, kita belum pernah merasakan masa-masa seperti ini. Seumur hidup, kita belum pernah merasakan masa-masa dimana hampir semua orang di seluruh dunia dirumahkan. Masih ada orang yang bepergian, namun hanya untuk keadaan darurat. Semua orang diharuskan work from home agar pandemi ini bisa segera berakhir.

Daripada kita stress karena di rumah hanya makan, tidur, nonton sehingga tubuh menjadi tidak sehat, disini saya akan memberikan sebuah pandangan tentang apa yang bisa kita lakukan di masa pandemi ini.

Jadi, profesi yang pertama adalah konsultan digital.

Misalkan anda punya klien di Rusia, akan tetapi anda bisa kerjakan di Bali. Anda  tetap bisa berinteraksi dengan klien anda di seluruh dunia. Misalkan bos atau klien anda itu berada di Rusia. Namun, anda tetap masih bisa bekerja meskipun anda itu berada di rumah.

Jadi, apa saja sih pekerjaan dari konsultan digital? Salah satu pekerjaannya itu seperti editor, yaitu editing video. Saat ini profesi editor ini memang sedang naik daun.

Kemudian yang kedua adalah copywriter. Yaitu menulis konten-konten yang menarik perhatian pembaca. Yang pasti, anda harus meningkatkan skill copywriting anda. Pekerjaan seperti ini memang mayoritas digeluti oleh anak-anak muda. Jadi, konsultan digital ini bisa menjadi sebuah profesi baru untuk anda.

Lalu, yang ketiga adalah sekretaris dgital. Kalau dulu, mungkin anda butuh sekretaris di samping anda untuk membantu menyelesaikan pekerjaan anda. Namun saat ini, anda bisa menggunakan sekretaris digital. Jadi tidak wajib ngantor, namun anda harus tahu tugas seorang sekretaris itu seperti apa. Contohnya adalah seperti memberikan reminder tepat waktu kepada atasan anda.

Kemudian yang keempat adalah akuntan digital. Saat ini banyak aplikasi-aplikasi baru seperti akuntan digital. Atau mungkin, anda bisa bekerja menjadi pelayanan konsultan pajak digital dan konsultan pembukuan digital. Pekerjaan seperti itu dapat anda lakukan tanpa harus bertatap muka.

Bagi anda yang pengusaha, anda juga tidak harus menggaji seorang akuntan. Anda bisa memberikan fee by project saja jika anda menggunakan akuntan digital. Dan tentunya anda lebih untung jika bekerja sama dengan akuntan digital.

Saat ini memang profesi seperti ini banyak bermunculan. Jadi, siapa bilang semua orang di masa pandemi ini bangkrut? Tidak semuanya bangkrut. Yang bangkrut itu hanya mereka yang tidak paham dengan dunia digital.

Bagi anda yang saat ini mengeluh karena karyawan anda belum digaji, maka ini saatnya bagi anda untuk mendigitalisasi semua pekerjaan anda.

Lalu, profesi yang kedua adalah guru online.

Jadi, guru online ini bisa menjadi profesi baru. Contohnya adalah putri saya sendiri. Putri saya saat ini belajar menari balet hanya dari Zoom. Bayarnya pun sama, mungkin hanya dipotong sekian persen. Gurunya hanya mengajarkan dari rumah, dan seluruh muridnya tinggal melihat guru tersebut mengajari tari balet via Zoom.

Selain itu, anda juga bisa mengajarkan les via online, contohnya les matematika online. Jadi, saat ini profesi guru online itu sangat dibutuhkan. Dan hal ini bisa menjadi opportunity bagi anda. Hanya dengan modal HP, anda tinggal download aplikasi zoom dan menjual jasa anda via online. Karena sekarang ini anda memang tidak bisa keluar dari rumah, namun anda masih bisa menawarkan jasa anda via online. Jadi bagi anda yang dulunya merupakan guru offline, saat ini anda bisa beralih menjadi guru online.

Lalu, profesi yang ketiga adalah konsultan medis digital.

Sebelum pandemi ini terjadi, setahu saya dokter memang tidak boleh membuka konsultasi medis jarak jauh. Jadi, harus bertatap muka. Akan tetapi ketika saat ini semuanya sudah tidak boleh bertatap muka, karena tidak boleh bersentuhan secara langsung. Karena saat ini kita harus menjaga jarak minimal 1 meter, harus memakai masker dan lain-lain. Jika tidak bersentuhan, lalu bagaimana dokter mau mendiagnosa? Itulah sebabnya saat ini konsultan medis digital mulai dibutuhkan, contohnya seperti Halodoc.   

Halodoc adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pasien berkonsultasi secara digital. Mau tidak mau memang harus seperti itu. Inilah salah satu profesi baru yang muncul di masa pandemi ini. Jadi bagi para dokter yang mungkin saat ini tempat prakteknya lagi sepi, anda bisa melakukan hal ini agar anda tetap bisa berkonsultasi dengan pasien yang bisa menghidupi cost operational anda.

Kemudian profesi yang keempat adalah content creator dan influencer.

Sudah bukan berita baru bahwa YouTuber, influencer, content creator, social media artist, selebgram dan sebagainya saat ini sedang naik daun. Bisa dikatakan, saat ini bagian marketing dari perusahaan itu dilemparkan ke content creator yang punya platform digital, karena bisnis itu harus tetap berjalan.

Jadi apabila saat ini anda belum mempersiapkan platform digital anda, mau tidak mau anda harus segera mempersiapkan konten. Jika tidak, maka bisnis anda akan semakin ketinggalan jauh. Jika anda tidak mau repot membuat konten sendiri, maka anda harus siap mengeluarkan budget marketing anda untuk membayar influencer dan content creator supaya bisnis anda tetap survive.

Lalu, profesi yang kelima adalah reseller food supplement.

Di saat pandemi seperti ini, orang Indonesia mulai sadar untuk mengkonsumsi  food supplement. Kalau di negara maju seperti Singapore, Korea, Jepang, Amerika, ataupun berbagai negara di Eropa, kesadaran mereka untuk mengkonsumsi  food supplement itu tinggi sekali.

Bahkan, ada sebuah data yang mengatakan bahwa negara Amerika itu menyisihkan 20% penghasilannya untuk mengkonsumsi  food supplement. Suplemen itu adalah tambahan. Otomatis, suplemen itu memberikan tambahan nutrisi yang tidak terdapat pada makanan. Misalkan orang Jawa Timur itu mungkin setiap harinya hobi makan penyetan, makan makanan manis dan sebagainya. terkadang nutrisi yang terkandung di dalam makanan yang kita konsumsi itu kurang. Jadi dengan mengkonsumsi  food supplement, kita bisa menambah imunitas kita.

Sekarang mari kita lihat, apa bedanya atlet Indonesia dengan atlet luar negeri? Atlet Indonesia badannya itu lebih kerempeng karena kurang mengkonsumsi suplemen. Sedangkan atlet luar negeri bisa memiliki otot yang bagus karena sering mengkonsumsi suplemen.

Sebenarnya atlet Indonesia bisa saja disetarakan dengan atlet luar negeri. Akan tetapi, tergantung dari apa yang anda konsumsi. Jika protein dan asam aminonya saja masih kurang, pantas saja tubuh anda kurang ideal. Namun jika anda mengkonsumsi  food supplement, anda pasti bisa memiliki tubuh yang ideal.

Jadi, saat ini memang banyak sekali reseller food supplement bermunculan. Jika anda memang tertarik untuk  berjualan suplemen, anda bisa bergabung dengan company kami, KK Indonesia. KK Indonesia menyediakan berbagai macam suplemen yang disesuaikan dengan kantongnya orang Indonesia, contohnya adalah Super Green Food. Dalam sehari, anda cukup mengkonsumsi beberapa tablet yang totalnya bahkan tidak sampai 10 ribu per hari. Ini adalah salah satu opportunity yang bisa anda kerjakan di masa pandemi.

Virus corona tidak hanya menyerang orang tua saja, akan tetapi juga bisa menyerang anak-anak muda. Bahkan beberapa atlet di Eropa seperti atlet basket NBA dan sepak bola juga terkena covid-19. Mengapa? Padahal mereka adalah orang-orang yang sering berolahraga. Penyebabnya adalah karena sistem imunnya sedang lemah. Mungkin karena tenaganya diforsir untuk latihan, dan mereka kurang mengkonsumsi suplemen.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Saya harap edukasi ini bermanfaat untuk anda. Jangan down lagi. Siapa tahu profesi baru ini bisa menggantikan profesi lama anda yang hilang karena pandemi covid-19. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here