5 Rahasia ORANG JEPANG Dalam Mengelola Keuangannya (Kakeibo)

0
110

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Saya suka membahas konten kali ini karena topik saya kali ini adalah terkait rahasia orang Jepang yang disiplin mereka itu terkenal sebagai orang yang intelek.

Dan orang-orang Jepang ini ternyata menganut prinsip ‘Kakeibo’. Dulu saya pernah membahas prinsip orang Jepang yang lain, yaitu Ikigai. Dan yang kita tahu, konsep-konsep filosofi orang Jepang ini bisa juga kita pakai, salah satunya adalah Kakeibo.

Jadi, bagaimana sih cara orang Jepang mengelola uangnya? Disini saya akan bahas 5 rahasianya disini.

Kakeibo itu secara lebih luasnya dapat diartikan pula sebagai alat untuk mencatat segala pendapatan dan pengeluaran, serta mengalokasikan anggaran untuk pengeluaran dan tabungan.

Jadi sederhananya, kakeibo merupakan teknik menyimpan uang ala Jepang. Dan Kakeibo ini terbukti dapat menghemat uang hingga 35%. Jadi setiap bulannya, anda itu bisa memiliki kelebihan uang sebanyak 35%. Masalahnya, orang Indonesia jarang sekali bisa saving hingga 35%. Yang ada justru selalu kekurangan uang di akhir bulan.

Hampir 95% ke atas mengalami problem keuangan seperti ini. Saya tidak tahu angka pastinya. Namun saya yakin apabila seluruh masyarakat Indonesia yang jika ditotal mencapai ratusan juta jiwa, 95%’nya memiliki masalah keuangan karena tidak memiliki prinsip ini.

Sedangkan masyarakat Jepang masih menggunakan prinsip ini untuk melakukan penghematan hingga saat ini. Artinya, teknik Kakeibo ini memberikan hasil yang efektif untuk berhemat.

Sedangkan orang Indonesia itu kalau berhemat justru dicap pelit. Padahal, hemat dan pelit itu adalah dua hal yang berbeda.

Cara kerja Kakeibo :

Kakeibo bekerja dalam lima tahap berurutan. Artinya, penerapan teknik menyimpan uang ala Jepang ini harus dilakukan urut sesuai tahapannya.

 

1. Catat pendapatan di awal bulan

Jadi poin yang pertama adalah catat pendapatan di awal bulan. Begitu anda menerima gaji, harus langsung anda catat sehingga pengalokasian dana anda itu jelas. Dengan begitu,anda tidak akan keliru dalam mengalokasikan dana anda.

 

2. Sisihkan uang untuk tabungan

Lalu poin yang kedua adalah sisihkan uang untuk tabungan. Hal ini selalu saya ajarkan kepada anda. Padahal, sebelumnya saya belum tahu tentang prinsip Kakeibo ini. Anda pasti tahu bahwa Robert Kiyosaki adalah orang Jepang. Itulah sebabnya ia selalu mengajarkan kita untuk menyisihkan uang. Begitu pula dengan ajaran Warren Buffet.

Sedangkan prinsip orang Indonesia adalah ‘menyisakan’.

 

3. Catat pengeluaran harian

Kemudian yang ketiga adalah catat pengeluaran harian. Pelajaran seperti ini ini di pembukuan juga ada. Misalkan hari ini anda makan roti, beli cilok, atau beli minuman di minimarket.

Jika anda menganggap remeh dan tidak mencatat pengeluaran kecil tersebut, maka akhirnya anda loss terus setiap bulannya. Uang anda akan selalu habis karena anda tidak mencatat pengeluaran harian anda. Dan akhirnya, ketika mencapai akhir bulan anda kebingungan uang anda larinya kemana.

 

4. Catat pengeluaran tahunan

Kemudian yang keempat adalah catat pengeluaran tahunan. Dengan begitu, anda akan mengetahui dalam satu bulan anda itu sudah menghabiskan  uang berapa. Jadi, anda harus mencatat pengeluaran anda dalam setahun itu untuk apa saja.

 

5. Evaluasi pengaturan uang

Kemudian yang kelima adalah evaluasi pengaturan uang. Jadi, jangan sampai terbalik. Jadi yang pertama adalah catat pendapatan di awal bulan. Yang kedua adalah sisihkan uang untuk tabungan. Ingat : setelah mencatat pendapatan anda, sisihkan sebagian untuk ditabung.

Jadi yang dimaksud ‘pay me first’ di Kakeibo adalah tabungan. Bukan hutang dulu, tapi menabung dulu.

Kemudian yang ketiga adalah catat pengeluaran harian. Sayangnya kecerdasan finansial orang Indonesia untuk poin yang ketiga ini lemah sekali.

Mengapa topik pembahasan finansial saya ini selalu disukai oleh orang banyak? Mungkin karena tidak ada yang mengajarkan hal ini di rumah atau di sekolah. Setelah mendapatkan ilmu ini di video saya, kemudian mereka menerapkannya. Jika anda terapkan hal ini, niscaya anda pasti akan memilili banyak aset.

Lalu yang keempat adalah catat pengeluaran tahunan. Hal ini penting sekali, supaya anda  bisa mengevaluasi tahun ini pengeluaran anda apa saja dan investasi apa saja, semua itu akan lebih jelas.

Dan yang terakhir adalah yang kelima, yaitu evaluasi pengaturan uang. Fungsinya adalah agar anda tahu bahwa dana yang anda kelola itu mungkin lebih besar atau pendapatan anda lebih besar dari sebelumnya.

Dengan demikian, hasl kerja keras anda itu tidak sia-sia. Jadi, hasik kerja anda selama bertahun-tahun itu jelas. Dengan melakukan evaluasi seperti ini, maka anda akan tahu arah uang anda, dan anda akan tahu dimana dana anda itu ‘bocor’.

Jadi sahabat, terserah anda mau menerapkan Kakeibo ini atau tidak. Walaupun saya tidak mengajarkan ilmu Kakeibo,namun secara tidak langsung, channel Success Before 30 sebenarnya telah menerapkan ilmu Kakeibo. Tentunya apa yang saya ajarkan disini sudah saya lakukan juga di kehidupan saya.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Semoga kelima tips ini bisa anda terapkan dan memberikan hasil yang maksimal.

Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here