5 Skill Yang Akan Bertahan Selamanya

0
10

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/B9uS1aaVgqM” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Klik disini untuk melihat videonya 

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Kali ini saya akan membahas tentang 5 skill yang akan bertahan selamanya. Anda jangan minder apabila anda tidak memiliki pendidikan tinggi, sekolah anda tidak favorit, ataupun anda tidak kuliah. Anda tidak perlu takut selama anda memiliki 5 skill ini yang akan dibutuhkan seumur hidup dan bisa membuat anda sukses suatu hari nanti. Jadi, apa saja skill tersebut?

Sahabat entrepreneur, meskipun anda tidak memiliki pendidikan tinggi ataupun bukan sarjana, anda tidak perlu minder. Anda tidak perlu takut. Walaupun anda bukan lulusan dari perguruan tinggi atau sekolah terfavorit, anda tidak perlu khawatir asalkan anda memiliki 5 skill ini. Apa saja 5 skill tersebut?

Walaupun saya berbicara seperti ini, tetapi itu bukan berarti anda tidak perlu sekolah ya.. Jika anda memang memiliki kesempatan untuk sekolah tinggi, ya silahkan lanjutkan pendidikan anda. Jika anda memang ingin belajar di perguruan tinggi atau sekolah terfavorit, silahkan saja..

Saya mendukung anda untuk sekolah setinggi mungkin. Namun saya selalu mengatakan bahwa sekolah itu penting, tetapi tidak cukup. Tidak cukupnya itu dimana? Karena masih ada 5 skill yang harus anda pelajari di luar pendidikan sekolah.

Jadi, skill yang pertama adalah percaya diri.

Sekolah tidak bisa membangun kepercayaan diri anda, karena kepercayaan diri itu harus dipelajari di luar pendidikan sekolah. Bahkan sekolah-sekolah zaman sekarang ini justru membuat anda menjadi tidak percya diri. Ada yang dibully teman dan lain-lain. Hal seperti inilah yang membuat anda menjadi minder dan tidak percaya diri, bahkan tidak diterima di komunitas atau lingkungannya.

Dulu, saya ini juga korban bullying. Anda bisa baca kisah saya di buku ‘Badai Pasti Berlalu’ di halaman 9. Jadi bagi anda yang merupakan korban bullying juga, saya doakan anda akan menjadi Chandra Putra Negara berikutnya. Aamiin..

Kemudian skill yang kedua adalah mendengarkan.

Mengapa skill mendengarkan ini penting? Karena skill mendengarkan ini merupakan sesuatu yang tidak mudah. Mendengarkan itu artinya anda bukan hanya diam saja. Skill mendengarkan yang saya maksud disini adalah anda menyimak materi dan pelajaran atau lawan bicara anda.

Seringkali karena kita tidak mau mendengarkan, akhirnya kita menjadi orang yang sok pintar dan merasa paling hebat sendiri. Karena hal inilah kita tidak akan bisa menjadi oang sukses. Percaya pada saya, skill mendengarkan ini dampaknya sangat luar biasa.  

Kemudian skill yang ketiga adalah manajemen waktu.

Percaya pada saya, orang sukses itu pasti bisa mengerjakan pekerjaan 10 tahun ke depan untuk dikerjakan hanya dalam 1 tahun. Pekerjaan untuk seminggu ke depan bisa dia selesaikan hanya dalam waktu 1 hari. Itulah yang dimaksud dengan skill manajemen waktu.

Pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan hanya dalam waktu 1 jam, ngapain anda kerjakan sampai 10 jam? Jadi, orang sukses itu bisa memanajemen waktu. Dia bisa mengerjakan banyak hal dan dia bisa mengatur waktu dengan baik. anda harus memiliki skill ini.

Mengapa anda harus memiliki skill ini dan sekolah tidak mengajarkan skill ini?

Sekolah memang mengajarkan anda untuk disiplin. Masuk sekolah jam 7, pulang jam 1. Hal itu sudah diatur sedemikian rupa selama puluhan tahun. Masalahnya setelah anda tamat sekolah atau tamat kuliah, lalu anda masuk dunia kerja, pasti masih ada yang mengatur anda. Namun jika seandainya anda belum punya pekerjaan? Itu artinya anda sendiri yang harus memanage waktu anda. Ketika anda sudah dewasa, anda tidak bisa terus diatur oleh orang lain.

Orang sukses itu memanage waktunya sendiri dan memanage waktunya orang lain. Sedangkan orang gagal itu selalu diatur oleh orang lain. Paham ya..

Kemudian skill yang keempat adalah konsisten.

Inilah yang paling berat. Meskipun anda tidk tamat kuliah atau sekolah, anda tetap bisa sukses jika anda konsisten. Di dunia ini tidak ada orang yang bisa mengalahkan orang yang konsisten. Batu saja bahkan bisa hancur hanya dengan tetesan air jika dihantam jutaan kali. Itu karena konsisten. Sedangkan anda, anda tidak akan bisa sukses jika anda hanya mencoba sekali-dua kali.

Jadi seberat apapun masalah anda, pasti bisa anda lewati. Semua itu bisa anda lalui jika anda konsisten.

Kemudian skill yang kelima adalah empati.

Yaitu anda bisa pengertian, mengerti perasaan orang lain. Apa sih empati itu? Contohnya adalah saya melalui channel Success Before 30 ini. Saya mau membaca comment anda satu per satu. Saya mencoba berempati dengan kalian. Memang terkadang comment anda tidak saya balas. Namun sebenarnya comment anda itu saya balas dengan pembahasan di video berikutnya. Itu artinya saya berempati dengan kalian. Saya menjawab dengan membuatkan topik di video berikutnya. Itulah yang dinamakan empati.

Empati itu mengerti perasaan orang lain. Jangan hanya ingin dimengerti. Jika anda hanya ingin dimengerti, maka anda tidak akan bisa maju.

Sahabat entrepreneur, demikian video saya kali ini. Sekiranya 4 alasan ini dapat anda mengerti. Jika anda memiliki 4 alasan ini, itu artinya anda tidak akan pernah bisa memulai bisnis. Sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Dan semoga video kali ini dapat menjadi pembelajaran yang positif untuk anda dan dapat menginspirasi anda. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

 5 Skill Yang Akan Bertahan Selamanya

 5 Skill Yang Akan Bertahan Selamanya

Anda jangan minder apabila anda tidak memiliki pendidikan tinggi, sekolah anda tidak favorit, ataupun anda tidak kuliah. Anda tidak perlu takut selama anda memiliki 5 skill ini yang akan dibutuhkan seumur hidup dan bisa membuat anda sukses suatu hari nanti. Jadi, apa saja skill tersebut?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here