5 Syarat Punya Cicilan Untuk Gaji UMR

0
193

Sahabat Entrepreneur, salam hebat luar biasa. Sekarang anda punya gaji UMR nih, saya beritau sebenarnya anda itu bisa mencicil motor, mobil bahkan rumah. Disini ada “5 Syarat Untuk Anda Punya Cicilan Dengan Gaji UMR” apa saja itu?

Total Cicilan Utang Tidak Boleh Dari 30%

Sebagai contoh kalau kamu punya gaji 4 Juta, maka maksimal kamu hanya boleh mencicil 1,2 Juta. Karena jika seandainya gajimu dipotong 50% setidaknya kamu masih bisa bertahan hidup dengan 20% sisahnya. Itu sebabnya misalnya anda hari ini sudah mencicil motor 500rb, anda masih punya kuota 700rb untuk cicil yang lain. Kenapa 30%? Karena pertimbangannya anda cuman punya satu sumber penghasilan sehingga kalau sumber penghasilan anda ini hilang maka itu sangat berbahaya. Oleh sebab itu cuman diperbolehnkan 30%

Bunga 0%

Sebaiknya anda mengambil cicilan bunga 0% agar tidak memberatkan keuanganmu. Emang zaman sekarang agak susah bunga 0% karea menurut saya bunga 0% itu adalah bahasa marketing. Jadi contohnya anda mengambil properti dengan bunga 0% padahal harganya sudah di mark-up atau harganya sudah dinaikkan dan akhirnya tidaka ada yang namanya bunga 0% karena bank juga mau untung. Kalau bank tidak untung bagaimana bisa memberikan anda kredit. Jadi bunga 0% itu hanya bahasa marketing.

Tapi kalau memang anda mendapatkan bunga 0% itu adalah yang terbaik tetapi sebetulnya memang tidak ada bunga 0%. Kalau misalya anda cicil 10 Tahun sebenarnya bunga 10 Tahun itu sudah di bebankan d awal dan di bagi rata selama 10 Tahun. Kurang lebih seperti itu contohnya.

Pelajari Jenis Cicilan Yang Kamu Ambil 

Kamu harus mengerti bentul tentang angka-angka yang ada di cicilanmu dan mengerti betul tentang term yang dibutuhkan agar kamu tidak punya masalah ketika sudah mengambil cicilan. Karena gini kalau anda tidak paham itu cicilan jenis apa saja, jadi bunga itu ada dua macam namnay bunga fixed rate dan bunga anuitas atau di sebut juga bunga dengan cicilan tetap dan bunga tanpa cicilan berubah. Itu istilah di per bank kan jadi tentu anda harus sedikit banyak tau sebagai seorang pemula. Sehingga kalau anda tidak tau dan asal anda cicil setiap bulannya anda tidak tau dana itu darimana dan ketika kredit itu di cairkan juga ada biaya profisi. Anda harus paham biaya profisi itu apa. Biaya profisi itu biasanya dari total global itu dikenakan 1%, ada biaya notaris juga karena untuk perjanjian kredit itu biasanya melibatkan notaris. Itu pasti ada biaya lain-lain dan kalau anda tidak tau maka dana anda lari kemana anda juga jelas tidak tau. Saran saya sedikit banyak anda harus tau tentang itu.

Boleh Mencicil Kalau Bunga Lebih Kecil Dari Imbal Hasil Investasi

Jadi gini, nantinya jika imbal hasil investasi yang akan membiayai cicilanmu. Contoh, hari ini anda mencicil aparterment dan aparterment itu misalkan 400 Juta. Kalau 400 Jut satu tahun bisa 3% jadi satu bulan maka imba hasil apartermennya 1,5 Juta dan sekarang anda mencicil aparterment itu cuman jumlahnya 1,5 Juta dan anda punya uang sewa 1,5 Juta. Jadi sebetulnya yang membayar aparterment mu adalah si penyewa. Jadi kalau si penyewa ini menyewa setiap tahun 1,5 Juta alangkah baiknya sehingga anda tidak di bebankan cicil dan yang mencicil si penyewa. Anda cukup membayar biaya down payment sebesar 30% dari pihak aparterment.

Contoh aparterment biaya 400 Juta, 30% 400 Juta itu 120 Juta jadi 120 Juta itu dicicilkn. Teorinya begitu tetapi kenyataannya tidak semudah itu karena terutama aparterment di kota-kota seperti Surabaya dan Jakarta mungkin masih masuk akal. Apalagi kalau di luar negeri seperti Singapura itu tingkat okupansi nya sangat tinggi dan Bali juga sangat bagus. Tetapi sejak pandemi ini jadi masalah, pariwisata hancur sehingga prosesi teori yang saya paparkan disini menjadi tidak masuk akal. Saya percaya setelah pandemi ini berakhir ekonomi akan berangsur pulih dan normal. Mungkin tidak bisa dalam waktu 1 Tahun tetapi butuh waktu 5-10 Tahun untuk kembali normal.

Ini itungan dengan kondisi normal kalau artinya imbal bunga lebih kecil dari imbal hasil itu dihitung untung. Jadi kalau penyewanya 2 Juta anda lebih untung lagi 500rb satu bulan. Tapi jangan lupa aparterment setiap tahun ada singkin fund atau data perawatan. Kalau dana perawatan tidak anda hitung itu dan masih masuk akal saya percaya itu masih bisa dipertimbangkan.

Pastikan Kamu Punya Penghasilan Tetap

jadi anda jangan mengandalkan hasil penyewa kalau seandainya si penyewa di bulan ke 7 tiba-tiba cabut dan gak mau sewa lagi. Anda akan pontang-panting mengangsurnya jadi anda kalau tidak ada penyewa anda tetap harus punya penghasilan tetap. Sehingga andalah yang melanjutkan angsuran aparterment tersebut. 

Bersyukur jika ada penyewa tetapi kalau penyewa tidaka da kita masih punya penhasilan untuk mencover angsuran tersebut. 

Itulah kurang lebih syart punya cicilan untuk gaji UMR kurang lebih paham ya. Sama juga kalau anda punya gaji kemudian anda punya motor atau mobil disewakan untuk gojek atau grab itu juga boleh tetapi menurut saya itu juga sangat riskan. Kalau anda buat disewakan ke grab / gojek sekarang imbal hasilnya tidak sebagus beberapa tahun yang lalu karena sekarang pengemudi sudah makin banyak itu teralu banyak beresiko. 

Oleh sebab itu menurut saya lebih baik kalau usaha rental mobil kemudian di Gojek / Grab, anda harus benar-benar menghitung dengan selektif. Jangan asal hitung ambil cicilan mobil / motor kemudian satu bulan anda kira-kira bakalan dapet sekian itu pasti sangat berbahaya sekali. So hati-hati menurut saya.

Terimakasih Sukses Selalu. 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here