Home Bisnis 5 Tips Jitu Agar Anda Bisa Segera Move On

5 Tips Jitu Agar Anda Bisa Segera Move On

0
2

https://www.youtube.com/watch?v=v8xm70IHJ5U

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.

Apakah anda adalah jenis orang yang susah sekali untuk move on? Mungkin anda susah move on dari pekerjaan yang sudah anda rintis sejak lama, namun akhirnya justru hancur. Mungkin anda susah move on dari mantan pacar, atau apapun itu.

Jadi, topik saya kali ini adalah : “5 Tips Jitu Agar Anda Bisa Segera Move On”.

Tips yang pertama adalah belajar melepaskan.

Sesungguhnya tidak ada hal yang bisa anda miliki untuk selama-lamanya. Contohnya baju. Baju itu semakin lama akan semakin usang. Ini adalah sebuah fakta. Ketika anda mencintai sesuatu, maka suatu hari anda juga harus siap melepaskannya.

Ketika video ini dibuat, saya juga baru saja mendengar kabar bahwa Kobe Bryant sang bintang legendaris NBA baru saja meninggalkan dunia karena pesawat helikopter yang ditumpanginya jatuh. Beliau meninggal bersama dengan putrinya. Saya sempat shock mendengar berita ini, karena saya termasuk salah satu fans dari Kobe Bryant. Namun, saya sadar bahwa saya harus melepaskan. Saya juga pernah merasakan kehilangan.

Salah satu alasan saya menulis buku Badai Pasti Berlalu adalah karena saya kehilangan ibu yang saya cintai. buku ini saya dedikasikan untuk mengenang mendiang ibu saya. Seberapapun besarnya cinta saya pada ibu saya, mau tidak mau saya harus siap melepaskannya.

Di zaman sekarang ini, banyak sekali manusia yang merasa sulit untuk melepaskan. Jadi, anda menganggap bahwa melepaskan itu berat. Namun terkadang, jika anda memang sadar bahwa suatu saat anda harus melepaskan sesuatu yang anda miliki, dan itu satu-satunya jalan yang terbaik, anda pasti mampu merelakannya. Karena hidup anda itu akan tetap berlangsung.

Namun, banyak sekali anak-anak muda yang berpikiran pendek. Mereka tidak mampu melepaskan sebuah peristiwa. Mereka tidak bisa melihat jauh ke depan. Padahal jika anda mau melihat hidup anda 10-20 tahun ke depan, hidup anda itu sebenarnya masih panjang. Tetapi, anda tidak akan bisa melangkah ke depan jika anda tidak bisa melepaskan peristiwa yang terjadi saat ini.  

Kemudian tips yang kedua adalah jangan buat kata-katamu sendiri dari pikiran anda sendiri.

Contohnya adalah : “Aku nyesel banget sudah ninggalin dia..! Kira-kira dia kangen aku gak ya??”

Itu artinya, anda itu tidak bisa move on. Kalau sudah selesai, ya itu artinya selesai. Jika memang dia jodohmu, dia pasti akan kembali. Kalau tidak, dia tidak akan pernah kembali. Kata-kata seperti inilah yang membuat anda sulit untuk move on. Anda harus cepat mencari sebuah cara lain atau kesibukan lain agar anda bisa melupakan dia.

Atau mungkin jika anda sedang kesal dengan bos anda, baru lihat wajahnya saja anda mungkin merasa kesal. Atau mungkin anda pernah dikhianati oleh teman anda sendiri. Terkadang kita sampai merasa ‘kalau memang cari masalah, mau berantem, ayo aja..!’. Namun jika kita tinggalkan masalah itu, kita bisa mengerjakan banyak hal lain yang jauh lebih bermanfaat.

Untuk apa anda menghabiskan energi anda untuk sesuatu yang sebetulnya percuma? Sebenarnya anda melakukan hal itu hanya karena anda ingin melampiaskan emosi saja. Padahal jujur, daripada anda mengurusi masalah tersebut, lebih baik anda mengusir kata-kata negatif dari pikiran anda sendiri. Carilah lingkungan baru. Carilah komunitas yang dapat membuat diri anda menjadi jauh lebih positif. Niscaya, hal tersebut dapat membuat diri anda menjadi jauh lebih baik.

Kemudian tips yang ketiga adalah sadari bahwa ini adalah salah satu bagian dari rencana Tuhan.

Saya percaya bahwa Tuhan Yang Maha Esa punya rencana yang besar terhadap hidup saya. Itulah sebabnya saya pernah menulis sebuah quotes : “Ketika hidup anda sedang berat, ketika hidup anda sedang sulit, ketika anda sulit untuk move on, percayalah bahwa Tuhan memiliki rencana yang lebih besar untuk hidupmu”. Ini sudah pasti.

Mengapa? Karena saya yakin Tuhan Yang Maha Esa tidak akan pernah menempatkan kita di sebuah posisi yang jauh lebih baik jika anda tidak melewati ujian ini. Jadi apabila anda sedang dirundung masalah, maka artinya anda tidak bisa menerima tanggung jawab yang lebih besar jika anda tidak dapat melewati masalah tersebut.

Jika hari ini anda tidak bisa move on dari rasa kesal anda ke bos anda, kapan anda bisa mendirikan perusahaanmu sendiri? Jika anda tidak memberikan kesempatan pada orang lain untuk mencintai anda, bisa jadi justru orang tersebut adalah pasangan yang terbaik untuk anda. Namun, anda tidak pernah memberikan kesempatan pada orang tersebut hanya gara-gara anda tidak bisa melepas mantan anda.

Jadi, camkan hal ini baik-baik. Mengapa anda bisa yakin bahwa orang tersebut adalah pasangan terbaik untuk hidup anda? Jangan-jangan, anda tidak bisa melepas orang itu hanya karena emosi anda sesaat? Itulah sebabnya di pikiran anda hanya tertulis : ‘Dia adalah cintaku seumur hidup..!’. Aahh.., gombal.

Namun ketika hari ini anda bisa move on, anda pasti bisa membuka hati anda untuk orang lain. Ingat, hidup anda masih panjang. Rata-rata orang yang berpikiran seperti itu adalah mereka yang berusia 20 tahun ke bawah. Jika anda sudah berusia 40-50, pasti cara berpikir anda akan berbeda lagi. Kata ‘cinta’ bagi orang berusia 20 tahun ke bawah.  Dengan anda yang sudah berusia 40-50 tahun itu sangat berbeda. Bahkan, setiap 5 tahun mendatang sebenarnya mindset setiap orang itu pasti berubah. Dan ketika mindset itu berubah, pemahaman kata cinta di dalam mindset anda itu juga ikut berubah. Begitu pula dengan move on.

 Namun, sadarilah bahwa ini adalah bagian besar dari rencana Tuhan Yang Maha Esa. Jika anda tidak sadar, bagaimana anda bisa merasakan nikmat yang lain? Paham ya..

Kemudian tips yang keempat adalah terimalah kenyataan.

Seringkali ketika kita kehilangan, kita akan merasa sedih. Kehilangan sebuah barang saja rasanya sedih, terlebih lagi jika kita harus kehilangan seseorang yang kita cintai. memnag benar yang namanya manusia itu pasti punya perasaan.

Namun, kita pasti sulit menerima kenyataan bahwa barang kita itu sudah hilang. Kita pasti sulit menerima kenyataan bahwa orang yang kita cintai itu sudah menghilang. Kita pasti sulit menerima kenyataan bahwa nasi itu sudah menjadi bubur. Kita pasti sulit menerima kenyataan bahwa orang tua kita sudah meninggal.

Jadi, cobalah menerima kenyataan. Kita boleh mengingat dan menyimpan memori-memori indah bersama dengan orang yang pernah hidup bersama kita. Namun, terimalah kenyataan bahwa kenangan itu sudah berlalu. Titik. Karena kita harus tetap maju menuju masa depan.

Biasanya, anak-anak muda sulit untuk bisa menerima kenyataan.

Kemudian tips yang kelima adalah pahami fakta hidup.

Apa sih maksud dari pahami fakta hidup? Jadi, di dalam hidup itu ada masuk dan keluar. Itulah fakta hidup. Ada hitam, ada putih. Ada rezeki yang masuk, maka ada juga yang harus anda sedekahkan. Anda tidak bisa hanya menerima rezeki yang masuk, tetapi anda tidak bersedekah. Begitu juga ketika anda kehilangan, maka suatu hari anda pasti akan menemukan. Namun, bagaimana mungkin anda akan menemukan jika anda tidak sanggup kehilangan?

Anda tidak bisa move on dari kehilangan. Inilah fakta hidup. Jadi, di dalam hidup ini ada dualisme yang tidak dapat dipisahkan. Anda tidak bisa hanya menginginkan cinta, tetapi tidak mau bertengkar. Ketika anda betengkar dan ternyata anda tidak cocok dan tidak menemukan solusi, ya sudah. Itu artinya lebih baik anda berpisah. Dan berpisah itu artinya anda harus move on. Hidup itu sebenarnya mudah, untuk apa dibikin ribet?

Ketika anda tidak dapat memahami fakta hidup, maka otomatis anda hanya melihat dari satu sisi. Anda hanya menginginkan rezeki. Anda hanya mau menemukan. Anda maunya happy terus, tetapi anda tidak mau sedih. Itu artinya anda tidak paham dengan fakta hidup.

Fakta hidup itu adalah dualisme. Ada siang, ada malam. Anda juga tidak bisa menerima badai terus. Suatu hari, anda pasti akan memetik sebuah kesuksesan. Namun, anda juga tidak bisa berada di kesuksesan terus tanpa dihadang badai. Intinya ketika anda dihadang badai, anda tidak perlu stress. Ingat, itu adalah bagian dari rencana Tuhan. Jadi, jangan sombong berlebihan.

Harusnya anda berpikir seperti ini :

“Oh, ini artinya saya harus lebih mawas diri. Artinya harus ada lagi yang harus saya pelajari”

Barulah anda akan mengerti dinamika hidup yang seperti ini. Niscaya, anda akan menjadi seseorang yang luar biasa. disini saya juga merekomendasikan sebuah video yang berkaitan dengan pembahasan saya kali ini. Yaitu : “Ketika Anda Sedang Terpuruk dan Putus Asa”. Semoga dengan menonton video tersebut, anda bisa segera move on dari masalah anda.  

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

5 Tips Jitu Agar Anda Bisa Segera Move On

5 Tips Jitu Agar Anda Bisa Segera Move On

Apakah anda adalah jenis orang yang susah sekali untuk move on? Mungkin anda susah move on dari pekerjaan yang sudah anda rintis sejak lama, namun akhirnya justru hancur. Mungkin anda susah move on dari mantan pacar, atau apapun itu.

Jadi, topik saya kali ini adalah : “5 Tips Jitu Agar Anda Bisa Segera Move On”.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here