5 Tips Mengendalikan Diri Saat Kita Sedang Marah Marah

0
6

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali berbicara tentang 5 Tips Mengendalikan Diri Saat Kita Sedang Marah-Marah. Saya juga akan membahas tentang bagaimana cara menghadapi orang yang sedang marah. Jadi, apakah anda orang yang suka marah-marah?

Jadi ketika menghadapi orang yang sedang marah, anda jangan ikut terpancing emosi. Anda harus mengendalikan emosi anda.

Disini ada 5 jenis manusia.

Tips yang pertama adalah jika dia lebih muda dari anda.

Misalkan anda adalah anak kuliahan, sedangkan yang marah-marah itu masih anak SMA. Atau mungkin adik kelas, atau adik kandung anda. Jadi, jangan ladeni dia. Jika dia marah, turuti saja apa maunya. Intinya, anda harus tahan emosi anda. Ini adalah masalah pengendalian diri. Jika dia marah, anda diam dulu. Jika dia sudah selesai marah, dia pasti berusaha memancing emosi kita. Jadi, kita harus menahan napas dan diam saja dulu.

Kemudian yang kedua, usahakan intonasi suara anda itu pelan. Jika nada suara dia meninggi, anda jangan ikut-ikutan meninggi. Kalau sudah begitu, bisa-bisa anda justru berantem. Problem kita dalam menghadapi anak yang lebih muda adalah harga diri kita terpukul karena kita ini merasa lebih tua. “kamu itu lebih muda tapi kok berani marah-marah ke saya? Dimana sopan santunmu?”

Jadi, lebih baik kita berusaha untuk memahami dulu. Sedikit banyak, kita akan belajar menahan diri dari emosi.

Kemudian yang kedua adalah cara menghadapi jika seusia dengan anda.

Biasanya, egonya itu sama-sama tinggi. “Lo tau apa sih? Hidup juga belum lama banget. Pengalaman juga gak banyak-banyak amat!”

Seringkali ego kita ingin bicara seperti itu. Jadi, hal terberat dalam menghadapinya adalah meredamnya dengan mendengarkan. Mendengarkan adalah pekerjaan yang sangat berat, karena itu butuh pengendalian diri. Apalagi jika kita harus mendengar sesuatu yang tidak kita sukai atau menyakiti perasaan kita. Sesuatu yang bisa menghancurkan harga diri kita. Memang rasanya pasti tidak enak. Tetapi, di dalam hidup ini kita tidak bisa hanya mendengarkan yang enak didengar saja.

Seringkali kita menelan mentah-mentah apa yang kita dengarkan. Jadi, tips saya adalah dengarkan dulu, barulah anda bicara. Jadi jangan ketika dia baru bicara 5 kata, anda memotong dan membalasnya dengan 10 kata. Maka pembicaraan itu tidak akan pernah selesai. Jika kita berusaha memahami maksud dari apa yang dia katakan, masalah antara kalian pasti akan clear. Jangan hanya mendengarkan kata-kata pedasnya, tetapi pahami apa maksud dari kata-katanya. Dengan mendengarkan, maka kita dapat mencerna maksud dari pembicaraan tersebut.

Kemudian tips yang ketiga adalah jika dia lebih tua dari anda.

Jika kita mendengarkan orang yang lebih tua berbicara, itu artinya kita harus lebih banyak mendengar lagi. Terlebih jika orang itu adalah paman kita atau orang tua kita. Misalkan senior kita mau mengutarakan pendapat, maka dengarkan dulu apa yang dia katakan. Jika ia lebih tua dari anda, maka anda harus lebih banyak mendengarkan. Karena kita harus menghormati orang yang lebih tua ketika berbicara.

Mungkin dia sedang kesal dengan masalah yang dia hadapi. Namun, kekesalannya tersebut tidak bisa dilampiaskan, itulah sebabnya dia melampiaskannya kepada anda. Jadi, coba anda dengarkan. Apa sih masalah beliau? Cobalah anda renungkan, niscaya perlahan-lahan dia akan mencoba berkomunikasi dengan baik kepada anda.

Kemudian yang keempat adalah jika istri anda yang marah. Jadi, tipsnya adalah anda jangan bicara.

Wanita itu kalau sedang marah pasti bicaranya panjang lebar. Anda sebagai suami harus berusaha untuk diam. Ada sebuah penelitian bahwa dalam satu hari, wanita bisa berbicara 30 sampai 40 ribu kata. Sedangkan pria hanya berbicara 10 ribu kata per hari. Tentunya dari sini anda sudah tahu perbedaan antara pria dan wanita bukan? Jadi pada dasarnya, wanita itu lebih cerewet daripada pria.

Jika ada seorang pria yang menjual produk, dia pasti merasa lebih suka menjualnya pada pria juga. Karena wanita itu cara menawarnya jauh lebih hebat daripada pria. Jadi apabila istri anda sedang mengoceh, cerewet atau marah, lebih baik anda diam saja. Anda bisa berhitung dalam hati ketika istri anda lagi marah-marah. Jika kata-katanya sudah habis, dia pasti akan jinak dengan sendirinya.

Kemudian yang kelima adalah jika yang ngomel adalah suami anda.

Jika suami anda ngomel, kemungkinan besar dia lagi dongkol dan bete. Seperti yang saya katakan tadi, pria hanya berbicara 10 ribu kata per hari. Jadi, coba anda cari tahu apa yang dia inginkan atau butuhkan. Anda bisa lihat video saya “5 Bahasa Kasih”. Saya ada bicara tentang bagaimana cara untuk menyenangkan pasangan kita. Bagaimana cara mengayomi anak atau saudara kita yang mungkin bahasa kasihnya tidak terpenuhi.

Jadi, bahasa jasih itu ada lima. Yaitu hadiah, waktu yang berkualitas, pelayanan, afirmasi dan sentuhan fisik. Anda bisa tonton video saya tersebut untuk menemukan caranya. Niscaya, anda pasti bisa menjinakkan suami anda.

Sahabat entrepreneur, demikian video saya kali ini. Semoga video ini bermanfaat untuk anda. Sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Semoga video kali ini dapat menjadi pembelajaran yang positif untuk anda dan dapat menginspirasi anda. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

5 Tips Mengendalikan Diri Saat Kita Sedang Marah Marah

5 Tips Mengendalikan Diri Saat Kita Sedang Marah Marah

Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali berbicara tentang 5 Tips Mengendalikan Diri Saat Kita Sedang Marah-Marah. Saya juga akan membahas tentang bagaimana cara menghadapi orang yang sedang marah. Jadi, apakah anda orang yang suka marah-marah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here