6 Cara Mudah Investasi Emas Bagi Pemula

0
72
6 Cara Mudah Investasi Emas Bagi Pemula – Investasi Emas

Investasi emas dianggap sebagai salah satu bentuk atau instrumen investasi yang paling menguntungkan. Emas saat ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai perhiasan, namun juga dapat dijadikan sebagai alat investasi. Selain itu, emas juga dianggap sebagai instumen investasi yang paling mudah bagi pemula. Sehingga tak jarang banyak orang saat mulai untuk belajar investasi, mereka memilih emas sebagai instumen investasi yang dimiliki.

Investasi emas menjadi instumen investasi paling populer saat ini. Hal ini dikarenakan, emas memiliki harga yang cenderung naik setiap waktunya serta apabila terjadi penurunan harga hal tersebut tidak terlalu signifikan. Oleh karena itu, banyak orang yang mulai beralih ke investasi emas. Namun sebelum mulai untuk berinvestasi di logam mulia yang satu ini, kamu perlu mempelajari serta mengatahui cara melakukan investasi emas yang aman, khususnya untuk kalian para pemula. Tujuannya tentu agar dapat meminimalisir risiko yang ditimbulkan.

Berikut beberapa cara mudah untuk investasi emas yang aman bagi pemula:

1. Pastikan tujuan

Sebelum melakukan investasi emas kamu perlu memastikan tujuan investasi terlebih dahulu. Cara ini sangat penting dilakukan oleh para pemula. Tujuan dari investasi sendiri berbeda-beda, mulai dari untuk tabungan pernikahan, pendidikan, dana pensiun, dan lain sebagainya. Cara ini bertujuan agar dapat mempersiapkan strategi yang sesuai untuk dapat mencapai tujuan dari investasi emas itu sendiri.

2. Pantau perkembangan harga emas

Sebagai seorang investor, kamu perlu memantau perkembangan harga emas secara berkala. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli atau bahkan menjual emas. Meskipun emas merupakan instrumen investasi yang cukup stabil, namun harga emas dapat turun dan sewaktu-waktu dapat melonjak secara drastis. Kamu dapat melihat perkembangan harga emas melalui situs maupun aplikasi yang tersedia.

3. Pilih jenis emas yang sesuai

Kamu perlu memilih jenis emas yang sesuai untuk melakukan investasi emas. Emas yang digunakan sebagai investasi biasanya berupa emas batangan, bukan emas perhiasan. Hal ini dikarenakan emas batangan memiliki harga yang stabil serta apabila dijual, harganya tidak jauh berbeda dengan harga belinya. Sedangkan emas perhiasan harganya dapat turun drastis karena tidak sepenuhnya emas murni, serta hargnya juga tergantung akan kondisi dari perhiasan tersebut. Sehingga emas yang berasal dari perhiasan kurang cocok untuk dijadikan investasi.

4. Beli di tempat yang terpercaya

Investasi emas tentunya diperlukan emas yang berkualitas baik serta terpercaya, oleh karena itu kamu perlu membeli emas di tempat yang terpercaya. Kamu perlu untuk membeli emas di tempat yang resmi, dimana tempat tersebut menyertakan surat-surat atau sertifikasi akan keaslian dari emas tersebut. Tentunya hal ini akan membuatmu merasa aman dalam berinvestasi emas, serta memastikan emas tersebut dapat dijual di masa mendatang.

5. Simpan di tempat yang aman

Kamu perlu menyimpan emas yang kamu miliki di tempat yang aman. Kamu dapat menyimpan emas yang kamu miliki di dalam brankas atau safety box. Selain itu, tempat penyimpanan emas yang aman yaitu di bank namun tentunya kamu perlu membayar sejumlah uang untuk menyimpan emas di tempat tersebut, harga yang ditawarkan masing-masing bank juga berbeda. Kamu dapat memilih tempat penyimpanan emas sesuai dengan kebutuhan kamu.

6. Fokus masa depan

Saat menjadikan emas sebagai instumen investasi, bersabarlah dan fokus pada masa depan. Hal ini dikarenakan emas merupakan bentuk investasi jangka panjang dengan rentang waktu antara 10 hingga 15 tahun. Sehingga keuntungan yang diperoleh dapat benar-benar dirasakan setelah rentang waktu tersebut. Sehingga kamu perlu bersabar dan fokus di masa depan saat melakukan investasi dengan emas.

Investasi emas dapat menjadi alternatif pilihan untuk kamu yang mulai belajar investasi. Pelajari terlebih dahulu serta terapkan cara-cara diatas agar investasi yang kamu lakukan dapat membawa keuntungan di masa mendatang.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here