6 Orang Yang Sukses Setelah Mengalami Berbagai Penolakan

0
442

Apakah Anda takut akan penolakan? Sebagian besar orang menghindari penolakan, apalagi ketika sedang memulai suatu usaha. Penolakan bisa membuat seseorang merasa gagal, tidak berguna dan akhirnya patah semangat. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa orang justru menjadi lebih kuat setelah mengalami beberapa penolakan.

Albert Einstein yang ditolak karena disertasinya yang dianggap tidak masuk akal

Buktinya si jenius seperti Albert Einstein pun pernah mengalami penolakan. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, ia telah mengalami banyak penolakan. Mungkin karena waktu itu ia baru bisa membaca saat berusia 7 tahun. Ia pernah mendaftar ke Swiss Federal Institute of Technology namun gagal saat ujian masuk. Bahkan, disertasi doktoralnya ditolak karena dianggap aneh dan tidak relefan. Namun, yang terjadi malah sebaliknya. Albert Eisntein mengubah dunia dengan teori relatifitasnya dan menjadi salah satu jenis dalam sejarah.

Stephen King yang tetap menulis meskipun mendapatkan banyak surat penolakan

Anda penggemar cerita Thriller seperti The Girl Who Loved Tom Gordon, Bag of Bones, Carrie atau The Green Mills? Beberapa karya yang sudah pernah difilmkan tesebut, merupakan hasil imajinasi dari Stephen King. Namun, sebelum sukses dengan semua karyanya, Stephen King pernah mendapatkan penolakan berulang kali.

Salah satunya ketika ia mengirimkan naskah cerpen pertamanya berjudul Happy Stamps. Naskah ini ditolak oleh Alfred Hitchcock’s Mystery Magazine. Stephen King tak berhenti hanya karena satu penolakan. Ia tetap menulis meskipun ia terus mendapatkan surat penolakan. Hingga suatu saat, ia sukses dengan Carrie yang akhirnya difilmkan pada tahun 70an.

Jack Ma yang tetap memiliki ambisinya walaupun mengalami banyak penolakan semasa mudanya

Sebelum sukses dengan Alibaba, Jack Ma hanyalah seorang guru miskin. Ia juga berulang kali gagal dalam ujian sekolah, 3 kali ditolak oleh 3 Universitas, dan menjadi satu-satunya yang tidak diterima saat melamar menjadi karyawan KFC. Saat pertama kali mengagasa Alibaba, ide ini juga tidak serta merta diterima oleh rekan-rekannnya. Begitu banyaknya penolakan yang harus ia terima. Namun, ia tetap berjuang. ”Kamu akan tetap miskin jika kamu tak memiliki ambisi”

Thomas Edison yang ditolak karena dianggap sebagai anak bodoh

Thomas Alva Edison si jenius yang gagal ribuan kali. Bahkan saat masih kecil ia sudah ditolak oleh Gurunya sendiri. Sang Guru mengirimkan surat kepada Ibunya agar segera menarik Edison dari sekolah sebab Edison adalah anak yang bodoh. Namun, Edison bukanlah anak yang gampang menyerah. Sampai akhirnya ia berhasil menemukan bola lampu dan kamera roll. Apa jadinya jika saat itu ia menyerah pada penolakannya.

Walt Disney ditolak karena Mickey Mouse yang dianggap menakutkan

Anak-anak bahkan orang dewasa mencintai Walt Disney karena filmnya yang menginspirasi dan penuh keajaiban. Namun, sebelum sukses dengan semua karyanya, Walt Disney pernah dipecat dari perusahan koran tempatnya bekerja, dengan alasan ia tidak cukup kreatif.

Lalu, kartun Mickey Mousenya pernah juga ditolak dengan alasan Mickey Mouse terlihat menakutkan untuk para wanita. Tetapi, sepertinya semua orang sukses memiliki tekad sekuat baja, seperti yang dilakukan oleh Walt Disney hingga akhirnya sukses dengan film-filmnya.

Agatha Christie yang tetap produktif setelah mengalami 3 penolakan

Anda yang menyukai novel kriminal (detektif), pasti sudah tak asing lagi dengan nama ini. Si ”Ratu Kriminal” ini memegang rekor UNESCO karena telah menghasilkan karya yang telah diterjemahankan kedalam berbagai bahasa. Selain itu ia juga masuk Guinness Book of World Record sebagai Best-selling Writer, dll. 

Tapi, sebelum sukses dengan semua novel detektifnya, ia pun pernah mengalami penolakan. Saat pertama menuliskan novel pertamanya – The Mysterious Affairs of Styles, ia pernah ditolak oleh 3 penerbit. Namun, ia tetap produktif dalam menulis. Hingga pada tahun 1920 novelnya diterbitkan oleh The Boadley Head.

Leave a Reply