6 Tips untuk Percaya Diri di Tempat Umum

0
8

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/XOuZNeHZNc8″ frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Klik disini untuk melihat videonya

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Kali ini aya akan berbagi tips tentang public speaking. Memang benar, public speaking itu ada ilmunya. Dan kebetulan saya memang public speaker yang sudah 20 tahun, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dan untuk tips kali ini, saya akan berbicara tentang : “6 Tips untuk Percaya Diri di Tempat Umum !!!”.

Jadi sebelum saya berbagi 6 tips ini, jangan lupa anda subscribe dulu. Setelah anda subscribe, saya akan bagikan ilmunya.

 

Yang pertama, yaitu pilihlah tokoh public figure yang anda anggap sukses menjadi seorang pembicara.

Jadi, pilihlah role model anda. Itu kata kuncinya. Pilihlah figur yang anda kagumi. Anda ingin menjadi pembicara seperti siapa. Memang semua public figure di dunia ini awalnya mempunyai figur yang dikagumi. Meskipun anda tidak bisa sama persis. Bahkan sebenarnya tidak boleh meniru sama persis, supaya anda bisa menjadi diri anda sendiri. Tetapi, anda harus mengagumi figur anda.

Contoh, seperti Bruce Lee. Dia mengagumi banyak guru. Salah satunya IP man, anda bisa tonton filmnya. Bagaimana dia bisa bermain Wing Chun dengan begitu hebat. Ternyata, dia memiliki keahlian. Kemudian dia belajar bela diri kaki dari ilmu bela diri Taekwondo. Salah satu guru bela diri taekwondonya adalah Chong Lee di Amerika Serikat. Dia memiliki banyak mentor. Dia mengkombinasikan, dan akhirnya menjadi jeet kune do. Public figure juga sama. Kemudian, public speaker yang anda kagumi juga sama. Anda mengagumi siapa?

Kalau saya, saya pribadi mengagumi Bung Karno. Bung Karno itu kalau berorasi, meyakinkan orang lain itu luar biasa. Bagaimana dia mengusir penjajah, dan dia meyakinkan bahwa bangsa Indonesia bukan bangsa kuli. Tetapi menjadi bangsa yang suatu hari akan benar-benar merdeka. Mempengaruhi orang seperti itu tidak mudah. Beliau adalah salah satu public figure yang saya kagumi. Dan masih banyak public figure yang saya kagumi.

Jadi intinya, anda tentukan dahulu role model anda.

Berikutnya, lakukan ATM : Amati, Tiru, dan sedikit Modifikasi. Itulah basic yang pertama.

 

Yang kedua, siapkan yang namanya materi.

Jadi, pastikan anda itu jika ingin tampil di depan publik, maka anda harus menyiapkan materinya. Jadi materi itu harus fokus kepada ‘apa manfaat yang bisa anda berikan untuk orang lain’. Public figure atau public speaker yang hebat adalah orang yang bisa menguasai public speaking. Dia menguasai panggung. Bintangnya adalah anda. Anda bisa mengendalikan massa. Jadi, massa itu maunya seperti apa, anda sudah sangat paham.

CEO Mark Zuckerberg gestures while delivering the keynote address at the Facebook F8 Developer Conference in San Francisco, America.
(AP Photo/Eric Risberg)

Memang seorang public speaker yang profesional, dengan melihat tatapan mata audience’nya saja, anda sudah bisa membaca kira-kira apa yang dipikirkan oleh orang itu. Tentunya kalau sudah sangat profesional. Tetapi kalau anda belum profesional, anda cukup fokus kepada apa manfaat dan nilai tambah yang bisa anda berikan kepada audience anda.

Jadi, anda itu jangan seperti guru yang membaca teks. Guru yang membaca text book, membaca ulang isi buku, membaca ulang materi apa yang ada di layar. Jika seperti itu, maka anda hanya menjadi ‘penyampai ulang’. Dan anda bukan public speaker yang baik. Karena selain anda tidak punya hasrat atau passion, audience anda juga akan mengantuk. Audience anda juga akan berpikir begini : “Kalau cuma begini, saya baca sendiri di rumah juga bisa! Ngapain saya harus datang ke seminar ini?”. Paham ‘kan?

Jadi kalau anda hari ini ingin berbagi sesuatu yang positif, pastikan anda punya hasrat yang kuat. Punya semangat yang kuat. Yaitu materi yang saya sampaikan itu berdampak bagi pendengar saya. Mempunyai manfaat, dan sepulangnya dari seminar ini, sepulangnya dari mendengar materi ini, maka audience ini pulang dengan membawa ‘sesuatu’. Itu yang paling penting. Jadi, fokuslah pada kebutuhan orang lain, bukan fokus pada apa yang mau anda bicarakan. Audience anda tidak akan tertarik hal seperti itu.

 

Yang ketiga, atasi demam panggung.

Memang, demam panggung adalah sesuatu yang wajar bagi seorang public speaker pemula. Jadi, saya menyarankan anda menonton video saya : “5 Cara Menghilangkan Rasa Gugup di Segala Situasi” yang per video ini dibuat sudah ditonton lebih dari 700 ribu orang. Itu bermakna banyak orang yang membutuhkan tips tersebut. Saya disitu membahas cara mengatasi demam panggung. Jadi, saya tidak akan mengulang lagi.

 

Poin yang keempat adalah interaksi.

Inilah yang jarang digunakan oleh public speaker yang biasa. Tetapi public speaker yang profesional itu bukan bicara kepada seseorang. Tetapi anda berbicara dengan sekian puluh, sekian ratus , bahkan sekian ribu orang. Rekor saya berbicara itu di Istora Senayan. Ketika itu saya berbicara di depan 8 ribu orang. Itu adalah rekor saya berbicara di depan orang banyak. Tetapi, saya seolah-olah bisa membuat 8 ribu orang tersebut seperti 1 orang.

Tentu saya tidak bisa melihat sepasang bola mata dari 8 ribu orang tersebut. Tetapi saya tahu, 8 ribu orang tersebut pasti punya satu masalah yang sama. Itu dia. Sehingga saya selalu membangun interaksi. Jadi contohnya membangun interaksi itu seperti ini.

Ketika anda menanyakan sesuatu, anda jangan berbicara seorang diri. Tetapi, anda harus berinteraksi.

Contoh, saya sampaikan seperti ini : “Apakah anda yakin, anda pasti sukses? Jika anda yakin, jawab ‘YA’..!!”. Maka satu gedung menjawab “YA!”. Contohnya seperti itu.

“Apakah anda ingin sukses? Jika ingin, jawab ‘YA’..!!”. Contohnya seperti itu. Itulah yang namanya interaksi. Dan pastikan setiap 5 menit. Misalkan presentasi anda 1 jam, setiap 5 menit anda harus membangun ‘tawa’nya audience. Jadi, audience itu tertawa. Ketika audience itu tertawa, maka anda sudah membangun interaksi sehingga audience tidak merasa bosan. Maka saya percaya, audience itu akan merasa : “Benar juga yang disampaikan pembicara itu di depan panggung”.

Itulah satu tips yang perlu anda kuasai. Ketika anda menguasai tips tersebut, saya yakin anda akan berinteraksi sangat kuat dengan audience anda. Semakin anda membangun interaksi, “apakah anda yakin bahwa besok pagi mata anda akan terbuka lagi? Jika anda tidak yakin, acungkan tangan anda!”. Itulah contoh membangun interaksi.

“Benar juga ya.. Belum tentu ketika saya malam ini tidur, besok pagi saya masih bisa bangun”. Tetapi, tentunya nada anda harus menurun. Karena ini sesuatu yang sifatnya serius. Jangan sampai ketika menyampaikan sesuatu yang serius, anda justru menjadikannya candaan. Itu juga tidak baik.

Ketika anda membangun sebuah interaksi seperti itu, maka audience itu akan merasa di’audiencekan. Mengapa banyak public speaker yang gagal? Karena dia tidak menganggap audience itu harus di’audiencekan. Padahal audience itu istimewa. Anda harus mengistimewakan audience. Semakin dia berinteraksi, semakin dia merespon apa yang anda sampaikan, maka semakin cepat dan semakin luar biasa presentasi anda.

Audience di seminar hebat, presentasi yang hebat, 1 jam itu hanya terasa seperti 10 menit. Dan ketika orang berkata, “Wah, gak kerasa sudah 1 jam!”. Itu artinya anda adalah seorang public speaker yang hebat. Celakanya adalah ketika anda itu presentasi 10 menit, tetapi terasa seperti 1 jam. Itu betul-betul presentasi yang gagal, public speaking tersebut. Jadi, anda harus belajar menjadi seorang public speaker. Tips ini juga bisa anda laksanakan.

 

Yang kelima adalah auto sugesti.

Saya selalu mengajarkan : “Saya cinta diri saya, saya sangat bahagia, lanjutannya adalah saya pasti bisa”. Hal ini sudah pernah saya ajarkan di video saya sebelumnya, “3 Kebiasaan Kecil yang Dilakukan oleh Orang Sukses Setiap Hari”. Hal ini sudah saya ajarkan. Dan hal itu sudah menjadi slogan yang luar biasa.

Slogan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri anda. Dari anda yang tidak bisa bicara, anda pasti bisa bicara. Saya juga punya banyak murid yang cadel atau gugup. Tetapi sekarang setelah ia menjadi seorang pembicara yang hebat, ia bisa mengatasi rasa gugupnya dan sekarang sudah tidak cadel lagi. Dan hal ini bisa diterapkan karena sudah sering berlatih.

 

Dan poin yang keenam adalah keep practice.

Silahkan tonton video saya : “Hukum 10 ribu Jam”. Di video tersebut, saya juga sudah membahas itu. Bagaimana dalam 10 ribu jam anda melakukan apapun seorang diri. Seseorang dikatakan profesional itu jika melakukan sesuatu lebih dari 10 ribu jam. Anda ingin jadi pilot profesional, hukumnya 10 ribu jam. Anda ingin jadi dokter profesional, dokter bedah profesional, hukumnya 10 ribu jam. Dan jika anda ingin menjadi public speaker profesional, hukumnya 10 ribu jam.

Lalu, apa hubungannya entrepreneur sukses dengan public speaker?

Sangat berhubungan. Coba anda lihat. Pengusaha-pengusaha sukses, mereka pasti merupakan seorang public speaker yang hebat. Karena mereka bisa meyakinkan investor, mereka bisa meyakinkan supplier, mereka bisa meyakinkan distributornya, dan mereka bisa meyakinkan karyawannya. Intinya, public speaking itu bisa meyakinkan orang. Dan itulah pusat influence. Pusat pengaruh. Itulah sebabnya public speaking itu merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur manapun.

Dengan anda memiliki kemampuan public speaking ini, maka anda bisa menyampaikan ide anda, gagasan anda, maupun produk yang mau anda jual. Itu semua dimulai dari kemampuan public speaking yang hebat.

Demikian sahabat entrerpeneur. Semoga kemampuan public speaking ini bisa anda miliki. Dan jangan lupa, jika anda ingin terus mengasah kemampuan public speaking anda, saya disini punya Komunitas YES. Komunitas YES ini adalah komunitas yang saya dirikan untuk mewadahi para pengusaha pemula. Bukan cuma diajari berbisnis, tetapi anda juga diajarkan untuk menjadi public speaker yang hebat. Silahkan anda hubungi murid-murid saya disini : www.chandraputranegara.co.id

Disitu ada recommended mentor. Silahkan anda hubungi mereka. Dan disitu anda akan diasah, dididik menjadi seorang pengusaha dan juga public speaker.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Jangan lupa klik tombol subscribe, loncengnya diaktifkan, dan ada 2 video disini silahkan ditonton serta share kepada teman-teman anda.

Sukses untuk anda, selalu salam hebat luar biasa..!!

 

6 Tips untuk Percaya Diri di Tempat Umum

6 Tips untuk Percaya Diri di Tempat Umum

Kali ini aya akan berbagi tips tentang public speaking. Memang benar, public speaking itu ada ilmunya. Dan kebetulan saya memang public speaker yang sudah 20 tahun, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dan untuk tips kali ini, saya akan berbicara tentang : “6 Tips untuk Percaya Diri di Tempat Umum !!!”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here