7 Ciri-Ciri Anatomi Miliarder, Kamu Punya?

0
213

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang di channel Success Before 30. Saya pernah membaca sebuah buku yang membahas tentang ciri-ciri anatomi orang-orang sukses yang menjadi miliarder.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas topik tentang : “7 Ciri-Ciri Anatomi Miliarder, Kamu Punya?”. Jadi, anatominya itu apa saja?

1. Mata : Tajam Melihat Peluang

Ciri-ciri yang pertama adalah dari anatomi mata. Fungsi mata itu untuk apa? Yakni untuk melihat hal-hal yang positif dan bisa dijadikan peluang.

Jadi, mata dari pengusaha atau miliarder berfungsi untuk tajam melihat peluang. Mata orang gagal dan pesimis itu selalu melihat peluang sebagai masalah. Sedangkan mata orang sukses itu selalu melihat masalah sebagai peluang.

Apa maksud dari ‘peluang di dalam masalah’?

Contohnya ketika ia melihat opportunity, maka ia akan berkata : “Ini sulit, saya gak bisa. Dan gak mampu”. Ini adalah ciri-ciri orang yang gagal dan pesimis.

Berbeda dengan seseorang yang tajam melihat peluang. Ketika ia melihat problem, ia akan langsung memahami bahwa disitu ada opportunity. Itulah anatomi yang pertama.

 

2. Telinga : Mendengar Saran dari Pelanggan

Kemudian ciri-ciri yang kedua adalah dari anatomi telinga. Fungsi telinga itu untuk apa? Yakni untuk mendengar. Rupanya, pengusaha yang sukses itu mendengar saran dari pelanggan. Ia bisa mencermati, pelanggan itu maunya apa?

Ketika pelanggan itu berubah, ia cepat tanggap dan memahami kemauan pelanggan. Kemudian, ia mengantisipasi agar pelanggan tersebut tidak beralih ke kompetitor atau bahkan ke merek yang lain. Ia tajam melihat peluang tersebut. Jadi, ia suka mendengarkan orang lain, namun bukan siara-suara yang negatif dan membuat dirinya down. Karena orang yang gampang down itu bukan ciri-ciri calon miliarder.

Orang yang sukses pasti tajam dalam mendengarkan dan tahu langkah apa yang harus ia lakukan.

 

3. Perut : Selalu Tegap dan Percaya Diri

Kemudian anatomi yang ketiga adalah perut. Rupanya, perut juga ikut andil dalam anatomi pengusaha miliarder. Pasalnya, perut  mereka akan terlihat selalu tegap dan percaya diri.

Jadi, postur tubuh mereka tidak membungkuk. Bukan tpe orang yang ketika menatap orang lain langsung menundukkan wajahnya. Ia adalah orang yang percaya diri.

Ketika bertatapan muka, ia akan melihat mata lawan bicaranya, mendengarkan perkataannya dan perutnya rata alias tegap.

Jadi, mereka itu bisa terlihat dari posturnya. Orang yang bungkuk itu terlihat seperti orang yang tidak percaya diri. Namun jika postur badannya tegap, itu artinya ia siap menatap masa depan. Siap dealing bisnis, siap closing, dan siap menawarkan proposal,

 

4. Otak : Penuh Dengan Ide-Ide yang Cemerlang

Kemudian anatomi yang keempat adalah otak. Fungsi otak itu apa sih? Tentunya untuk berpikir. Akan tetapi, otaknya pengusaha miliarder itu penuh dengan ide-ide cemerlang. Ia selalu memiliki ide-ide yang brilian, yang belum pernah dilakukan oleh orang lain.

Sehingga, orang lain mungkin akan meniru idenya. Akan tetapi, orang tersebut tidak akan bisa meniru eksekusinya. Ini merupakan kata-kata dari Menteri Pendidikan kita, yaitu bapak Nadiem Makarim.

Beliau mengatakan, “Orang lain bisa meniru konsep Gojek. Akan tetapi, orang lain tidak bisa meniru eksekusi saya”.

 

6. Mulut : Berbagi Pengalaman yang Positif

Kemudian anatomi yang kelima adalah mulut. Mulut itu fungsinya apa? Untuk bersuara, berbicara, menyampaikan maksud agar bisa terjadi komunikasi yang lancar.

Jadi, mulut itu bisa berbagi pengalaman yang positif. Itulah sebabnya, gunakan mulut kita untuk membagikan perkataan yang positif. Bukan untuk gosipin orang atau mencelakai orang karena mulut itu seperti pedang bermata dua.

Kita bisa membuat orang lain termotivasi dan semangat, namun kita juga bisa membuat orang lain jatuh terpuruk. Jika kita bisa menyemangati orang lain, maka gunakan mulut kita untuk hal yang benar.

 

6. Jantung : Memompa Semangat

Kemudian anatomi yang keenam adalah jantung. Fungsi jantung itu apa? Jantung merupakan organ indikator yang memompa darah kita ke seluruh tubuh.

Maka fungsi jantung di sini adalah untuk memompa adrenalin dan memompa semangat. Sehingga ketika orang lain mendengarkan kita, orang tersebut semangatnya akan berapi-api.

Ketika orang lain mendengarkan kita, maka orang tersebut akan memiliki semangat hidup dan courage yang baru. Menjadi pemompa semangat itu merupakan orang yang luar biasa.

 

7. Kaki : Melangkah, Pantang Untuk Menyerah

Kemudian anatomi yang ketujuh adalah kaki. Fungsi kaki adalah melangkah dengan pantang menyerah. Saya pernah mendengar sebuah pepatah :

 Jika anda tidak bisa berlari, maka berjalanlah.

Jika anda tidak bisa berjalan, merangkaklah.

Artinya apa? Jangan pernah menyerah.

Karena disitulah fungsi kaki itu ada. Anda mungkin juga tahu beberapa orang yang menyandang disabilitas. Meskipun mereka tidak memiliki kaki, namun mereka masih berusaha menggunakan alat bantu.

Saya juga pernah menulis di buku saya, Badai Pasti Berlalu. Yaitu kisah tentang  Bob Willen, bagaimana ia menyelesaikan marathonnya hanya dengan kedua tangan.

Jika orang normal menyelesaikan marathon dalam rentang waktu 3-5 jam, namun dia baru berhasil menyelesaikan marathon dalam waktu 5 hari karena ia menggunakan kedua tangannya.

Itulah sebabnya jika anda dikaruniai dua kaki yang normal, melangkahlah dan pantang menyerah. Gunakan fungsi tubuh anda dengan benar, niscaya kesuksesan akan menghampiri anda.

Sahabat entrepreneur, semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda.

Silahkan anda share pada teman-teman anda. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here