7 Hal Finansial yang Wajib Dibahas Bersama Pasangan

0
103

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat datang kembali di channel Success Before 30 yang membahas tentang pengembangan diri, motivasi, edukasi finansial, level up podcast, business inspiring, serta konten vlog balancing life.

Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali membahas tentang topik finansial. Tentunya topik ini tidak pernah diajarkan di bangku sekolah, bahkan sampai bangku kuliah. Terutama masalah finansial rumah tangga dan finansial pribadi.

Apakah anda pernah ribut dengan pasangan gara-gara duit? Kali ini saya akan membahas tentang “7 hal finansial yang wajib dibahas bersama pasangan”.

1. Pendapatan

Jadi poin yang pertama adalah pendapatan. Sebelum saya membahas hal ini, di buku Success before 30 saya juga membahas tentang mindset di bab 1. Yakni tentang apa beda orang kaya dan orang sukses di halaman 45 dan di bab 2 tentang alat, yakni tentang komunitas di halaman 91 yang tentunya menjadi poin yang sangat menentukan.

Karena apabila anda tengah ribut dengan pasangan, biasanya anda akan cederung curhat pada teman. Jadi, teman-teman terdekat atau komunitas itu sangat menentukan betapa bahayanya ketika anda itu salah dalam penempatan dana.

Akhirnya, anda menjadi tidak terbuka dengan pasangan dalam masalah tersebut. Keterbukaan itu sangat penting dalam hubungan suami istri, karena hal tersebut akan sangat menentukan masa depan hubungan anda. Jika tidak segera mencari solusinya, maka masalah tersebut akan menjadi dynamite kecil di dalam rumah tangga kalian.

Jadi, buatlah catatan pendapatan selama satu bulan. Income anda itu berapa? Anda harus terbuka dengan pasangan anda agar tidak terjadi kecurigaan.

 

2. Pengeluaran

Lalu yang kedua adalah pengeluaran. Catatlah pengeluaran anda selama satu bulan. Setiap hari pengeluaran anda itu apa saja? Harus anda catat. Apabila anda tidak pernah mencatat pengeluaran anda, maka uanganda akan cenderung cepat habis.

 

3. Tanggungan

Dan yang ketiga adalah tanggungan. Catatlah tanggungan apa saja yang harus anda bayarkan dalam satu bulan. Ketika saya awal pacaran alias belum menikah, saya juga sudah membahas masalah ini. Jadi ketika setelah menikah, pasangan anda tidak terkejut.

Apabila anda tidak pernah terbuka dengan istri dan sebaliknya, maka hal inilah yang akan menjadi masalah. Itulah sebabnya pasangan suami istri harus saling terbuka dengan masalah tanggungan.

 

4. Hutang

Kemudian yang keempat adalah hutang. Catatlah hutang mana ya ng harus dilunasi. Intinya, tujuan finansial anda juga harus terbuka dengan pasangan anda.

Jika anda memiliki hutang namun anda tidak terbuka dengan pasangan, lalu ketika suatu hari terjadi suatu musibah atau apapun itu, tentunya pasangan anda akan sangat kasihan sekali karena  ternyata anda memiliki hutang dimana-mana.

 

5. Rencana keuangan

Lalu yang kelima adalah rencana keuangan atau financial protection. Buatlah rencana dengan sisa uang tabungan anda. Jadi misalkan kita ke depannya punya rencana apa, bikin planning apa?

Contohnya anda ingin memiliki rumah yang lebih bagus, atau anda ingin memiliki mobil yang lebih bagus. Atau mungkin anda dulunya tidak pernah punya simpanan, sekarang anda mulai belajar menyimpan. (Yang pasti simpanan uang ya, bukan simpanan yang lain!)

 

6. Investasi

Lalu yang keenam adalah investasi. Uang yang anda sisihkan bisa dioper lagi untuk investasi. Jadi apabila anda sudah punya dana lebih, barulah uang tersebut bisa anda investasikan sesuai dengan 3 cara menabung yang sudah pernah saya sampaikan.

Yakni menabung emas di Tamasia, anda bisa klik link’nya di sini :

http://bit/ly/daftartamasiasb30

lalu yang kedua adalah menabung properti. Kemudian yang ketiga adalah menabung di saham. 3 cara menabung ini adalah contoh investasi yang tepat.

 

7. Bersedekah

Dan yang terakhir alias yang ketujuh adalah jangan lupa bersedekah. Orang Indonesia itu kalau masalah bersedekah mungkin banyak yang melakukannya, namun keenam poin yang lain jarang diterapkan.

Ketika dapat uang, langsung bersedekah. Tentunya ini ilmu yang bagus. Namun anda tidak punya perencanaan untuk keenam poin lainnya.

Dan saya lihat di sosial media begitu semua mindsetnya. Sedekahnya diutamakan, namun seharusnya perencanaan dan pengelolaan finansial anda juga harus jelas. Jadi pastikan ketika anda bersedekah, hal itu tidak mengganggu cashflow anda. Apabila cashflow keuangan anda bermasalah, pastikan ketujuh poin di atas anda terapkan.

 

Jadi 7 hal yang wajib dibahas bersama pasangan ini apabila anda terapkan, saya yakin dapat membuat anda dan pasangan anda jauh lebih baik dan luar biasa. Jangan lupa colek pasangan anda untuk bersama-sama menonton video motivasi ini. Tentunya pasutri harus lebih kuat dan solid setelah menonton video ini.

Sahabat entrepreneur, demikian pembahasan saya kali ini, dan nantikan konten saya berikutnya.

Semoga topik kali ini bisa menginspirasi anda dan bermanfaat untuk anda. Silahkan anda share pada teman-teman anda. Tentunya, ada banyak orang yang dapat terbantu melalui edukasi sedehana seperti ini. Mungkin mereka tidak mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya, namun mereka justru mendapatkannya dari channel ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca di buku saya ‘Success Before 30’.

Semoga video kali bermanfaat. Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here