Home Tech Gadget 7 Hal Mudah yang Bisa Mengubah Mindset Anda

7 Hal Mudah yang Bisa Mengubah Mindset Anda

0
3

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang : “7 Hal Mudah Yang Bisa Mengubah Mindset Anda”.

Tahukah anda bahwa mindset itu bisa diubah jika anda mau melatih otak anda. Sebenarnya, manusia itu nonsense jika dia berkata bahwa dia tidak bisa mengubah mindset’nya. Seperti yang kita ketahui, mindset itu adalah segalanya. Jika anda ingin menjadi seperti idola anda, maka milikilah mindset seperti idola anda.

Jika anda ingin menjadi atlet basket terkenal, maka milikilah mindset seperti Michael Jordan atau LeBron James. Jika anda ingin menjadi atlet sepak bola terkenal, maka milikilah mindset seperti Cristiano Ronaldo. Jika anda ingin menjadi seorang pemilik startup yang fenomenal, maka milikilah mindset seperti Nadem Makarim, CEO dari Go-Jek yang sekarang menjadi menteri pendidikan.

Intinya, jika anda ingin menjadi siapapun, maka milikilah mindset seperti mereka. Dan ternyata, mindset setiap orang itu bisa diubah. Lalu, bagaimana cara untuk mengubah mindset tersebut?

Jadi, cara yang pertama adalah dengan membaca setiap harinya.

Orang Indonesia itu paling malas membaca. Itulah sebabnya channel YouTube lebih disukai. Karena apa? Karena seringkali anda itu mungkin tidak memiliki banyak waktu luang untuk membaca. Dengan menonton channel YouTube seperti Success Before 30 ini, sebenarnya secara tidak langsung anda sedang mengubah mindset anda. Jika anda konsisten dalam menonton channel seperti ini, maka itu artinya anda sudah berkomitmen dengan diri anda bahwa anda mau melatih mindset otak anda agar bisa lebih baik lagi.

Jadi, hindarilah yang namanya isu, hoax, serta berita infotainment yang tidak penting. Menurut saya, berita seperti itu hanya memuaskan EQ atau emosi sesaat saja, namun tidak menambah wawasan dan kecerdasan anda. Jadi, kecerdasan otak anda itu harus diberi ‘asupan yang bergizi’ seperti channel Success Before 30 ini daripada anda hanya menonton berita sampah, bukan begitu?

Lalu cara yang kedua adalah tulislah idemu.

Jadi, handphone anda itu jangan hanya diisi dengan video-video yang tidak jelas. Setiap ada memiliki ide baru, tulislah di handphone anda.

Kemudian cara yang ketiga adalah keluarlah dari zona nyaman.

Zona nyaman itu adlaah zona kebiasaan anda. Jadi, kebiasaan anda setiap hari itu adalah zona nyaman anda. Jika biasanya anda makan menggunakan tangan kanan lalu anda mengubahnya dengan makan menggunakan tangan kiri, pasti rasanya tidak enak ‘kan? Kurang lebih seperti itulah rasanya keluar dari zona nyaman.

Jika anda terbiasa kemana-mana naik motor, kemudian anda mengubahnya menjadi berjalan kaki, seperti itulah yang namanya keluar dari zona nyaman. Jika anda terbiasa datang ke tempat kerja terlambat terus, sekarang cobalah anda datang 10 menit lebih awal. Apabila anda terbiasa tidur tengah malam dan bangun siang, sekarang cobalah tidur lebih awal dan bangun pagi. Seperti itulah yang namanya keluar dari zona nyaman.

Singkat cerita, keluarlah dari zona kebiasaan anda. Ketika anda sudah keluar dari zona kebiasaan anda, otomatis artinya anda sudah keluar dari zona nyaman.

Kemudian cara yang keempat adalah biasakan sifat konsisten dan presisten.

Jadi ketika anda sudah berubah, biasakanlah. Ketika anda mengerjakan sesuatu, maka disiplin hariannya itu harus ada. Tidak usah jauh-jauh, contohnya itu seperti “twenty first day challenge”. Berubahlah secara konsisten selama 21 hari. Mungkin pada awalnya anda akan merasa tidak suka dan berat melakukannya. Namun jika anda sudah melewati 21 hari tersebut, maka kebiasaan baru tersebut akan melatih otak anda agar dapat lebih cerdas lagi.

Kemudian cara yang kelima adalah hilangkan gangguan pada jam produktif seperti handphone, rokok dan sebagainya.

Abaikan semua WA yang masuk pada jam tersebut, niscaya anda akan menjadi jauh lebih produktif. Ketika anda sedang melakukan appointment atau meeting yang tidak bisa diganggu gugat, abaikan gangguan tersebut. Dengan begitu, hal ini akan menunjukkan bahwa anda adalah orang yang sangat menghargai waktu.

Apabila pada jam kerja anda selalu melihat notifikasi pada HP anda dan lain sebagainya, itu artinya anda tidak memiliki prioritas di dalam hidup kalian. Jika anda memiliki prioritas, anda pasti tidak akan melakukan segala sesuatunya secara semabrangan.

Kemudian cara yang keenam adalah belajarlah bermeditasi atau menenangkan diri sesuai agama dan keyakinan anda.

Belajarlah menenangkan diri dan rajin berdoa, karena hal itu sangat penting. Kiarena semua orang yang memiliki prestasi puncak pasti meluangkan sedikit waktunya untuk menenangkan diri. Jika tidak, maka otaknya pasti akan bermasalah. Dengan bermeditasi, anda pasti bisa mengubah mindset anda.

Namun netizen Indonesia sepertinya bukan memiliki kebiasaan bermeditasi, namun memiliki kebiasaan menonton YouTube sampai pagi.

Kemudian cara yang ketujuh adalah belajarlah bersyukur dan berterima kasih.

Banyak manusia itu yang bukannya bersyukur, namun mereka justru lebih sering menuntun dan suka marah-marah. Namun mulai sekarang, belajarlah bersyukur dan berterima kasih. Mungkin selama ini jika anda diberi sesuatu oleh orang lain, anda bukannya berterima kasih, namun anda justru berkata : “Ya memang sudah seharusnya ‘kan..”

Jadi sekecil apapun bantuan orang lain, entah itu anda hanya diberi segelas kopi atau air putih, biasakan untuk berkata “terima kasih”. Bahkan meskipun itu memang hak kalian. Ketika anda menerima gaji dari bos anda, mungkin anda juga tidak pernah berkata “terima kasih”. Karena anda berpikir bahwa : “Ya memang sudah seharusnya dikasih ‘kan.. Ini ‘kan gaji yang memang harus saya terima”. Tidak bisa begitu. Anda mendapatkan gaji karena anda sudah diberikan pekerjaan.

Jadi, biasakan untuk berkata “terima kasih”. Niscaya, hal ini dapat mengubah habit anda sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih positif. Maukah anda mencobanya? Percayalah, mindset anda pasti akan berubah.

Demikian sahabat entrepreneur, semoga topik kali ini bermanfaat. Konten saya sederhana saja, namun semoga dapat bermanfaat untuk anda. Semoga apa yang saya jelaskan dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

 

7 Hal Mudah yang Bisa Mengubah Mindset Anda

7 Hal Mudah yang Bisa Mengubah Mindset Anda

Tahukah anda bahwa mindset itu bisa diubah jika anda mau melatih otak anda. Sebenarnya, manusia itu nonsense jika dia berkata bahwa dia tidak bisa mengubah mindset’nya. Seperti yang kita ketahui, mindset itu adalah segalanya.

Kali ini saya ingin bercerita sedikit tentang : “7 Hal Mudah Yang Bisa Mengubah Mindset Anda”.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here