7 Tips Dari Guru Besar Para Motivator Dunia : Jim Rohn

0
163

7 Tips dari Guru Besar Para Motivator Dunia : Jim Rohn

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Di edisi kali ini, kita akan belajar dari guru besar para motivator dunia. Siapakah beliau? Yaitu Jim Rohn. Keren banget ya..

Ternyata, Jim Rohn itu punya tips-tips terkenal atau quotes-quotes terkenal. Di edisi kali ini, saya akan mengulas 7 tips dari beliau yang luar biasa. Di edisi kali ini saya akan membahas : “7 Tips dari Guru Besar Para Motivator Dunia : Jim Rohn”.

 

1. If you don’t design your own life plan, other will design for you

Baik, tips yang pertama adalah If you don’t design your own life plan, other will design for you. Jadi apabila anda tidak merencanakan hidup anda, membuat perencanaan hidup anda, persiapan hidup anda, maka orang lain yang akan merencanakannya untuk anda.

Apa maksudnya? Jadi begini.. Jika anda hari ini ingin meraih sukses, maka anda harus mulai mencatat dan merencanakan apa yang anda inginkan di masa depan anda. Mulailah tuliskan. Contoh, jika anda hari ini sekolah. Maka tuliskan : ‘Saya mau sekolah dulu setelah saya tamat SMP’. Begitu, adik-adik. Anda mau kuliah dimana? Jurusan apa? Mulai dari sekarang harus ditulis.

Anda tidak boleh ikut-ikutan teman

Itu tidak boleh. Anda harus mempunyai prinsip. Dan bedanya orang yang hari ini cuma ikut-ikutan dengan orang yang menuliskan goals’nya itu berbeda sekali. Hal itu akan terbawa sampai nanti anda bekerja.

Ketika anda bekerja, if you don’t design your own life plan, jika anda tidak mendesain hidup anda sendiri, maka orang lain yang akan mempekerjakan anda. Other will design for you. Pengusaha-pengusaha sukses dunia, mereka itu adalah orang-orang yang mendesain, menulis goals’nya sendiri. Kalau tidak, maka tidak ada orang terbaik. Kalau orang terbaik, kemungkinan dia akan bekerja dengan perusahaan orang lain.

Ingat, kalau saya menjadi anda, saya rugi ketika anda adalah seorang yang sukses, seorang yang besar. Sebaiknya anda itu membangun perusahaan anda sendiri. Mengapa saya katakan demikian? Karena ide anda, kreativitas anda, dan diri anda adalah orang yang terbaik. Jika anda memang orang yang terbaik, perusahaan akan senang mempekerjakan orang seperti anda. Mengapa? Karena anda bisa mengatasi masalah dan memberikan solusi untuk perusahaan tersebut.

Tetapi sekali lagi, jika anda hari ini tidak ingin bekerja membangun perusahaan anda sendiri, it’s OK. Anda hari ini tetap bekerja menjadi karyawan, tetapi anda tetap bisa menjadi orang yang terbaik di perusahaan itu. Anda bisa punya divisi terbaik dan bisa mempunyai pengembangan yang terbaik. Karena apa? Karena anda yang memutuskan. Jadi tulislah, itu pesan dari Jim Rohn.

 

2. Set your clear goals

Pesan kedua atau tips kedua, set your clear goals. Jadi, tolong jika anda membuat goals itu jangan sekedar goals. Target yang jangan sekedar target. Tetapi target yang jelas. Clear goals. Apa bedanya orang yang punya target biasa dengan target yang jelas. Oh, beda jauh!

Pernah ada seorang perenang, saya lupa namanya, yang pasti perenang wanita. Dia berenang di musim dingin, di laut, menyeberangi samudra. Tetapi, karena perenang tersebut tidak tahan dingin, akhirnya dia menyerah. Anda tahu mengapa sangat disayangkan dia menyerah? Ternyata dia hanya tersisa 20 meter dari garis finish.

Perenang tersebut menyesal gak? Sangat menyesal. Anda tahu mengapa dia menyesal? Padahal hanya tersisa 20 meter. Dia sudah berenang berkilo-kilo meter di suhu yang sangat dingin. Dan dia bisa. Tetapi mengapa dia tidak bisa mencapai finish? Dia mengatakan satu jawaban : Karena dia terkena kabut. Mengapa terkena kabut langsung menyerah? Itu artinya garis finish’nya tidak terlihat jelas.

Sama juga dengan yang tadi. Akhirnya sekarang setelah dia mempersiapkan diri dengan baik di pertandingan berikutnya, dia bisa berenang sampai finish. Sekarang, apa bedanya orang yang hanya menuliskan goals dengan dia memiliki clear goals?

Dia punya goals yang sangat-sangat jelas. Bedanya disini. Setiap orang pasti punya ‘kabut’ seperti perenang itu tadi. Setiap orang punya masalah dalam mencapai goals atau target anda. Tetapi kalau ada punya goals yang jelas, maka berbeda. “Saya ingin mobil!” dengan “Saya ingin mobil. Saya ingin yang warna merah, type A, keluaran tahun A”. Itu berbeda. Jadi, anda harus punya clear goals. Anda bisa tonton video sebelumnya. Saya sudah pernah membahas masalah goals tersebut.

 

3. When you don’t control your time, time will control you

Tips yang ketiga dari Jim Rohn adalah when you don’t control your time, time will control you. Jim Rohn itu sangat menekankan tentang betapa pentingnya anda mengontrol waktu anda. Mengendalikan waktu anda. Kalau tidak, maka waktulah yang akan mengontrol anda.

Sahabat entrepreneur, setiap hari kita memiliki 24 jam yang sama. Anda bisa gunakan 24 jam itu untuk tidur-tiduran, santai-santai, main game gak jelas dari pagi sampai pagi lagi. Ataukah anda bisa mengisi 24 jam yang sama untuk hal-hal yang sifatnya positif. Untuk hal-hal yang bisa membangun masa depan. Semua keputusan ada di tangan anda. Kalau tidak, maka 24 jam itu akan lewat begitu saja.

Jadi, Jim Rohn sangat menegaskan bahwa orang-orang sukses di muka bumi ini sangat menghargai waktu. Kita ambil contoh, presiden kita. Bapak Joko Widodo. Luar biasa. Saya tahu etos kerja beliau, dari pagi hingga malam tidak pernah kenal menyerah. Beliau terus bekerja, bekerja dan bekerja. Mengapa beliau terus bekerja, bekerja dan bekerja? Karena salah satunya beliau adalah seorang pengusaha. Sehingga beliau tahu bahwa waktu itu sangat berharga. Waktu yang kemarin sudah tidak bisa kembali lagi.

Jadi, itulah bedanya orang rata-rata dengan orang di atas rata-rata. The difference between ordinary people and extra ordinary people itu satu : Mereka sangat menghargai waktu.

 

4. If it’s easy to do, it’s also easy not to do

Tips yang keempat : If it’s easy to do, it’s also easy not to do. Artinya apa? Jika anda mudah melakukan, maka hal itu juga mudah untuk tidak dilakukan. Seringkali, orang itu meremehkan. Manusia itu cenderung meremehkan. “Gampang lah, kalo cuma pekerjaan seperti ini!”. “Kalo cuma pekerjaan seperti ini sih adik-adik juga bisa! Emak-emak juga bisa!”. Itu artinya anda meremehkan. Dan akhirnya anda tidak mau melakukannya.

Padahal, justru sesuatu yang anda lakukan itu jauh lebih berharga daripada sesuatu yang tidak anda lakukan. Anda berkata, “Kalo cuma membangun channel YouTube kayak gini sih gampang!”. Lalu pertanyaannya : Kapan anda akan lakukan itu? Jadi, jangan cuma bicara, “Ah gampang. It’s easy”. Seperti itu. Jadi, Jim Rohn mengatakan if it’s easy to do, it’s also easy not to do. Intinya, jangan pernah meremehkan. Itu pesan dari beliau.

 

5. Without a sense of urgency, desire lose it’s value

Tips yang kelima, without a sense of urgency, desire lose it’s value. Itu maksudnya apa? Tanpa ada batas waktu yang sangat mendesak, ada rasa urgency, rasa yang sangat mendesak, desire lose it’s value. Jadi, semua keinginan tersebut akan hilang. Mengapa? Jika anda mengerjakan segala sesuatu itu harus ada batas waktunya.

Saya harus menyelesaikan pekerjaan saya. Kalau bisa diselesaikan dalam 1 minggu, kenapa saya harus selesaikan dalam 1 bulan? Orang gagal itu suka menunda. “Ah, besok aja!” “Ah, bulan depan aja!”. “Kapan anda mau menemui orang tua anda di kampung? 2 tahun lagi aja deh”. Jangan begitu. Lakukan sekarang. Jangan pernah anda menunda.

Jadi, beliau selalu menekankan bahwa segala sesuatu itu jika bisa dilakukan hari ini, maka jangan ditunda sampai besok. Kalau bisa diselesaikan bulan ini, jangan diselesaikan bulan depan. Ada sense of urgency supaya desire anda tidak lose value. Itu poin yang kelima.

 

6. Either you run the day, or the day runs you

Poin atau tips yang keenam, either you run the day, or the day runs you. Jadi, kembali lagi masalah waktu. Apakah anda hari ini mau menjalani hari, atau hari itu akan lewat begitu saja. Hari juga lewat begitu cepat. Apakah anda akan melewati hari tersebut dengan hal positif dan membangun usaha? Dampaknya nanti, 5 tahun ke depan. Hari demi hari, 365 hari dikali 5 tahun itu sudah 1500 hari. Orang lain sudah melakukan hal itu 1500 kali, sedangkan anda justru 1 hari pun belum melakukannya. So, the day runs you! It’s a very big problem, bagi sebagian besar orang di muka bumi.

Waktu itu berlalu begitu cepat. Anda lakukan, waktu tetap lewat. Anda tidak lakukan, waktu juga tetap lewat.

 

7. We all have the same amount of time

Tips yang ketujuh, yang terakhir : We all have the same amount of time. Jadi, coba anda bayangkan. Jim Rohn disini sudah mengatakan soal waktu itu sudah diulang sampai 3 tips. Jadi, beliau itu sangat-sangat menekankan. Dan dia adalah seorang guru besar para motivator dunia seperti Anthony Robbins, John Maxwell, Zig Ziglar, dan banyak sekali lainnya. Termasuk Robert Kiyosaki. Semua guru besarnya adalah Jim Rohn.

Jim Rohn itu betul-betul luar biasa. Pakar finansial, pakar kesuksesan, dan pakar kehidupan. Luar biasa sekali. Banyak orang yang ingin coaching dengan beliau. Anda bisa bayangkan mengapa. Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Jim Rohn ini adalah orang yang sangat menghargai waktu. We all have the same amount of time. Tadi saya sudah sampaikan itu. Bahwa kita semua dilahirkan mempunyai 24 jam yang sama.

Jadi, tidak lebih dan tidak kurang. Presiden juga mempunyai 24 jam yang sama. Pengamen juga mempunyai 24 jam yang sama. Pengangguran juga mempunyai 24 jam yang sama. Bedanya adalah : Apa yang anda lakukan dengan 24 jam tersebut? Jadi, demikian tips dari guru besar para motivator dunia. Kita bisa belajar banyak hal. Mari kita terapkan yang terpenting dalam hidup kita.

Sahabat entrepreneur, jika anda menyukai channel seperti ini, Jangan lupa klik like, berikan comment, dan subscribe. Serta jangan lupa share kepada teman-teman anda supaya mereka bisa mendapatkan manfaatnya. Ada 2 video disini silahkan ditonton, loncengnya diaktifkan.

Sukses untuk kita semua, selalu salam hebat luar biasa..!!

Jim Rohn itu punya beberapa quotes terkenal. Berikut ini adalah 7 Tips beliau.

Jim Rohn itu punya beberapa quotes terkenal. Berikut ini adalah 7 Tips beliau.

Di edisi kali ini, kita akan belajar dari guru besar para motivator dunia seperti Tony Robbins, Zig Ziglar, dan Robert Kiyosaki. Beliau adalah Jim Rohn.
Ternyata, Jim Rohn itu punya beberapa quotes terkenal. Berikut ini adalah 7 Tips beliau. Simak baik-baik ya, sahabat entrepreneur..

Leave a Reply