8 Ciri – Ciri Manusia Toxic

0
80

https://www.youtube.com/watch?v=g3UD89RaS8M

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Banyak subscriber alias sahabat SB30 saya yang bertanya :

“Pak, bagaimana caranya agar saya bisa keluar dari lingkungan yang toxic?”

Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya ingin bertanya dulu. Anda tahu tidak yang dimaksud dengan lingkungan toxic itu apa? Jika anda tidak tahu ciri-ciri manusia toxic, otomatis anda akan kesulitan untuk membedakan.

“Saya harus berteman dengan tipe orang seperti apa? Saya khawatir dianggap pilih-pilih teman. Nanti saya dicap sombong”.

Untuk menghindari kata-kata seperti ini, sebaiknya anda itu harus memastikan, mengidentifikasi atau mengklarifikasi dengan jelas terkait apa yang dimaksud dengan manusia toxic.

Disini saya akan membahas tentang 8 ciri-ciri manusia toxic. Apa saja?

1. Si penguras energi

Ciri manusia toxic yang pertama adalah si penguras energi. manusia tipe ini adalah manusia yang bikin kita lelah. Setiap ketemu itu kalau gak curhat, ngeluh, pinjam duit. Pokoknya ada aja masalahnya. Ketika ketemu sama dia, gak pernah gak ada masalah. Entah itu gosipin orang, menyebarkan berita jelek tentang pemerintah, kemudian mengeluh sekarang cari uang susah dan lain-lain.

Pokoknya, isi otak dia itu selalu pikiran negatif. Mengeluh terus. Jadi ketika bertemu dia, bawaannya itu bete dan capek terus.

 

2. Si pesimis

Lalu ciri manusia toxic yang kedua adalah si pesimis. Contohnya seperti apa? Ditawari bisnis, ia berkata gak bisa jualan. Ketika rencana bisnisnya sudah ada, ia berkata gak punya modal. Kemudian ketika ditanya temanmu ada berapa, ia berkata temannya sedikit. Lalu ketika diajak belajar berjualan, ia menjawab sulit karena tak pandai berbicara. Intinya, ada aja alasannya.

Harus saya apakan ya teman yang seperti ini?’

Tidak bisa. Sebelum anda juga ketularan toxic, lebih baik anda hindari teman yang seperti ini.

‘Gimana kalau nanti saya dicap sombong atau tidak setia kawan?’

Hidup itu keras, man. Kita tidak bisa menyenangkan semua orang. orang yang kerjaannya menghibur saja terkadang juga memiliki haters. Jadi, kita harus bisa mengklarifikasi dengan jelas. Tujuan hidupmu itu mau ke arah mana? Dan tidak semua teman itu bisa diajak maju.

Ada teman yang hobinya cuma main-main, ada teman yang hobinya cuma iseng-iseng, dan ada juga teman yang hobinya cuma happy-happy. Jadi kalau anda ajak having fun, dia pasti datang. Ada juga teman yang suka kalau diajak olahraga bareng, tapi dia gak berminat kalau diajak membangun bisnis bersama.

Konten ini ditujukan untuk orang yang mau maju dan membangun masa depan bersama, bukan untuk having fun.

 

3. Si tukang kritik

Kemudian ciri manusia toxic yang ketiga ini adalah si tukang kritik. Manusia ini setiap kaliketemu pasti ada aja yang dikritik. Entah itu dikatain bajumu jelek lah, sepatu murahan lah, merek KW lah. Intinya, ada aja yang disalahin. Dikatain mobilmu bau lah, rumahmu sudah lama gak dicat lah, kotor. Enak gak sih punya teman seperti ini?

 

4. Si manipulator

Kemudian ciri manusia toxic yang keempat adalah si manipulator. Ini adalah ciri manusia yang integritasnya sangat rendah. Ia tidak memiliki kejujuran. Manusia tipe keempat ini adalah manusia yang sangat tidak bisa dipercaya. Dikasih uang 100 ribu untuk beli bensin, waktu balik notanya gak ada, alasannya sudah diisi full. Namun ternyata dimanipulasi, bensinnya hanya dibelikan 50 ribu, sisanya diembat. Gimana mau betah berteman dengan jenis orang yang seperti ini? Gimana kita mau mempertahankan karyawan yang seperti ini? Pasalnya, ia tidak memiliki kejujuran. Teman seperti ini toxic banget, anda harus hati-hati.

 

5. Si drama queen

Kemudian ciri manusia toxic yang kelima adalah si drama queen. Si ratu drama ini seringkali memiliki perilaku yang sangat berbeda dengan kehidupannya sehari-hari. Si drama queen ini terkadang di social media seperti sosialita, tetapi pada kenyataannya berbeda. Ia adalah orang yang pandai bermain watak dan karakter.

Orang-orang seperti ini terlihat baik di depan anda, baik juga di depan orang lain. Jadi dia ngomongin keburukannya orang lain di depan anda, namun dia juga ngomongin keburukan anda di depan orang lain. Berhati-hatilah dengan si drama queen. Karena kita tidak ahu apa tujuannya di balik itu semua.

 

6. Si tukang narsis

Kemudian ciri manusia toxic yang keenam adalah si tukang narsis. Intinya, ia adalah tiper orang yang haus akan pujian dari orang lain. Memang tidak salah jika manusia itu membutuhkan pujian, karena media sosial itu diciptakan juga karena orang butuh dipuji, atau istilahnya ‘tempat pamer’.

Yang dimaksud itu pamer apa? Pamer kemesraan, pamer kebahagiaan, pamer pacar, atau pamer kekayaan. Intinya, banyak yang dipamerkan di media sosial. Akan tetapi, si narsis ini biasanya memiliki indikator standar kehidupan yang harus diakui oleh orang lain.

Terkadang, orang yang narsis itu baperan. Ketika ia merasa hidupya tidak kunjung maju, maka akhirnya ia akan menjadi manusia yang sangat ‘brutal’. Bahkan, kemungkinan ia memiliki dua kepribadian yang berbeda. Jika tidak mendapatkan pujian, dia akan marah dan sakit hati. Lebih baik manusia seperti ini anda tinggalkan.

 

7. Si tukang ngatur

Kemudian ciri manusia toxic yang ketujuh adalah si tukang ngatur. Berteman dengan di tukang ngatur ini gak enak banget, karena anda harus menuruti kemauan dia.

Misalkan :

“Hari ini mau makan dimana? Gimana kalau restoran A?”

“Jangan deh, restoran itu gak enak! Yang enak itu di restoran B!”

Si tukang ngatur ini juga bisa menjadi problem. Pasalnya, dia cuma mau didengar tapi tidak mau mendengarkan perkataan orang lain.

 

8. Si iri

Kemudian ciri manusia toxic yang kedelapan adalah si iri. Ini adalah jenis manusia yang setiap harinya suka julidin orang, kepoin Instagramnya orang, atau bahkan menuliskan komentar negatif. Intinya, orang yang iri itu memiliki penyakit hati. Atau bisa juga disebut juniper : Julid, Nyinyir, Baper.

Si iri ini mewarisi ketiga penyakit hati tersebut. Setiap harinya ia itu hanya iri dengan keberhasilan orang lain. Iri dengan orang kemesraan orang lain, iri lihat orang yang punya pekerjaan lebih baik. si iri ini sudah memiliki karakter tidak baik yang seharusnya anda hindari. Anda tidak akan bisa maju, namun justru mundur karena orang sejenis ini.

Padahal, anda menonton channel saya ini tujuannya agar bisa maju. Jika anda berkumpul dengan si iri, anda justru mengalami kemunduran. Sahabat SB30 adalah orang yang mau maju dan mau menerapkan apa yang saya ajarkan disini.

Itulah sebabnya saya mendirikan Komunitas YES yang mengajak anda agar bisa maju, bagi anda para pengusaha muda yang ingin maju. Dan kami tidak memaksa ana bergabung. Namun jika anda ingin maju, kami akan didik anda menjadi reseller dan pengusaha melalui platform yang sangat tepat.

Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here