Home Bisnis 8 Jenis Aset Yang Bisa Membuatmu ULTRA KAYA

8 Jenis Aset Yang Bisa Membuatmu ULTRA KAYA

0
4

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten memberikan edukasi serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan.   

Di topik kali ini, saya akan kembali memberikan edukasi finansial untuk anda, khususnya tentang jenis-jenis aset. Anda harus  tahu bahwa kebanyakan orang sukses itu lahir karena memiliki aset. Jika anda ingin sukses tetapi anda tidak memiliki aset, ini jelas pemikiran yang keliru. Karena selain dari pekerjaan anda, aset itu dapat menghasilkan income.

Apabila anda bekerja, pekerjaan anda itulah yang menghasilkan gaji. Pemikiran mayoritas orang di muka bumi ini memang seperti itu. Namun, tahukah anda? Hanya ada 10% golongan orang saja yang bekerja untuk membangun aset. Dan aset itulah yang menjadikan mereka orang yang sukses.

Jadi, judul kali ini adalah : “8 Jenis Aset Yang Bisa Membuatmu ULTRA KAYA”.

Anda ingin tahu apa sajakah 8 jenis aset tersebut?

Sebelum anda membaca artikel ini lebih lanjut, sebaiknya anda tonton dulu video saya sebelumnya. Yaitu : “Bagaimana Cara Untuk Memahami 5 Cara Kerja Uang Agar Anda Bisa Kaya Raya”. Jika anda tidak memahami cara kerja uang atau cashflow, maka uang yang anda hasilkan setiap bulannya akan habis begitu saja.

Untuk bisa menjadi seseorang yang kaya raya, maka anda harus memahami cara kerja uang dengan menyimpan sebagian uang anda dalam bentuk aset. Dan disini, saya akan membahad tentang 8 jenis aset yang bisa membuat anda menjadi ulttra kaya.

Jadi, jenis aset yang pertama adalah uang cash atau tunai.

Uang tunai ini penting sekali. Karena kita pasti sering membutuhkan uang tunai untuk membayar biaya kehidupan sehari-hari. Jika anda tidak memiliki uang tunai, ini juga menjadi masalah. Aset tunai ini juga penting walaupun tidak menjadi aset utama.

Produk yang paling cocok untuk aset tunai itu biasanya adalah tabungan deposito. Namun yang saya anjurkan disini bukan menabung deposito, melainkan menabung saham.

Lalu, jenis aset yang kedua adalah aset rumah.

Robert Kiyosaki mengatakan bahwa rumah itu bukanlah aset, melainkan liability. Sudut pandang beliau ini tidak salah. Karena apabila anda berinvestasi berupa rumah, maka rumah tersebut harus anda rawat. Rumah itu tidak bisa menghasilkan passive income dan perlu biaya renovasi dan disewakan, barulah menghasilkan passive income. Itulah statement beliau.

Terkadang, ongkos renovasi jika dibandingkan dengan biaya sewa rumah tersebut tidak sebanding. Kemungkinan, anda hanya akan mendapatkan capital gain dari naiknya harga tanah, bukan dari harga sewa.

Akan tetapi, di Indonesia ini rumah masih bisa dikategorikan sebagai aset. Mengapa? Karena Robert Kiyosaki mengatakan hal di atas berdasarkan ekonomi Amerika. Akan tetapi, Indonesia ini merupakan negara berkembang. Di daerah pinggiran kota maupun kota besar, harga rumah itu masih lumayan mahal.

Jadi menurut saya, nomor satu aset yang harus anda miliki itu adalah rumah. At least, setidaknya anda harus memiliki rumah pribadi. Bukan ketika anda punya uang lebih, anda belikan rumah lagi dan lagi. Jadi, rumah itu juga termasuk salah satu aset. Rumah pribadi ya, bukan ngontrak..

Lalu, jenis aset yang ketiga adalah obligasi atau peminjaman uang.

Obligasi di Indonesia ini disebut dengan ORI, Obligasi Retail Indonesia yang memberikan jaminan imbalan yang lebih besar daripada deposito.

Jenis aset yang keempat adalah stock market atau pasar saham.

Saya juga mulai menabung saham dan memberikan edukasi tentang saham sejak saya mengundang Pak Tony kemarin. Silahkan anda tonton videonya. Yaitu “Bagaimana Orang yang Memiliki Kekayaan 500 Trilliun Hanya dengan Hasil Penjualan Rokok”. Ada juga yang memiliki kekayaan 75 triliun hanya dari berjualan Indomie. Silahkan anda tonton video tersebut untuk mengedukasi diri anda sendiri tentang cara menabung saham.

Lalu, jenis aset yang kelima adalah brand.

Jadi, brand itu juga bisa membuat anda menjadi ultra kaya. Karena apa? Karena brand itu seperti magnet. Anda itu dikenal sebagai apa?

Misalkan ketika anda bekerja di kota, anda dikenal sebagai pemilik sebuah agen properti yang terkenal. Jika orang di seluruh kota itu mengenal anda, itu artinya anda dianggap sebagai seseorang yang memiliki brand, bahwa anda itu adalah seorang agen properti.

Misalkan ketika seseorang ingin membeli mie, maka biasanya yang diingat adalah “saya ingin beli indomie”. Itu artinya, Indomie itu sudah memiliki brand. Misalkan anda sudah terpikir Indomie, maka biasanya anda tidak ingin membeli mie dengan merek lain.

Oleh sebab itu, brand ini sangatlah penting. Brand inilah yang membuat anda mendapatkan passive income.

Lalu, jenis aset yang keenam adalah komoditi.

Jika anda memiliki sebuah komoditi atau produk, maka produk tersebut bisa anda perjualbelikan. Jadi apabila seseorang memiliki produk, maka bisa dipasarkan di sektor komoditi juga.

Lalu, jenis aset yang ketujuh adalah Royalti.

Misalkan anda memiliki label, membuat musik, atau anda membuat film, maka anda bisa mendapatkan royalti dari hasil karya anda, meskipun tidak banyak. Karena di zaman sekarang ini sudah ada banyak sekali yang versi bajakan.

Bisa juga dari penjualan kaos atau merchandise dari tokoh terkenal.  Ini merupakan salah satu aset dari orang ultra kaya. Meskipun pemilik karya tersebut sudah meninggal, namun keluarganya masih bisa mendapatkan royalti. Itulah sebabnya hal ini juga menjadi passive income bagi mereka.

Begitu pula dengan Bruce Lee. Istri dari Bruce Lee dan putrinya juga menerima royalti dari film Bruce lee yang serig ditayangkan.

Lalu, jenis aset yang kedelapan adalah konten.

Jadi, konten di social media itu juga sangat penting. Baik itu konten di YouTube, Instagram, atau platform social media manapun. Jadi, konten yang anda buat itu juga akan membuat diri anda itu dicari. Jadi ketika seseorang ingin mendapatkan informasi apapun, orang akan mencari anda.

Contohnya adalah channel Success Before 30. Jika anda mencari tentang topik bisnis dan finansial, anda pasti subscribe channel ini.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Apa yang saya jelaskan disini saya sadur dari buku Abraham Maslow yang saya baca beberapa tahun lalu dan saya rangkum memlalui video ini.

Semoga apa yang saya jelaskan kali ini dapat anda pahami, dan sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here