Alasan Pentingnya Penggunaan Hashtag Dalam Kegiatan Bisnis

0
205
Alasan Pentingnya Penggunaan Hashtag Dalam Kegiatan Bisnis - Hashtag

Hashtag sendiri merupakan suatu kata kunci yang ditulis tanpa menggunakan spasi, dimana ada simbol tagar (#) yang teradapat di depan kata kunci tersebut. Misalnya saja #SuccessBefore30. Hashtag ini sendiri nantinya akan mengikat percakapan publik dari seluruh pengguna yang berbeda ke dalam satu aliran.

Hashtag seringkali digunakan untuk mengelompokkan konten-konten suatu media sosial ke dalam suatu topik yang spesifik. Hal ini akan memudahkan para audiens lebih mudah menemukan konten yang mereka suka di media sosial. Saat ini hampir seluruh media sosial memiliki hashtag untuk memudahkan dan memenuhi kebutuhan para penggunanya. Selain itu, terdapat berbagai macam jenis hashtag seperti hashtag trending atau yang sedang ramai dan banyak diperbicangkan, hashtag industri yang mewakili suatu industri tertentu, hashtag brand yang mewakili suatu brand itu sendiri, dan lain sebagainya.

Hashtag memiliki manfaat yang sangat penting untuk mendukung suatu kegiatan bisnis maupun kegiatan promosi suatu brand. Berikut beberapa manfaat hashtag yang menjadikan penggunaan hashtag penting dalam kegiatan bisnis:

1. Memudahkan konten marketing ditemukan audiens

Hashtag seringkali digunakan untuk mengelompokkan suatu konten di media sosial. Hal ini akan membantu kegiatan atau konten marketing kamu lebih mudah ditemukan oleh para target market yang ingin kamu tuju. Sehingga kegiatan pemasaran kamu akan lebih tepat sasaran dan menjangkau pasar dengan lebih luas lagi.

2. Meningkatkan brand awarness

Suatu brand tentunya perlu memiliki karakteristik atau ciri tersendiri yang unik dan berbeda dengan brand lainnya. Dimana penggunaan hashtag ini sangat bermanfaat serta menjadi salah satu kegiatan promosi yang efektif untuk meningkatkan brand awarness kepada masyarakat secara luas. Dengan penggunaan hashtag ini para non-followers juga akan lebih mudah untuk mengetahui konten maupun brand yang kamu miliki.

3. Meningkatkan engagement

Penggunaan hashtag akan membantu untuk audiens tertarik berinteraksi di dalamnya. Sehingga hal ini akan mengarahkan adanya keterlibatan yang lebih besar bagi para audiens seperti peningkatan like, share, comment, dan follow. Fakta di lapangan juga menyebutkan bahwa postingan instagram yang menggunakan hashtag memperoleh engagement lebih tinggi sekitar 12% daripada yang tidak menggunakan hashtag.

4. Memudahkan promosi

Hashtag tentunya juga dapat digunakan oleh pelanggan atau para audiens. Para audiens mungkin akan memberikan review mengenai suatu brand atau produk dengan menggunakan hashtag tertentu atau hashtag dari brand tersebut. Alhasil review yang dilakukan oleh para audiens tersebut akan membantu memudahkan para pengguna lainnya untuk mengetahui dengan lebih jelas serta mendetail terkait produk atau brand. Hal ini juga akan memudahkan kegiatan promosi mengingat para calon pelanggan akan lebih mudah percaya terhadap review atau apa yang disampaikan oleh pelanggan lain, khususnya orang terdekat mereka karena menganggap tidak ada kepentingan disitu.

Hashtag menjadi salah satu kompenen yang sangat penting dalam suatu kegiatan bisnis, khususnya kegiatan promosi. Gunakanlah hashtag secara agar kegiatan promosi bisnis kamu menjadi lebih efektif. Semoga bermanfaat!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here