Anti Bangkrut! Inilah 6 Cara Mudah Jualan Online Bagi Pemula

0
57

SB30 – Sebagai pemula, pastinya anda harus menentukan dulu bisnis apa yang ingin anda jalankan. Apabila sebelumnya anda sudah memiliki usaha offline, apakah anda ingin mempromosikan usaha anda tersebut melalui jaringan internet? Jika jawabannya adalah YA, maka anda perlu memperhatikan beberapa cara mudah jualan online bagi pemula berikut ini!

Untuk tahap awal, anda bisa mempelajari dahulu tentang dasar-dasar bisnis online atau yang biasa disebut internet marketing. Anne Ahira, seorang legend internet marketing menjelaskan secara detil tentang hal tersebut dalam dua fungsi, yakni place of promoting dan source of income.

 

1. Place of promoting

Place of promoting adalah menggunakan internet untuk mempromosikan produk yang anda jual. Misalkan anda memiliki usaha rumah makan, maka anda bisa membuat sebuah blog dengan kata kunci yang tepat untuk mempromosikan rumah makan anda. Dengan begitu, anda akan mendapatkan lebih banyak customer.

 

2. Source of income

Kemudian yang kedua adalah source of income. Yakni menggunakan internet sebagai sumber penghasilan. Ada banyak cara untuk pebisnis pemula agar bisa mendapatkan penghasilan dari internet.

Antara lain dengan membuat blog atau website yang menarik agar anda bisa mendapatkan banyak traffic atau pengunjung. Setelah mendapatkan banyak pengunjung, blog atau website tersebut bisa dimonetize dan mengikuti program afiliasi iklan. Dengan partner bisnis atau usaha lain, serta perusahaan online advertisement.

 

3. Cobalah menjual produk orang lain dulu

Sebelum membuat produk sendiri, ada baiknya anda berlatih untuk menjual produk orang lain terlebih dahulu. Karena pada tahap pengusaha pemula, anda akan belajar bagaimana cara untuk menawarkan suatu produk kepada orang lain agar mereka tertarik untuk membeli produk tersebut. Apabila anda sering berinteraksi dengan customer atau pelanggan, maka itu artinya anda sedang belajar menaikan engagement pada branding diri anda sendiri.

 

4. Merekrut tim terbaik

Apabila diri anda sudah cukup mahir dalam melakukan dropshipper sendiri, barulah anda melanjutkan ke step selanjutnya, yakni merekrut tim. Belajarlah untuk membuat management tim yang solid dan loyal, mereka yang benar-benar bisa bekerja sama dengan anda dan membangun bisnis startup yang sedang anda rintis.

 

5. Menciptakan brand sendiri

Apabila anda sudah yakin untuk melangkah ke tahap selanjutnya, maka cobalah untuk membuat produk sendiri dengan sebuah brand yang khas. Mulailah dengan usaha yang sesuai dengan passion anda. Bangunlah sebuah bisnis tentang apa yang anda suka dan anda kuasai, dan jangan mengikuti bisnis yang hanya trend sesaat.

6. Melakukan promosi di media sosial

Jika anda memilih untuk jualan online, itu artinya anda harus aktif melakukan promosi dengan memanfaatkan marketplace maupun media sosial. Ini merupakan cara yang tepat untuk memperkenalkan produk anda. Anda dapat membuat akun jualan online di Facebook, Instagram, Twitter, serta melakukan promosi di YouTube. Selain itu, anda bisa memanfaatkan aplikasi e-commerce yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak dan lain-lain.

Sahabat entrepreneur, pertahankan motivasi dan semangat anda! Karena menjalankan sebuah bisnis itu ibaratkan anda sedang lari marathon,bukan lari sprint.

Anda membutuhkan banyak waktu dan tenaga agar bisnis startup yang anda bangun bisa tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selamat mencoba!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here