Apa Saja Pengetahuan Terkait Finansial yang Perlu Kita Pahami?

0
159

SB30– Sahabat entrepreneur, pengetahuan keuangan pribadi itu penting untuk meningkatkan kekayaan. Sekecil apapun penghasilan, akan tetap bermanfaat dan dapat meningkatkan kekayaan jika anda menguasai ilmu ini.

Berikut ini adalah beberapa pengetahuan terkait finansial yang perlu anda pahami :

1. Pahami tentang inflasi

Pengetahuan keuangan nomor satu, yakni pahami tentang inflasi. Bahwa jika anda haya menyimpan uang anda dalam bentuk deposito, maka uang anda tidak akan bertambah. Atau bahkan, nilai tukar uang anda justru menurun karena inflasi Itulah sebabnya, anda perlu mencari tahu instrumen-instrumen investasi apa saja yang perlu anda lirik agar kekayaan anda ‘aman’ dari gerusan inflasi.

 

2. Pendapatan tinggi didapat dari kelangkaan

Kemudian pengetahuan nomor dua, yakni pendapatan tinggi didapat dari kelangkaan. Semakin langka keahlian anda, maka semakin banyak yang membutuhkannya, dan semakin tinggi pula penghasilan anda.

Jika penghasilan anda rendah, maka cara meningkatkannya adalah dengan mempelajari skill baru yang dibutuhkan oleh orang-orang yang bersedia membayar skill tersebut. Ini memang pelajaran yang tak mudah, karena terkadang kita belum memahami pekerjaan apa yang sedang trend hari ini dan di masa depan.

 

3. Pengetahuan defensif

Pengetahuan ketiga, yaitu mengingat tidak jelasnya pekerjaan yang sedang trend. Kita perlu pengetahuan defensif. Pengetahuan untuk tidak berhutang, dan tidak menghabiskan penghasilan dengan mudah (konsumtif). Berhutanglah hanya untuk usaha yang sudah jalan dan butuh ekspansi. Jika kondisi finansial anda dirasa belum aman, maka hutang rumah belum perlu anda lakukan, karena anda masih bisa kontrak.

 

4. Pelajari tentang reksadana

Lalu pengetahuan keempat, yaitu reksadana adalah teman bagi kita. Saham memakan waktu untuk dikelola, dengan hasil yang tidak begitu signifikan jika modal kita kecil. Dari modal 100 juta, harapan realistis adalah 10–20 juta keuntungan setahun dari saham.

Tidak berbeda jauh dengan reksadana yang bahkan bisa menghasilkan 7–15 juta setahun dengan modal yang sama. Lebih baik, waktu yang ada kita gunakan untuk bekerja, menambah penghasilan. Terkecuali, anda sudah memiliki modal yang sangat besar untuk menanam saham.

 

5. Asuransi kesehatan itu penting!

Pengetahuan kelima, yakni bahwa asuransi kesehatan itu penting. Tahukah andab bahwa sakit bisa membuat miskin? Penyakit yang bisa mengancam kekayaan dengan probabilitas yang besar adalah: kanker, sakit jantung, gagal ginjal dan stroke.

Jika anda ingin memiliki asuransi kesehatan swasta, cukup cover keempat hal ini saja sehingga premi lebih murah. Atau jika ingin asuransi yang jauh lebih murah, anda bisa memakai asuransi dari pemerintah, yaitu BPJS.

Semoga bermanfaat.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here