Apa Yang Harus Anda Lakukan dengan Gaji 3 Juta Sehingga 3 Tahun Kemudian Anda Bisa Mempunyai Mobil?

0
2

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/oQqzt2PlG5E” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Klik disini untuk melihat videonya

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Saya ucapkan selamat datang di channel SB30. Kali ini saya akan membahas tentang masalah pendidikan finansial, khususnya bagi karyawan yang memiliki gaji 3 juta. Entah anda itu karyawan, dropshipper, reseller, atau apapun pekerjaan anda.

Intinya jika anda bergaji 3 juta, maka apa yang anda lakukan dengan uang 3 juta tersebut sehingga 3 tahun kemudian anda bisa mempunyai mobil?

Tetapi disini saya belum menyebutkan mobil yang harganya berapa. Yang terpenting itu anda punya mobil dulu.

Jadi ketika sudah terkumpul uang sebesar 36 juta, uang tersebut bisa anda gunakan untuk Down Payment. Jadi, ini dengan asumsi anda mencicil mobil tersebut.

“Wah, saya pikir cash pak!”

Tidak ada yang tidak mungkin. Dengan gaji 3 juta, anda juga bisa membeli mobil secara cash. Jadi, anda harus Down Payment dulu untuk memenuhi syarat memiliki satu unit mobil. Jadi, uang anda 36 juta digunakan untuk DP dulu. Tetapi, anda masih punya tanggungan 65 juta sekian. Lalu ketika kredit mobil, anda dikenakan bunga selama 3 tahun. Jika anda angsur selama 3 tahun 1 bulan, maka anda harus terbiasa mencicil sekitar 1-1,5 juta setiap bulannya. Maka saya yakin selama 3 tahun, 65 juta itu akan lunas. Karena anda sudah biasa menyisihkan 1 juta Rupiah dari gaji anda.

Pada video kali ini saya memang menekankan how to save your money, 1 million every month. Bagaimana anda bisa ‘menyelamatkan’ 1 juta setiap bulannya. Saya tidak pakai kata ‘menabung’ lagi, karena percuma saya menyuruh anda menabung jika akhirnya anda tetap tidak menabung. Jadi, saya memakai kata ‘menyelamatkan’. Jika dengan gaji 3 juta saja anda tidak bisa menyelamatkan 1 juta, bagaimana anda bisa memiliki mobil? Anda bekerja keras selama 3 tahun itu mubadzir.

Ingat pesan saya : setiap bertambah hari, anda itu bukan semakin muda. Tetapi anda justru bertambah tua.

Ketika anda sudah bertambah tua, maka di waktu itu juga kebutuhan anda akan semakin meningkat. Banyak orang yang berkata begini terhadap saya : “Pak, gaji saya sudah 3 juta. Tetapi mengapa saya tetap tidak bisa menabung? Mengapa uang saya selalu habis?”. Itu karena anda menganggap gaji anda 3 juta. Itulah problemnya. Anda tidak pernah menganggap gaji anda 2 juta. Ini masalah asumsi dan mindset.

Jika gaji anda 3 juta, maka anggaplah gaji anda itu 2 juta. Yang 1 juta itu harus anda hilangkan.

Saya ingin bercerita tentang mengapa di Indonesia harus diajarkan hal ini. Karena Indonesia adalah negara berkembang. Kalau di negara maju, gaji anda yang sebagian itu sudah diambil oleh pemerintah. Dan pemerintah yang menabung masalah finansial anda sehingga anda tidak perlu repot-repot menabung untuk masa tua. Masalahnya, kita tinggal di Indonesia. Seluruh gaji anda adalah milik anda, pemerintah tidak mengambilnya untuk tabungan anda.

Kalau di Amerika, jika seseorang memiliki gaji dengan angka tertentu, uang anda akan diambil sebagian. Misalkan gaji anda 3 juta, yang 1 juta akan diambil. Jadi, pemerintah yang mengatur masalah finansial anda untuk masa tua anda. Misalkan yang 200 ribu untuk asuransi, kalau di Indonesia seperti BPJS. Sehingga ketika anda sakit, anda bisa menggunakan dana tersebut sehingga anda tidak perlu mengeluarkan dana pribadi. Kalau di Indonesia, anda harus mencicilnya dengan uang anda sendiri. Kemudian, mungkin yang 200 ribu lainnya untuk dana pensiun. Jadi, dana pensiun anda diambil dari gaji anda selama bekerja dulu.

Kemudian, yang 200 ribu lainnya untuk uang sekolah jika anak pertama anda lahir. Contohnya seperti itu. Silahkan anda tonton video wawancara saya bersama dengan Bapak Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta tentang bagaimana kabupaten badung itu bisa menyediakan rumah gratis untuk rakyatnya. Salah satunya karena beliau punya program dari pemerintah. Termasuk gaji rakyat sudah diambil sebagian untuk tabungan  rakyat.

Jadi, bisa anda bayangkan? Yang pertama untuk asuransi kesehatan, yang kedua untuk dana pensiun, yang ketiga untuk biaya sekolah anak anda. Jadi untuk ketiga hal basic tersebut. Ketika anda sudah pensiun bekerja, anda sudah tidak pusing lagi dengan pengeluaran tersebut karena sudah diatur oleh pemerintah. Saya membuat video ini untuk mengedukasi masyarakat Indonesia. Karena apa? Karena pemerintah tidak punya program seperti itu, sehingga anda harus membuat program sendiri.

Sahabat entrepreneur, mulai sekarang mindset anda harus diperbaiki lagi.

Jadi apabila gaji anda 3 juta, anggaplah gaji anda 2 juta. Yang 1 juta silahkan anda tabung. Anggap saja uang tersebut hilang. Saya jamin, dalam 3 tahun anda bisa memiliki mobil.

Sahabat entrepreneur, demikian video saya kali ini. Dan pengetahuan finansial ini juga berlaku untuk kebutuhan anda yang lain. Jadi, anda jangan hanya bekerja banting tulang, tetapi tidak ada hasilnya. “Berarti bapak mengajari kita untuk pelit dong?”. Bedakan antara pelit dengan hemat yaa.. Bedakan antara pelit dengan paham masalah finansial.

“Pak, masalahnya dengan gaji 3 juta itu terkadang yang 1 juta dibutuhkan untuk keperluan saya yang lain”. Tidak bisa, ini masalah disiplin. Dan ingat, kebutuhan itu setiap hari pasti muncul. Terkadang juga akan ada keperluan mendesak. Itulah sebabnya uang tabungan anda tidak boleh diutak atik.

Ini prinsip. Ketika anda bisa menyelamatkan 1 juta setiap bulannya, niscaya anda bekerja selama 3 tahun itu akan membuahkan hasil. Anda bisa lihat di kolom comment, ada berapa banyak orang yang hidupnya berubah karena menonton channel SB30. Mereka bisa menabung, bisa punya sawah, punya hewan ternak, dan lain-lain. Sudah ribuan orang yang hidupnya berubah hanya gara-gara konsep utama yang sederhana ini. Yaitu SAVING.

 Semoga video kali ini dapat bermanfaat. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Apa Yang Harus Anda Lakukan dengan Gaji 3 Juta Sehingga 3 Tahun Kemudian Anda Bisa Mempunyai Mobil?

Apa Yang Harus Anda Lakukan dengan Gaji 3 Juta Sehingga 3 Tahun Kemudian Anda Bisa Mempunyai Mobil?

Sahabat entrepreneur, kali ini saya akan membahas tentang masalah pendidikan finansial, khususnya bagi karyawan yang memiliki gaji 3 juta. Entah anda itu karyawan, dropshipper, reseller, atau apapun pekerjaan anda.

Intinya jika anda bergaji 3 juta, maka apa yang anda lakukan dengan uang 3 juta tersebut sehingga 3 tahun kemudian anda bisa mempunyai mobil?

Leave a Reply