Apakah Saya Sudah Di JALAN YANG BENAR?

0
3

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/zrv1mLnZfb8″ frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Klik disini untuk melihat videonya 

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Saya tahu anda sedang bimbang dan galau. Anda ingin menentukan masa depan anda kemana. Tetapi ada satu pertanyaan saya : Apakah saya berada di jalan yang benar?

Banyak anak muda khususnya di bawah 20 tahun yang sering konsultasi dengan saya. Di kolom comment juga sudah terbukti. E-mail yang masuk juga banyak. Contoh : “Pak, saya berusia 17/18 tahun. Apa yang harus saya lakukan? Saya punya uang segini, saya juga sudah lulus sekolah. Apakah saya perlu lanjut kuliah? Apakah sya perlu ini dan itu?”

Sahabat entrepreneur,  saya bukan malaikat yang bisa menjawab semua pertanyaan anda. Saya juga bukan paranormal. Saya jugabukan Roy Kiyoshi. Jadi intinya, hari ini saya ingin memberikan tips. Bahwa ketika anda berdoa tetapi belum mendapatkan jawaban, misalkan : ‘apakah saya sudah berada di jalan yang benar atau tidak’, ciri khasnya adalh seperti ini.

Nomor satu, tentukan dengan jelas kemana anda ingin pergi.

Kalau ingin kuliah, ya kuliah. Jika sekarang anda sudah bekerja, ya bekerjalah dengan giat. Tetapi saya ingin memberitahu bahwa anda tidak selamanya bekerja di perusahaan itu. Jika anda kuliah, belum tentu mata kuliah anda itu cocok dengan masa depanmu. Tetapi, kita juga tidak tahu masa depan anda akan seperti apa.

Yang pasti kemanapun anda pergi, tentukanlah goals yang jelas.

Misalkan impian anda. Jadi seperti ini.. Saya menjadi dokter itu bukan karena tujuan hidup. Saya menjadi pengusaha itu bukan karena tujuan hidup. Saya menjadi manager juga bukan karena tujuan hidup. Tujuan hidup saya adalah punya rumah. Itu adalah tujuan hidup. Saya ingin punya mobil agar merasa lebih nyaman. Itu adalah tujuan hidup. Saya ingin punya deposito ratusan juta. Itu adalah tujuan hidup. Saya ingin membangun tempat ibadah. Itu adalah tujuan hidup. Saya ingin keliling dunia sebelum berusia 30 tahun. Itu adalah tujuan hidup.

Tetapi sebelum tujuan hidup ini tercapai, di tengah jalan anda menjadi dokter, menjadi pengacara ataupun notaris, tu terserah anda. Yang terpenting, tujuan hidup anda itu sudah jelas mau kemana. Jadi wahai anak muda, jangan pernah menghilangkan impianmu. Tetapkan impianmu dengan jelas. Banyak jalan menuju kesana. Anda bisa menjadi notaris, bisa menjadi karyawan, bisa menjadi pengacara, bisa menjadi dokter, you ca be everything. Intinya, goals anda itu tidak boleh ditarik. Tujuan anda itu sudah jelas, jadi jangan pernah mundur dari tujuan anda.

Jika anda bertanya : “Pak, apakah saya berada di jalan yang benar?”

Saya tidak tahu. Tetapi saya ingin memberitahu anda : Jangan pernah melepas impian anda. Itu saja. Jadi, impian anda itu sudah jelas. Misalkan : ‘Saya ingin memberangkatkan kedua orang tua saya umroh”. Itu tujuan yang benar, caranya adalah dengan terus berjuang.

Jadi, di dalam hidup ini kita tidak akan pernah tahu apakah anda itu sudah benar atau tidak. Saya kesal jika ada anak muda yang bertanya tentang masalah ini terus. Jangankan anak muda, yang sudah menikah saja masih tidak jelas apa tujuan hidupnya. Apakah goals anda sudah tercapai?

”Loh pak, saya sudah punya rumah dan mobil. Sandang, pangan dan papan saya sudah terpenuhi. Saya juga sudah keliling dunia. Lalu, tujuan hidup saya apa?”.

Mungkin anda ingin bermanfaat bagi orang lain. Mungkin anda ingin membangun tempat ibadah. Mungkin anda ingin mendirikan yayasan. Intinya, hidup anda itu harus selalu mempunyai tujuan. Jika hidup anda selalu mempunyai tujuan, niscaya anda sudah berada di jalan yang benar. Saya selalu berkata bahwa hidup anda itu harus selalu mempunyai tujuan. Ketika hidup anda memiliki goals, anda sudah mempunyai impian menuju kesana, maka jangan pernah mundur. Capailah impian anda. Saya percaya bahwa anda sudah berada di jalan yang benar.

Jika anda berkata bahwa anda masih bingung, disinilah masalah anda.

Itu karena anda selalu mendengarkan apa kata orang lain. Mengapa anda meletakkan harapan anda pada orang lain? Jika anda mendengarkan apa kata orang lain, maka tidak akan pernah ada habisnya. Jika ada sepuluh orang yang berbicara, maka mereka semua pasti memiliki pendapat masing-masing. Misalkan anda bertanya pada 10 paranormal, pasti jawaban mereka berbeda-beda. Lalu, anda mau percaya dengan paranormal yang mana?

Ketika anda bertanya tentang pelajaran pada guru-guru anda dan jawabannya berbeda-beda, anda pasti bingung. Karena itu, carilah guru yang benar. Cari guru yang berkompeten dan sudah terbukti sukses. Saya percaya, hidup anda akan berada di jalan yang benar.

Jadi ketika anda bertanya apakah anda sudah berada di jalan yang benar, saya tidak tahu. Tetapi yang perlu anda tahu, jangan pernah melepas impian anda. Ada banyak cara menuju impian anda. Jalani saja.

“Pak, saya bekerja di tempat ini sudah benar atau tidak?”

“Pak, saya bekerja sebagai notaris. Tetapi katanya notaris itu tidak berprospek”

Kata siapa? Notaris yang sukses ada banyak kok.

“Pak, katanya dokter gigi itu tidak berprospek”

Dokter gigi yang punya rumah mewah ada banyak kok.

“Pak, katanya menjadi Sarjana Hukum itu tidak berprospek”

Teman kita yang seorang lawyer, Hotman Paris itu berhasil kok.

Kita tidak bisa mengatakan bahwa diri kita itu sudah berada di jalan yang benar atau tidak, kecuali anda terus melakukannya.

Ada berapa banyak orang yang kuliah untuk menjadi sekretaris, tetapi akhirnya tidak menjadi sekretaris? Ada berapa banyak orang yang kuliah kedokteran, tetapi akhirnya setelah tamat dia tidak menggunakan gelar dokternya? Dia justru banting setir ke profesi lain. Ada berapa banyak orang yang kuliah jurusan ekonomi, tetapi akhirnya kuliah lagi di jurusan teknik sipil? Ada berapa banyak orang yang kuliah jurusan teknik sipil, tetapi akhirnyasetelah tamat dia tidak menjadi kontraktor? Banyak..!

Kita tidak akan pernah tahu apakah anda berada di jalan yang benar atau tidak, kecuali anda terus melakukannya.  Ingat, tujuan hidup anda bukan teknik sipil. Tujuan hidup anda bukan menjadi insinyur. Tujuan hidup anda bukan menjadi arsitektur. Itu hanyalah batu loncatan menuju tujuan hidup anda. Itu pesan saya. Jadi, apakah anda berada di jalan yang benar atau tidak? Coba tuliskan impian anda di kolom comment. jika impian anda sudah jelas, maka anda sudah berada di jalan yang benar.

Sahabat entrepreneur, demikian video saya kali ini. Semoga dapat menginspirasi anda. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Apakah Saya Sudah Di JALAN YANG BENAR?

Apakah Saya Sudah Di JALAN YANG BENAR?

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa..!! Saya tahu anda sedang bimbang dan galau. Anda ingin menentukan masa depan anda kemana. Tetapi ada satu pertanyaan saya : Apakah saya berada di jalan yang benar?

Leave a Reply