Berikut Ini Adalah 5 Prinsip Menabung yang Perlu Kamu Ketahui

0
203

SB30– Sahabat entrepreneur, prinsip menabung itu harus disesuaikan dengan rencana dan juga memiliki tekad yang kuat. Jika anda hanya menabung apa yang tersisa di akhir bulan, maka pada akhirnya hanya akan membuat kita jalan di tempat. Mengapa?

Karena kita akan selalu melihat barang-barang bagus di marketplace maupun offline store. Selain itu, tentunya akan ada pengeluaran yang nggak perlu-perlu banget seperti smartphone tipe terbaru ataupun brand skincare yang sedang hype. Jadi, akan lebih baik jika anda menabung dulu, baru berbelanja.

Berikut ini adalah beberapa prinsip menabung yang perlu anda ketahui agar anda bisa mendapatkan kebebasan finansial :

 

1. Memahami karakter diri sendiri

Ketahuilah bahwa ada titik dimana kita akan menjadi orang yang sangat boros. Dan ada juga titik dimana kita bisa menghemat uang karena tidak ada kebutuhan yang urgent. Dengan memahami poin-poin tersebut, kita bisa memotong pengeluaran atau berhemat untuk hal-hal yang membuat kita boros.

 

2. Selalu evaluasi keuangan kita

Siapa sih yang rencana hidupnya bisa on track 100 %? Bisa mencapai target 50% saja bisa dikatakan sebuah keberuntungan. Itulah sebabnya kita butuh evaluasi berkala, agar kita mengetahui sudah sejauh mana rencana finansial tersebut berjalan di dalam hidup kita.

 

3. Komitmen

Semua hal di dalam hidup kita tentunya butuh komitmen, terutama dalam masalah finansial. Tujuan dan rencana finansial kita tidak akan berjalan tanpa adanya komitmen dari kita. Pasalnya, mengatur keuangan itu adalah salah satu hal yang paling rumit dalam sejarah. Tanpa komitmen, anda tidak akan bisa mengatur keuangan anda dengan baik.

 

4. Selalu belajar

Saya percaya menabung adalah landasan yang kuat untuk keuangan pribadi kita. Akan tetapi, menabung saja sebenarnya tidak cukup karena inflasi itu selalu ada di depan mata. Dengan belajar soal keuangan, kita diberi kesempatan untuk mengenal cara menabung dalam format berbeda yang membuat kita bisa mengalahkan inflasi tersebut. Istilah dari cara menabung itu adalah investasi.

 

5. Tidak terjebak dalam perilaku konsumtif sekedar untuk dapat pengakuan dari orang lain

Lupakan niat menabung hanya untuk memenuhi keinginan tampil fashionable dan instagramable. Hindari penggunaan kartu kredit hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. Jika terpaksa menggunakannya, usahakan untuk membayar secara penuh dan tepat waktu untuk menghindari tumpukan bunga.

Yang perlu anda ketahui, pilihlah instrumen investasi secara seksama. Jangan mudah tergiur dengan ajakan investasi yang belum kamu pahami secara jelas hanya untuk terlihat keren. Contohnya investasi di Bitcoin dan mata uang virtual lainnya.

Sebelum memutuskan investasi, pelajari dulu tingkat resiko yang ada. Usahakan pula untuk membagi investasi dalam investasi jangka pendek dan jangka panjang. Menabunglah sebesar mungkin, dan berhutanglah sekecil mungkin. Semoga bermanfaat.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here