Berikut Ini Tips Jitu Berjualan Untuk Anda, Seller Pemula di Shopee Part 2

0
131

SB30 – Sahabat entrepreneur, jika sebelumnya anda sudah membaca artikel tentang “Tips Jitu Berjualan Untuk Anda, Seller Pemula di Shopee Part 1” maka berikut ini adalah lanjutan dari artikel tersebut.

Simak tips jitu selanjutnya untuk berjualan di Shopee bagi seller pemula disini!

1. Lakukan update voucher dan promo secara berkala

Ada banyak fitur voucher promo, voucher ikuti toko, voucher diskon dan promo lainnya. Anda harus sering update voucher tersebut agar calon konsumen tertarik untuk mampir di lapak online anda. Anda bisa mengganti produk diskon + update voucher setiap 1 bulan sekali.

Fitur yang ada di shopee ini banyak sekali. Mulai dari gratis ongkir, fitur diskon sampai iklan. Sebisa mungkin, gunakan semua fitur yang disediakan oleh Shopee untuk membuat penawaran anda semakin menarik!

2. Tingkatkan performa balas chat konsumen

Performa seperti balas chat atau pengiriman jangan sampai kena pinalti. Sebisa mungkin, anda harus membalas chat, meskipun hanya memakai stiker.

3. Tidak perlu beli followers shopee

Selain tidak keren, membeli followers itu juga tidak worth it. Percuma jika tojko online anda punya followers seribu jika yang beli jarang-jarang. Intinya, anda harus sabar dan konsisten dengan melakukan berbagai tips jitu lainnya sehingga followers toko anda akan meningkat dengan sendirinya.

4. Gunakan media sosial sebagai sumber traffic

Kunci utama toko laris adalah traffic yang besar. Jadi semakin banyak pengunjung ke toko kita, maka semakin besar peluang terjadinya penjualan. Anda bisa menggunakan FB marketplace, instagram ataupun YouTube.

5. Optimasi toko shopee anda

Optimasi ini sangat penting, supaya anda tidak ikut-ikutan banting-bantingan harga untuk bisa bersaing dengan toko online lainnya. Anda bisa melakukan riset kata kunci, gunakan foto unik, atau anda juga bisa mengiklankan produk anda secara berbayar agar produk anda muncul di pencarian teratas. 

Setelah anda yakin dengan barang yang akan anda jual, maka anda bisa optimasi toko online milik anda dengan mengaktifkan semua fitur promo yang tersedia.

Produk anda wajib memiliki fitur Gratis Ongkir Xtra dan Cashback Xtra untuk lebih memikat calon pembeli. Selain itu, pastikan harga jual yang anda sematkan jangan terlalu ngepress. Beri margin yang agak “lega” untuk anda pangkas lagi di program diskon ini.

Coba anda berikan harga yang kompetitif dan perbanyak variasi produk. Jangan lupa tingkatkan pembelian produk di toko anda dengan cara berikan promosi yang menarik.

Setelah anda melakukan semua itu, bukan berarti serta merta toko anda akan langsung mendapatkan penjualan. Karena anda masih wajib mempromosikan produk anda dengan mendorong produk (gratis tiap 4 jam sekali), fitur iklanku (mulai dari Rp 150 per klik), atau dengan cara share di media sosial.

Anda ingin mencoba beriklan di FB dan IG? bisa juga! Namun pastikan buat dulu landingpagenya, jangan langsung dilempar ke shopee. Pasalnya, tingkat terpentalnya calon pembeli disini tinggi sekali.

Kesimpulan :

Untuk bisa mendapatkan pembelian di marketplace, kita tidak bisa hanya mengandalkan traffic organik dari marketplace tersebut. Kita wajib melakukan Riset, Optimasi Produk (dengan diskon dan promo), Tarik pembeli dengan iklan dan Share di sosial media. Dan jangan lupa, berdoa. Karena kita cuma bisa berusaha, hasilnya bukan atas kehendak kita.

Selain itu, anda juga harus ramah dan sopan ketika membalas chat customer, agar customer merasa nyaman dan melakukan repeat order lagi.

Selain Instagram dan Facebook, anda juga bisa mempromosikan produk andan di Twitter atau Tiktok. Anda juga perlu membuat akun khusus jualan di media sosial lain agar toko online anda terlihat lebih ‘profesional’.

Semoga produk yang anda jual laris manis yaa! Selalu semangat, semoga bermanfaat.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here