Home Bisnis Bongkar !! 3 Pelajaran Penting Financial Yang Tidak Diajarkan Di Sekolah

Bongkar !! 3 Pelajaran Penting Financial Yang Tidak Diajarkan Di Sekolah

0
4

Klik disini untuk melihat videonya

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali berbicara tentang edukasi finansial yang tidak diajarkan di sekolah. Kali ini saya akan membongkar tentang 3 Pelajaran Penting Financial Yang Tidak Diajarkan Di Sekolah.

Memang sejak dulu sekolah mengajarkan kita untuk menabung. Sejak SD, kita pasti terbiasa diajarkan membeli celengan dan menaruh uang koin sisa uang saku kita. Tetapi masalahnya, hal itu hanya diajarkan ketika kita SD. Ketika SMP dan SMA/SMK, kita tidak lagi diajarkan yang seperti ini. Itulah yang membuat habit ini hilang. Padahal, kebiasaan menabung itu sudah diajarkan sejak SD. Namun, guru hanya mengajarkan kita cara menabung yang kecil. Padahal sebenarnya ada 3 ilmu finansial selain menabung di celengan. Dan ilmu inilah yang sangat dianjurkan oleh para miliarder dunia.

Ilmu finansial yang pertama adalah menabung itu sama dengan ‘menyelamatkan’.

Artinya apa? Saya selalu mengajarkan hal ini. Sejak pertama kali saya mengajarkan konten tentang menabung sampai saat ini, bisa dikatakan banyak sekali yang tidak bisa menyelamatkan penghasilannya. Kalau para TKI atau BMI, biasanya uang yang dia kumpulkan digunakan untuk membeli sapi, kambing atau sawah.

Tetapi, mengapa saya menggunakan kata ‘menyelamatkan’? sebenarnya, kata ‘menyelamatkan’ ini lebih ekstrim dari kata ‘menabung’. Karena ‘menyelamatkan’ itu artinya menabung, tetapi tidak boleh diambil kembali. Kalau kata ‘menabung’ dalam persepsi masyarakat Indonesia itu adalah uangnya disimpan, kemudian jika sudah terkumpul, maka dia gunakan kembali. Lalu, kapan uang anda menjadi aset? Kalau lihat celengan, bawaannya pengen dipecah dan menggunakan uangnya. Lalu, kapan uang anda menjadi aset?

Disinilah problemnya. Itulah sebabnya saya berkata lebih baik ‘menyelamatkan’, anggaplah uang tersebut hangus. Jadi ketika uang itu sudah masuk, tidak boleh dikeluarkan lagi.

“Kok kelihatannya jadi orang pelit gitu sih, pak?”

Ya, beginilah ilmu finansial. Barulah aset anda bisa berlipat ganda. Misalkan anda memiliki gaji 3 juta. Anggap saja gaji anda itu 2 juta, yang 1 juta itu harus anda ‘selamatkan’. Jadi, ilmu finansial ala Cahdra Putra Negara ini harus anda terapkan.

Misalkan gaji anda 300 ribu, maka anggap saja gaji anda itu hanya 200 ribu. Dan yang 100 ribu itu harus anda ‘selamatkan’. Jadi, jangan anggap gaji anda full, itulah yang menjadi masalah. Akhirnya belum sampai akhir bulan, gaji anda sudah habis. Karena apa? Karena anda tidak memiliki mindset dengan ilmu finansial ‘menyelamatkan’ ini. Jadi, menabung itu sama dengan menyelamatkan.

Kemudian pelajaran yang kedua ini adalah yang paling penting, yaitu melipatgandakan.

Cara melipatgandakan uang ini adalah dengan berbisnis. Kalau di tempat kami, saya mengajak mereka untuk berbisnis di Komunitas YES, dalam naungan Success Before 30. Saya punya banyak murid yang bisa mengajarkan anda berbisnis. Anda bisa menjadi reseller produk kami jika anda ingin belajar berdagang.

Bagaimana sih cara melipatgandakan uang? Misalkan anda memiliki modal 2 juta, uang tersebut bisa anda putar untuk berdagang. Ketika anda mendapatkan omzet 4 juta, anda putar lagi untuk berdagang sehingga menghasilkan 10 juta. Semakin lama, uang anda akan bertambah banyak.

Jadi, jangan hanya menaruh uang anda di bank. Bunganya itu sedikit sekali. Saya sendiri nyaris tidak memiliki tabungan di bank karena selalu saya putar untuk bisnis. Saya bukan tipikal orang yang suka ‘mendiamkan’ uang di bank. Jika anda ingin sukses, uang tersebut harus anda putar.

Jika anda tidak memiliki ilmu berdagang, maka saya sarankan anda melakukan tips yang ketiga. Yaitu melipatgandakan uang dengan cara investasi.

Namun, anda jangan berinvestasi di bank. Tetapi saya merekomendasikan anda berinvestasi dengan menabung emas. anda boleh meanbung saham dan menabung properti. Tetapi yang perlu anda ingat, menabung saham dan properti di Indonesia tidak semudah menabung emas. karena saya kira semua kalangan pasti bisa menabung emas.

Di zaman sekarang ini, kita pasti maunya investasi yang praktis, simpel dan aman. Jadi, saya merekomendasikan aplikasi Tamasia. Tamasia menggunakan emas dari PT. Aneka Tambang Tbk. Anda bisa menabung mulai dari 10 ribu Rupiah. Dan tabungan emas anda dihitung dalam bentuk gram. Dengan 10 ribu Rupiah, anda bisa mendapatkan 0,01 sekian gram. Contohnya begitu. Saat ini 1 gram emas itu sekitar 700 ribu Rupiah. Namun harganya akan terus berkembang seiring waktu. Walaupun anda hanya bisa menabung 10 ribu, itu lebih baik daripada anda gunakan uang tersebut untuk jajan.

Jika anda memiliki mindset menabung, niscaya 5-10 tahun ke depan tabungan emas anda akan berlipat ganda. Bagi anda yang ingin mendownload aplikasi Tamasia, anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Karena jika anda menabung emas secara offline, anda harus datang ke tempatnya secara langsung. Dan ini tidak praktis, terlebih lagi jika di kota anda tidak ada tempat untuk menabung emas.

Dengan Tamasia, masalah itu dapat diatasi. Anda tinggal download Tamasia di playstore. Kemudian, anda masukkan kode reveral CPNSB30. Lalu anda klik link YouTubenya, tutorialnya ada di deskripsi. Setelah itu, anda bisa langsung menabung emas hanya dengan melalui HP anda. Jadi, HP anda bisa anda gunakan untuk menerapkan ilmu investasi anda.

Sekali lagi, hal ini tidak diajarkan di sekolah. Dan resiko dari menonton channel SB30 adalah anda bisa sukses sebelum usia 30 tahun.

Sahabat entrepreneur, demikian video saya kali ini. Semoga video ini bermanfaat untuk anda. Sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Semoga video kali ini dapat menjadi pembelajaran yang positif untuk anda dan dapat menginspirasi anda. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Bongkar !! 3 Pelajaran Penting Financial Yang Tidak Diajarkan Di Sekolah

Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali berbicara tentang edukasi finansial yang tidak diajarkan di sekolah. Kali ini saya akan membongkar tentang 3 Pelajaran Penting Financial Yang Tidak Diajarkan Di Sekolah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here