Buku – Buku yang Membangun Hidup Saya

0
782

Buku – Buku yang Membangun Hidup Saya

Klik disini untuk melihat di YouTube

Sahabat entrepreneur, jumpa lagi di edisi kali ini tentang review-review buku. Salam hebat luar biasa..!! Disini di depan saya ada beberapa buku. Mungkin bagi anda yang sangat haus akan ilmu pengetahuan, disini saya ada beberapa buku yang mempengaruhi cara berpikir saya atau mindset saya di saat awal saya membangun karir saya, membangun bisnis.

Saya mengenal buku pertama kali adalah pada saat saya ikut seminar, sekitar usia 18-19 tahun. Buku-buku itulah yang secara tidak sadar mempengaruhi cara berpikir saya dan akhirnya bisa membangun diri saya seperti sekarang ini.

Buku apa sajakah itu? Kita saksikan dulu yang satu ini.

 

1. Berpikir dan Berjiwa Besar

Buku pertama yang sangat mempengaruhi saya yaitu buku “Berpikir dan Berjiwa Besar”. Warna bukunya sudah seperti ini. Tetapi sebenarnya buku ini adalah edisi yang ke-sekian. Dulu pertama kali saya membelinya di era tahun 90’an, sebelum tahun 2000, warna bukunya masih silver. Dan konon buku ini sudah berumur puluhan tahun. Anda juga bisa melihat review’nya di channel saya, “Berpikir dan Berjiwa Besar”. Sudah ada rangkumannya disana.

Saat ini, buku ini masih dijual di toko buku besar. Anda juga bisa mendapatkannya. Saya tidak akan mengulasnya. Silahkan anda tonton review saya.

 

2. Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain

Buku yang kedua adalah “Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain”. Jadi buku inilah yang mengajarkan kepada saya untuk berani membangun hubungan dengan relasi. Saya dulunya adalah orang yang pendiam. Karena itu saya memperhatikan di channel Success Before 30, ada banyak orang introvert. Banyak orang yang pendiam. Saya dulunya waktu kecil juga cenderung sebagai orang yang tidak percaya diri dan pendiam. Tetapi setelah saya membaca buku ini, pelan tapi pasti, saya mulai memberanikan diri untuk berani bersosialisasi dengan orang lain, dengan cara membangun hubungan. Membangun komunikasi dengan sesama.

Bahkan seorang pendiam seperti saya pun akhirnya menjadi orang yang berani untuk berkomunikasi. Bahkan hari ini bisa menjadi seorang komunikator. Buku inilah yang sangat mempengaruhi cara berpikir saya. Ulasannya pun juga sudah saya bahas di video saya : “Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain”. Jadi, semua buku-buku awal saya sudah saya review dalam bentuk video.

 

3. Rich dad, poor dad

Buku yang ketiga ini sangat luar biasa juga. Yaitu terbit tahun 2001. Dan yang membuat saya kaget, buku ini sekarang sudah mengalami cetakan ke 34 internasional. Konon, buku ini sudah terjual 100 juta kopi. Dan review’nya pun sudah saya bahas di video saya, yaitu tentang “Ayah Kaya dan Ayah Miskin”. Buku ini harus diakui karena mengajarkan cara berpikir yang tidak lazim. Cara berpikir yang mungkin bagi sebagian besar orang berpikir bahwa buku ini seperti membicarakan ayah kandung kita sendiri.

Tetapi, sebetulnya itulah fakta dan kenyataannya. Robert Kiyosaki adalah seseorang keturunan Jepang, tetapi lahir di Amerika. Jadi, Japanese that was born in America. JBA. Jadi, beliau adalah seorang yang cara berpikirnya sudah sangat luar biasa. Tetapi beliau masih orang Asia. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa cara berpikir beliau sangat dipengaruhi oleh ayah kaya beliau. Ayah kaya beliau yang mengajarkan beliau tentang berani mengubah cara berpikir/mindset’nya dari seorang karyawan teladan, seorang mahasiswa teladan, yang akhirnya berani banting setir menjadi seorang pengusaha.

Beliau pernah bangkrut. Awalnya beliau jualan dompet, sampai akhirnya ia menjual rumahnya, sampai tidur di truk bersama istrinya, tidak punya rumah. Tetapi sekarang saya dengar propertinya sudah ada lebih dari  2000 unit properti. Luar biasa sekali. Jadi ini menurut saya betul-betul sebuah ilmu yang layak untuk kita pelajari. Dan karena yang diajarkan disini boleh dikatakan hampir 100% tidak diajarkan di bangku sekolah ataupun bangku kuliah. Buku yang anda lihat inipun masih edisi lama. Sekarang kalau tidak salah, cetakannya sudah lebih dari 40. Ini luar biasa. Dan buku ini juga sudah saya review. Jangan lupa.

 

4. Cashflow Quadrant

Kemudian buku yang keempat. Ini adalah edisi baru, karena buku saya yang lama sudah hilang . Ini adalah edisi cetakan kedua setelah ‘rich dad, poor dad’. Buku ini berjudul cashflow quadrant. Mengapa saya selalu menekankan tentang mindset dan mindset? Video saya sebenarnya berdasar dari buku ini. Jadi, disini ada satu paten yang namanya ESBI. Saya pun juga sudah mereview di video saya yang pertama : “Mindset dan Mental Orang Sukses”. Jadi, 4 buku ini sudah saya buat video. Mindset dan Mental Orang Sukses. Cara berpikir orang sukses itu pasti ada pola pikirnya.

Pola pikir kuadran E itu adalah karyawan. Dan itu sangat berbeda dengan pola pikir kuadran S. Self employed atau small business owner.  Yaitu cara berpikir karyawan lepas atau freelance, atau makelar, atau juga pemilik usaha kecil. Small business owner. Itu pasti berbeda dengan karyawan yang hanya mengharapkan gaji bulanan. Demikian juga kuadran B. B itu business owner. Dua kuadran di kiri adalah active income, anda harus bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Dan di kuadran kanan, anda tidak perlu bekerja. Tetapi anda tetap punya penghasilan passive. Kuadran B ini adalah kuadran bisnis.

Apakah bedanya dengan small business owner?

Perbedaannya sudah saya ulas di video ‘5 Level Pengusaha’. Yaitu bisnis di kuadran B itu artinya anda tidak perlu campur tangan dan tidak perlu turut serta mengelola usaha anda tanpa sentuhan tangan anda. Itu kalau anda sudah membangun bisnis dengan berbasis sistem. Itulah bisnis di kuadran B. Saya tidak akan membahas banyak. Saya sudah membahasnya di “Mindset dan Mental Orang Sukses”.

Tetapi cara berpikir kuadran B ini juga sangat berbeda dengan orang di kuadran E, maupun orang di kuadran S. Lagi-lagi, ini masalah mindset. Jadi kalau saya perhatikan di kolom comment, saya bicara kata ‘miskin’ saja, banyak orang yang sudah tersinggung. Bahkan di kolom comment, mereka sudah merasa tersinggung dan memberikan comment yang menurut saya tidak jelas. Mereka memberikan comment yang menurut saya karena merasa tersinggung, ada yang merasa terhina, ada yang kemudian mencaci maki saya, mengatakan bahwa saya ini seperti menghina orang miskin.

Padahal, saya ini hanya menterjemahkan isi buku. Dan sebetulnya kalau saya perhatikan, mengapa mereka tersinggung? Karena yang comment itu rata-rata adalah orang-orang yang kehidupan ekonominya sangat susah. Dan kehidupan ekonominya sangat sulit. Saya mau menggarisbawahi bahwa sebetulnya saya juga berangkat dari orang yang serba tidak berkecukupan juga.

Baca buku saya ‘Badai Pasti Berlalu’. Maka anda sudah tahu kondisi saya.

Saya juga pernah kesulitan finansial, saya juga pernah mengalami kebangkrutan, masalah keluarga sebagainya. Tetapi akhirnya mengapa saya bisa bangkit dan akhirnya saya bisa berhasil? Saya sudah banyak mengulasnya di buku ‘Badai Pasti Berlalu’. Itu adalah buku yang wajib anda miliki. Dan yang terpenting adalah di buku tersebut saya juga mengulas bahwa cara berpikir inilah yang mengubah nasib seseorang.

Anda tidak akan bisa mengubah nasib anda jika anda tidak mau mengubah cara berpikir anda. This is the main point. This book, jadi buku ini betul-betul mengajarkan anda untuk mengubah cara berpikir anda. Dan yang keempat adalah kuadran I. Kuadran I adalah Investor. Disini adalah kuadran orang-orang yang sudah punya bisnis yang solid, sudah punya bisnis yang kuat, tetapi mempunyai kelebihan uang. Kelebihan uang ini lebih baik diinvestasikan kemana? Diletakkan dimana? Itulah yang namanya kuadran I. Ini adalah cara berpikir yang berbeda. Dimana uang tersebut yang disuruh bekerja untuk diri anda. Saya tidak akan mengulas banyak, karena sudah saya review di “Mindset dan Mental Orang Sukses”.

Singkat kata, 4 buku awal ini adalah yang mendasari cara berpikir saya 17-20 tahun yang lalu. Ini adalah buku-buku awal. Dan sepertinya sampai hari ini, buku ini everlasting. Buku ini ada sepanjang masa. Karena itu saya selalu me’review di awal. Tentunya hari ini saya sudah membaca ribuan buku. Di perpustakaan saya saja bukunya ada ribuan. Saya lupa sudah membaca berapa banyak.

Tetapi 4 buku ini sangat penting bagi anda, para pemula.

Karena buku-buku inilah yang menurut saya 20 tahun, 30 tahun, 40 tahun lagi pun masih sangat relevan. Karena buku ini tidak membahas sesuatu yang sifatnya trend. Tetapi buku ini mengajarkan tentang cara berpikir yang sudah dilakukan orang sejak ratusan, bahkan ribuan tahun yang lalu. Dan buku ini akan terus dipakai. Bahkan menurut saya, tidak terkena imbas dari perkembangan teknologi. Tidak terkena imbas dari perkembangan zaman. Tetapi buku ini akan terus dipakai untuk mengubah cara berpikir kita puluhan, ratusan tahun, bahkan sampai kita semua tidak ada lagi di muka bumi ini.

Dan juga masih ada buku-buku lain yang juga mendasari cara berpikir saya. Tetapi sebetulnya saya ingin membahasnya belakangan saja. Dan ini adalah salah satu buku dari mentor saya, yaitu “Highway to Success”. Penulis buku ‘Rich Without Risk’. Saya juga sudah mengulas videonya, ‘Rich Without Risk’. Kaya tanpa resiko. Silahkan anda beli bukunya. Saya mereview buku itu sangat luar biasa sekali karena buku itu sudah menjadi best seller di beberapa toko buku. Dan sekarang, Success Before 30 sendiri juga menjual buku‘Rich Without Risk’. Jadi misalkan anda ingin memiliki buku tersebut, silahkan anda membelinya.

Dan beliau juga menulis buku “Highway to Success”, karangan Dato’ Dr. Andrew Ho. Kemudian buku ini adalah karangan Robert Kiyosaki. Ada buku “The Business of 21st  Century”. Yaitu buku tentang bisnis di abad ke 21. Dan buku “The Business School”. Jadi, sebenarnya bisnis pun ada sekolahnya. Mengapa harus ada sekolahnya? Karena itu tadi.

Kita sekolah dari SD, SMP, SMA/SMK sampai kuliah mungkin boleh dikatakan mata pelajaran wirausaha itu hanya disinggung sedikit. Terlebih lagi yang mengajarkan itu di Indonesia problemnya satu :

Yang mengajar bukanlah seorang pengusaha.

Itu masalahnya. Sehingga kita tidak bisa memungkiri bahwa bangsa Indonesia ini minim pengusaha. Karena pendidikannya tidak diajarkan sejak kecil. Dan yang mendidik juga bukanlah seorang pengusaha. Maklum saja. Mengapa? Karena pengusaha yang mau mengajarkan itu tidak punya waktu untuk mengajar. Tidak bisa mengajar. Sehingga mungkin mereka yang tidak qualified, atau qualified tetapi tidak bisa mengajar. Itu problemnya.

Oleh sebab itu, inilah sedikit review saya tentang buku. Dan yang terpenting ada satu. Di belakang saya ini ada buku “Badai Pasti Berlalu”. Buku ini sudah terbit cetakan yang kedua. Cetakan pertama itu tahun 2011, dan ini adalah cetakan kedua, yaitu pada tahun 2018. 7 tahun kemudian baru mengalami cetakan kedua. Dan buku ini sekarang sudah sangat booming. Karena saya bisa menuliskan cara berpikir saya di buku ini. Cara berpikir saya juga didasari oleh buku-buku yang tadi. Jadi jika anda membaca buku “Badai Pasti Berlalu”, sebetulya anda sudah membaca rangkuman dari semua buku ini.

Oleh sebab itu bagi anda yang ingin memiliki buku ini, jangan bertanya lagi pada saya : “Pak Chandra, saya mencari buku ini di toko buku manapun kok tidak ada?”. Memang sudah tidak ada. Karena buku ini hanya bisa didapatkan dengan anda klik link deskripsi di bawah atau hubungi nomor WhatsApp : 0817338678. Itu yang sering saya comment. 0817338678.

Silahkan pesan buku ini melalui contact tersebut.

Dan buku cetakan kedua ini bukan hanya kami jual eceran, tetapi kami juga membuka lowongan bagi anda yang ingin menjadi pengusaha, maka mulailah belajar menjadi reseller. Itulah yang sudah saya ajarkan di video pengusaha level pertama. Yaitu yang pertama menjadi reseller dulu. Reseller itu modalnya sangat sederhana sekali. Sangat terbatas, yaitu cuma dengan 1,4 juta Rupiah, anda sudah bisa memiliki 10 buku ini. Dan anda bisa menjualnya dengan harga minimal 175 ribu. Jadi keuntungan per buku ini bisa sampai 35 ribu, jika anda sebagai seorang reseller bisa menjualnya. Keuntungannya lumayan, bukan? Keuntungannya bisa mencapai angka 20%.

Saya rasa menjadi seorang reseller dengan keuntungan mencapai angka 20% itu sangat menggiurkan dan sangat menarik sekali. Belajarlah menjadi reseller, niscaya selain anda bisa merekomendasikan buku-buku yang bermanfaat, anda juga bisa menambah wawasan dan yang terpenting anda sendiri juga bisa menambah penghasilan.

Demikian review buku saya hari ini. Semoga review buku ini bermanfaat, dan juga bisa menambah wawasan anda. Jangan lupa berikan like, jangan lupa berikan comment positif, dan jangan lupa subscribe. Serta nyalakan loncengnya untuk mendapatkan notifikasi. Setiap ada video baru, pasti anda orang pertama yang mendapatkannya.

Sukses untuk anda, selamat membaca. Rajin membaca akan mengubah mindset anda . Salam hebat luar biasa..!!

Sahabat entrepreneur, di edisi kali saya membuat review beberapa buku yang mempengaruhi mindset saya di saat awal saya membangun bisnis.

Sahabat entrepreneur, di edisi kali saya membuat review beberapa buku yang mempengaruhi mindset saya di saat awal saya membangun bisnis.

Sahabat entrepreneur, di edisi kali saya membuat review beberapa buku yang mempengaruhi mindset saya di saat awal saya membangun bisnis. Buku apa sajakah itu? Simak selengkapnya disini! Semoga review buku ini bermanfaat, dan juga bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply