Cara Mengatasi Customer Yang Selalu Bilang “SAYA PIKIR PIKIR DULU”

0
31

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! kali ini saya akan bahas topik bisnis lagi. Anda pastinya sudah tidak asing mendengarkan customer yang selalu bilang “Saya tertarik mau beli sih, tapi saya pikir dulu ya”.

Jadi gimana cara menghadapi customer yang selalu bilang “Saya pikir-pikir dulu”.

Jika anda saat ini sedang bergerak di bidang sells, anda tentu saja pasti mengalami penolakan dan sebagainya. Anda pasti pernah merasa jengkel karena sudah presentasi dan jelasih ehh ujung-ujungnya dia sudah tertarik tanya banyak tapi kata-kata terakhirnya saya pikir-pikir dulu.

Nah ini anda pasti mengalami hal tersebut meskipun anda mau jualan properti, produk dan apapun itu pasti ujung-ujungnya saya pikir-pikir dulu. Memang sih kalau hari ini anda jual makanan atau snack orang tidak akan bertanya seperti itu. Tapi kalau anda menjual produk yang tidak umum tentunya butuh penjelasan, edukasi bagaimana kata-kata biar tidak pikir-pikir dulu. Disini saya ajurkan kepada anda beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut.

Anda Harus Punya Website Sendiri

Kenapa anda harus punya website sendiri? karena dengan anda punya website sendiri anda bisa meyakinkan customer dengan cara professional. Cara yang paling cepat dan effective adalah berikan website anda kepada customer. Kalau mereka pikir-pikir dulu karena dengan punya website sendiri itu akan menunjukkan kamu punya credibilitas yang tinggi, intergritas dan professionalitas. Biasanya orang yang ngomong saya pikir-pikir dulu itu takut kalau belanja online, maka sebab itu saya mau menyarankan anda untuk mempunyai website sendiri untuk meningkatkan credibilitas anda. 

Bagaimana cara membuat website sendiri? tentunya harganya mahal ya? Tidak. Zaman sekarang sudah sangat gampang, disini saya akan membantu kalian cara untuk membuat website sendiri dengan cara sederhana dan murah. Anda tidak perlu merogoh kocek yang sangat mahal sampai jutaan rupiah, namun dimulai dari 9rb saja. Saya sangat menyarankan anda untuk mengklik http://hostinger.co.id/STARTYOURBUSINESS karena harga cuman 9rb saja dan anda bisa mendapatkan diskon 90% untuk kalian semua. Jangan lupa untuk memasukan kode kupon STARTYOURBUSINESS. Saya yakin dengan punya website orang yang ragu dan tidak percaya akan pasti mempengarhui cara berfikir customer anda. Selain itu anda punya nilai jual lebih dibandingkan sells yang lain itu tentu meningkatkan reputasimu.

Tanyakan Kepada Customer “Sebetulnya Apa Yang Dia Butuhkan”

Sebagai seorang penjual ingat kadang orang tidak membutuhkan produk anda. Orang mau membeli itu karena kalian menawarkan solusi ingar prinsip ini. Jadi penjual yang sukses adalah menawarkan solusi karena manusia tidak mau tau dengan barangmu, dia hanya pengen masalah dia di bereskan. Itu kunci paling utama. 

Ketika anda menjual jangan menceritakan yang anda tau, tapi anda harus menekanan terhadap kebutuhan customer karena anda menjual solusi kepada customer anda. Oleh sebab itu kalau dia pikir-pikir dulu, anda langsung tanyakan apa yang ibu/bapak butuhkan? bisakah saya membantu kebutuhan yang paling utama? jadi tekankan ke kebutuhan. Kemudian jika customer anda membutuhkan produk tersebut tanyakan kesuliatannya dimana mungkin anda bisa membantunya. Selanjutkan jelaskan jika ibu/bapak belum tertarik tidak apa-apa tapi kalau dia bener-bener tertarik jangan sungkan sama saya dan kalau tidak beli juga gpp. Nah anda harus menggunakan bahasa seperti itu karena orang Indonesia ini tidak enakan jika menolak sesuatu karena mereka takut melukai perasaan. Ketika anda menggunakan kata-kata seperti itu customer akan sangat nyaman. Kenapa? karena dia tidak ada tekanan untuk membeli, mungkin dia tertarik untuk membeli tetapi uangnya belum siap atau kebutuhannya masih banyak. Sehingga mereka mau nolak tetapi tidak enakan. 

Apa Kebutuhan Yang Paling Mendesak? Apa Saya Bisa Bantu Cari Solusinya?

Contohnya mungkin saat ini anda mau jualan rumah, kemudian customer anda keuangannya sedang seret setelah itu anda menanyakan ibu/bapak kemampuan dpnya berapa? jadi jangan langsung ditinggal berikan penawaran kepada mereka seperti memberikan 20%/30% di negokan untuk di cicil beberapa kali. Intinya anda mengatakan kalau anda juga seneng jika ibu/bapak punya rumah sendiri. Nah kalau customer di gituin pasti senang. Hal tersebut sangat berbeda jika anda menjual sesuatu tapi anda cuman cerita tentang isi rumah tetapi anda tidak menceritakan kebutuhannya dia. Jadi jangan ceritakan apa yang anda tau tapi penjual yang hebat selalu meggali apa yang dibutuhkan paling mendesak bagi calon customer anda.

Maka kalau dia berkata pikir-pikir dulu bisa jadi mereka tertarik tetapi permasalahan utama dia bukan dia tidak tertarik dengan produknya tetapi anda tidak benar benar tau apa permasalahan yang sebenarnya. Manusia sering kali menceritakan apa yang dia punya / tau tetapi dia tidak mencari tau apa yang menjadi kebutuhan orang lain.

Kalau Saya Boleh Tau, Apa Yang Membuat Anda Ragu Untuk Mengambil Keputusan?

Tanyakan ini kepada customer dan jangan biarkan mereka merasa tertekan karena pertanyaan anda. Jelaskan kepada customer menggunakan kata-kata seperti “Intinya kita sama-sama cerita, saya kalau gak jual barang ini ke anda ga laku ya gpp kan bisa jadi temen. Kemudian ngobrol cari topik yang bisa membuat customer anda merasa nyaman seperti ngobrol hewan peliaharaan atau barang kesukaannya. Hal tersebut dapat mendorong customer ke inti permasalahan, minimal kalau ibu/bapak ingin membeli barang yang sama mereka tidak membeli di sells yang lain tapi mereka membeli di anda. Itu kata kuncinya.

Kenapa? karena anda tau hobby dan kesenangannya. Mereka merasa nyaman ketika ngobrol dengan anda otomatis next time dia akan menjadikan anda sebagai partner kalau ada apa -apa anda yang di inget duluan. 

 Jadi inget menjual yang baik itu adalah menjual solusi dengan kata-kata sakti ini maka si customer sudah tau bahwa mereka perlu memberikan jawaban yang benar-benar sesungguhnya kepada anda. Kalian sebagai sells person tidak ada salahnya mengajukan pertanyaan yang straight forward tapi berani juga harus di iringi tidak boleh egois. Tidak hanya itu kalian juga bekerja sebagai professional sells kalian bisa mempermudah customer kalian jika kalian punya website. Jadi kalau di pikir-pikir selalau masalahnya di website jadi jangan lupa kunjungi histinger sekarang juga.

Terimakasih sahabat entrepreneur, semoga tips ini bermanfaat untuk kalian. 

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here