CEPAT! Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Sebelum Usia 25, Maka Hidupmu Akan Enak di Masa Tua

0
21

Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa!! Selamat datang di channel Success Before 30, channel yang konsisten selama 7 tahun memberikan edukasi, tips serta motivasi untuk dunia bisnis dan kehidupan agar anda bisa sukses di usia muda. Dan tentunya agar kelak ketika anda suda berusia di atas 30 tahun, anda bisa menikmati hidup anda dengan nyaman.

Di video kali ini saya akan membahas sebuah topik tentang : “CEPAT! Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Sebelum Usia 25, Maka Hidupmu Akan Enak di Masa Tua”. Jika anda melakukan kelima hal ini, maka sebelum usia 25 tahun, bisa dipastikan anda akan hidup nyaman.

Sahabat entrepreneur, disini saya ingin sharing kepada anda semua untuk segera melakukan kelima hal ini sebelum 25 tahun. Mengapa? Karena hal ini berangkat dari pengalaman saya pribadi. Jika anda lakukan hal ini, maka hidup anda akan terasa ringan.

Jadi, yang pertama adalah cepat bahagiakan orang tua anda.

Apakah cukup hanya dengan menuruti semua kata orang tua?

Apakah saya hari ini harus memberi hadiah untuk orang tua saya?

Hadiah tersebut mungkin bisa berupa memberangkatkan umroh, atau mungkin membelikan mereka rumah. Intinya, berikan mereka hadiah atau sebuah kegiatan yang positif, sehingga orang tua anda merasa sangat bahagia.

Jadi, membuat orang tua bahagia itu bukan hanya dengan mendengarkan nasehatnya. Karena terkadang nasehat orang tua dengan kehidupan di zaman sekarang itu seringkali bertabrakan. Terkadang, pemikiran orang tua itu jauh berbeda dengan pemikiran anak zaman sekarang. Terlebih lagi jika orang tua anda itu termasuk generasi kolonial atau generasi X. Itulah sebabnya seringkali pemikirannya akan bertabrakan dengan pemikiran anak zaman sekarang.

Misalkan ketika saya berusia 21 tahun, saya sudah bisa memberikan orang tua saya tiket untuk jalan-jalan ke luar negeri. Saat itu orang tua saya merasa sangat bangga. Itulah sebabnya mereka sangat mendukung karir dan usaha saya.

Jadi ketika anda sudah bisa membahagiakan hati orang tua anda, pasti hidup anda di masa depan juga akan semakin cemerlang.

Lalu yang kedua adalah memiliki karir sesuai harapan.

Ini adalah hal utama yang bisa membuat anda sukses sebelum usia 30 tahun. Karir merupakan hal yang sangat penting. Dulu ketika saya masih berusia 18 tahun, banyak teman-teman saya yang hobinya itu main, atau mungkin kalau anak zaman sekarang itu hoinya main game atau nongkrong. Sedangkan saya tidak seperti itu.

Saya sudah terbiasa untuk fokus membangun bisnis dan karir saya pada usia tersebut. Itulah sebabnya saya jarang bermain dengan teman saya. Walaupun saya dianggap anak jadul, saya tidak peduli. Walaupun saya dianggap anak yang gak gaul, saya juga tidak peduli. Karena apa? Karena mereka tidak ikut membayar cicilan saya. Mereka juga tifak membantu membayar hutang orang tua saya. Jadi, mengapa saya harus mendengarkan kata-kata mereka?

Itulah sebabnya saya lebih memilih untuk membangun karir saya ketika saya masih berusia 18 tahun. Saya berjuang sekuat tenaga, dan akhirnya ketika saya berusia 25 tahun, saya bisa membeli mobil Mercedes Benz pertama saya. Mereka langsung terpana, karena banyak teman-teman saya yang baru mulai bekerja, baru memulai karir, berpindah-pindah pekerjaan dan sebagainya. Kisah selengkapnya ada di buku saya ‘Badai Pasti Berlalu’. Anda bisa baca selengkapnya di buku tersebut.

Kemudian yang ketiga adalah merdeka secara finansial tanpa bergantung pada orang tua.

Anda harus tahu pengalaman saya ketika saya masih berusia 17 tahun. Waktu itu, saya sudah tidak lagi meminta uang pada orang tua saya. Saya sudah mencari nafkah sendiri di usia 17 tahun. Bahkan di usia 19 tahun, saya sudah membantu menafkahi orang tua saya. Saya membantu mengurangi beban orang tua saya.

Jika anda membaca buku saya ‘Badai Pasti Berlalu’, anda pasti tahu bahwa orang tua saya dulunya pernah terlilit hutang karena ditipu oleh partner usahanya. Jadi, saat itu justru sebagian besar penghasilan saya itu saya berikan kepada orang tua saya.

Jika anda sampai usia 20 tahun masih saja meminta uang pada orang tua, lebih baik anda unsubscribe channel saya, karena video saya tidak akan cocok dengan anda. Video ini juga tidak cocok dengan anda yang maunya tinggal di Pondok Mertua Indah, ataupun anda yang cita-citanya menikah dengan janda kaya.

Kemudian yang keempat adalah sudah memiliki tabungan dan investasi.

Anda boleh menghujat saya pamer. Akan tetapi, saya menceritakan pengalaman saya disini karena tujuan saya adalah untuk memotivasi anda semua. Di usia 21 tahun, saya sudah memiliki tabungan. Lalu ketika saya berusia 22 tahun, saya sedang mengalami minus di dalam bisnis yang saya jalankan. Akan tetapi, saya tetap menafkahi orang tua saya.

Dan ketika saya berusia 25 tahun, saya bisa membeli mobil Mercedes Benz pertama saya. Bahkan, saat itu saya juga sudah mulai mencicil kredit rumah. Jadi, saya mendapatkan rumah pertama saya di usia 26 tahun.

Di zaman sekarang ini, anda beruntung karena sudah ada aplikasi Tamasia. Dimana dengan uang 10 ribu Rupiah, anda sudah bisa menabung emas. pada zaman dahulu, mana mungkin kita bisa menabung emas dengan uang 10 ribu Rupiah. Apalagi yang namanya menabung saham dengan uang 500 ribu, itu tidak ada di zaman dulu. Zaman dulu yang namanya menabung saham itu harus punya uang puluhan juta.

Namun sekarang dengan platform tersebut, anda sudah bisa mulai menabung di usia anda yang sekarang. Jadi sebelum anda berusia 25 tahun, anda harus memiliki tabungan. Jadi ketika anda sudah berusia di atas 25 tahun, niscaya hidup anda lebih terasa ringan. Masa tuamu juga akan lebih terjamin dan tidak sengsara.

Banyak anak muda yang tidak berpikir sampai sejauh ini. Karena ketika mereka sedang berpacu dengan waktu, maka ketika anda sudah menginjak usia 30-40 tahun, maka kekuatan fisik anda itu sudah berbeda dengan ketika anda masih muda. Apalagi jika usia anda sudah usia 50 tahun. Kecepatan berpikir anda juga akan melamban jika dibandingkan dengan anak usia 20’an. Mumpung usia anda saat ini masih 20’an, maka anda harus berjuang.

Kemudian kata yang kelima adalah anda sudah memiliki banyak pengalaman.

Saya memiliki sebuah statement bahwa “Lebih baik kehilangan masa muda daripada kehilangan masa depan”.

Karena apa? Usia muda itu memang menyenangkan, akan tetapi yang paling bahaya itu adalah jika kita kehilangan masa depan. Saya memang tidak pernah jalan-jalan ke mall ketika saya masih berusia 20 tahun. Saya juga jarang nongkrong. Namun ketika saya menginjak usia 26 tahun, saya nongkrongnya di Dubai. Di usia 27 tahun, saya nongkrongnya di New York.

Itu adalah harga yang pantas dibayarkan. Mengapa? Karena ketika saya masih muda, saya tidak pernah nongkrong. Bahkan nonton bioskop saja saya jarang. Apalagi di masa pandemi seperti ini, lebih tidak bisa lagi. Namun ketika saya berhasil mencapai target penjualan, dalam sehari saya bisa nonton bioskop sampai 3 kali. Hal itu adalah bentuk reward terhadap kerja keras saya.

Maksud yang saya sampaikan disini adalah anda boleh menganggap saya pamer, menceritakan apa yang sudah saya capai. Itu adalah analogi yang anda lihat. Namun anda tidak melihat proses perjuangan saya di usia muda. Semua itu sudah saya rangkum dalam buku saya ‘Badai Pasti Berlalu’.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Saya percaya anda sudah belajar banyak dari pembahasan saya kali ini. Semoga apa yang saya jelaskan kali ini dapat anda pahami.

Sukses selalu untuk anda semua para sahabat SB30. Jangan lupa klik subscribe, dan jangan lupa loncengnya diaktifkan. Salam hebat luar biasa..!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here