Dapat Bonus THR? Bagaimana Cara Mengaturnya?

0
56

https://www.youtube.com/watch?v=5FiBHnChd-0

SB30 – Sahabat entrepreneur, salam hebat luar biasa! Selamat menunaikan ibadah puasa bagi para sahabat yang beragama muslim. Sebentar lagi kita akan menyambut Idul Fitri. Biasanya, menjelang Idul Fitri ini yang ditunggu-tunggu adalah gaji ke-13, yakni THR. THR atau Tunjangan Hari Raya ini adalah yang paling diidam-idamkan oleh karyawan.

Sebenarnya, THR ini bisa menjadi berkah dan bisa juga menjadi musibah. Mengapa saya berkata begitu?

Tentu akan menjadi berkah jika kita tahu cara mengelolanya. Namun akan menjadi musibah jika anda adalah orang yang konsumtif. Jadi, bagaimana tips mengelola uang THR tersebut?

 

1. Jangan lupa bayar hutang

Jadi poin yang pertama adalah apabila anda mendapatkan THR, yang pertama harus anda lakukan adalah jangan lupa bayar hutang. Jadi apabila selama ini anda memiliki hutang konsumtif, segera lunasi.

Jika anda memiliki hutang pada seseorang, tentunya gak lucu ketika anda berkata ‘mohon maaf lahir batin’, tetapi ia tidak ikhlas memaafkan anda karena anda belum bayar hutang.

Bahkan kalau bisa, hutang itu harus segera anda lunasi sebelum menerima THR agar silaturahmi dapat terus terjaga. Karena hutang itu merupakan pemutus tali silaturahmi nomor satu.

 

2. Membayar kewajiban utama

Lalu poin yang kedua adalah membayar kewajiban utama. Contohnya adalah kebutuhan sehari-hari seperti listrik, makan, minum, uang sekolah anak, air, uang kuliah dan sebagainya.

Semua itu merupakan kewajiban utama yang harus anda bereskan. Jika poin ini tidak anda selesaikan, maka anda sendiri yang akan kelimpungan nantinya.

 

3. Alokasikan sebagai tambahan dana darurat

Kemudian yang ketiga ini adalah yang paling penting. Yaitu menambah dana darurat. Jadi anda harus mulai menabung. Contohnya menabung emas di Tamasia. Hal ini termasuk dana darurat, karena emas itu dana liquid. Anda bisa menjualnya sewaktu-waktu.

Dan keuntungan lainnya adalah anda tidak perlu mencetak emas. Cetak emas bisa juga anda lakukan di Kantor Pos. Jika anda tidak ingin mencetak emas, dana tersebut bisa langsung anda ambil untuk kebutuhan darurat. Intinya, anda harus selalu memiliki dana darurat.

 

4. Menambah tabungan dan investasi

Kemudian yang keempat adalah menambah tabungan dan investasi untuk tujuan keuangan anda. Contohnya, anda mungkin ingin menambah portofolio saham atau menabung properti. Niscaya setiap tahunnya ketika menerima THR, anda akan mendapatkan surplus.

Jangan habiskan THR anda seperti sebelum-sebelumnya. Karena anda tidak siap menerima ‘uang kaget’ atau uang banyak, anda tidak paham cara mengelolanya, maka sebanyak apapun uang THR anda akan habis juga.

Demikian sahabat entrepreneur sharing saya kali ini. Semoga THR kali ini bisa menjadi berkah untuk anda karena anda sudah mendapatkan ilmunya dan sudah mendapatkan THR’nya. Niscaya, anda akan success before 30!

Bagi anda yang belum success before 30, saya doakan anda akan segera success after 30. Semoga tahun ini menjadi tahun yang terbaik untuk anda.

Sukses selalu, dan salam hebat luar biasa!!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here