Ingin Memulai Bisnis Online? Simak 6 Cara Jualan Online Berikut Ini!

0
95
7 Strategi Digital Marketing Paling Efektif, Mudah Dipelajari - Digital Marketing

SB30 – Bagi anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis online terutama bagi pemula, kali ini saya akan membagikan beberapa cara jualan online untuk pemula yang perlu anda simak. Tentunya, beberapa cara jualan online di bawah ini akan sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis online anda.

Selain itu, cara jualan online yang kita bahas kali ini juga akan bermanfaat untuk melatih pola pikir anda dalam mengelola bisnis online. Jadi sahabat entrepreneur, mari kita simak beberapa cara jualan online berikut ini untuk menambah wawasan anda tentang bagaimana cara yang tepat untuk dapat menghasilkan omzet yang besar hanya dari jualan online!

1. Ketahui karakterisitik pembeli online

Sebenarnya karakteristik dari pembeli online itu mudah dibaca. Mereka suka melihat-lihat dan membandingkan harga dari berbagai toko online, karena mereka tidak perlu berjalan dari toko satu ke toko lainnya untuk melakukannya. Pembeli hanya perlu duduk dan mencari produk yang diinginkan melalui marketplace.

Akan tetapi, biasanya pembeli akan lebih curiga dengan keaslian produk karena pembeli tidak bisa melihat secara langsung produk yang ingin mereka beli. Jadi, pastikan toko online anda memiliki deskripsi produk yang jelas dan informatif.

Selain itu, pastikan gambar produk anda jelas dan tidak buram, serta berikan tampilan lebih dari 2 buah foto produk. Intinya, anda harus membangun kepercayaan dari calon pembeli terhadap toko online anda.

2.  Membuat rencana

Kemudian poin yang kedua adalah membuat rencana matang untuk membangun toko online anda. Yakni mulai dari menentukan nama toko, menentukan produk apa yang akan  anda jual, menentukan harga jual, serta perhitungan apakah omzet akan sebanding dengan modal yang nantinya harus anda keluarkan untuk berjualan online.

 

3.  Menentukan produk yang ingin anda jual

Untuk menentukan produk yang ingin anda jual, maka cobalah menjual produk yang paling sering digunakan orang dan dibutuhkan orang. Anda juga perlu mempelajari lebih dalam terkait produk yang akan anda jual dengan cara memperbanyak wawasan anda terkait fungsi dan kelebihan produk tersebut melalui internet.

Untuk menentukan produk yang ingin anda jual, sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa faktor seperti seberapa paham anda tentang produk yang ingin anda jual, seberapa besar persaingan dalam menjual produk tersebut, hingga bagaimana strategi yang tepat untuk menjual produk tersebut.

 

4.  Menentukan tempat jualan online

Kita memang tidak perlu menyewa lapak untuk berjualan seperti ketika kita menjual produk secara offline. Akan tetapi, anda perlu mengetahui marketplace apa saja yang saat ini lebih diminati oleh pembeli di internet.

Ada banyak pilihan tempat untuk berjualan online yang bisa anda pilih seperti di media sosial, yakni facebook, instagram, atau melakukan promosi di YouTube. Kemudian, anda juga bisa menjual produk anda di berbagai ,arketplace, seperti Shopee, Tokopedia, BukaLapak, Lazada dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga bisa membuat website sendiri untuk memperkenalkan produk anda, sehingga calon pelanggan akan lebih mengenal produk yang akan anda jual.

 

5.  Menentukan Harga Jual

Tips untuk jualan online berikutnya adalah menentukan berapa harga jual yang tepat untuk produk yang akan anda jual. Beberapa faktor yang perlu anda jadikan patokan adalah berapa harga produk di pasaran, berapa harga yang diberikan oleh supplier, kemudian berapa biaya operasional yang harus anda keluarkan hingga berapa omzet yang nantinya akan anda dapatkan setelah dikurangi biaya operasional tersebut. Setelah mengetahui semua poin tersebut, maka anda nantinya bisa menentukan berapa harga jual yang tepat untuk produk anda.


6. Melakukan promosi

Selanjutnya, anda perlu mempromosikan produk anda agar produk anda dikenal oleh masyarakat. Anda bisa menggunakan berbagai media untuk mempromosikan produk yang anda jual.

Berbagai cara yang bisa anda lakukan yaitu memasang iklan di social media seperti melalui Facebook, YouTube atau Instagram. Selain itu, anda juga bisa membuat iklan di Google Ads dan membayar influencer atau selebgram untuk mempromosikan produk anda,

Demikian sahabat entrepreneur keenam cara jualan online yang bisa anda terapkan. Semoga keenam cara di atas dapat membantu anda untuk mengelola bisnis anda, sehingga anda bisa mendapatkan omzet yang besar. Selamat mencoba.. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here