Ini Dia Alasan Pentingnya Perencanaan Keuangan

0
96
Ini Dia Alasan Pentingnya Perencanaan Keuangan - Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan atau financial planning merupakan suatu strategi yang digunakan untuk menyusun dana pribadi maupun dana dari suatu bisnis melalui implementasi yang terencana. Menurut Certified Financial Planner, perencanaan keuangan merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terencana. Perencanaan keuangan ini merupakan perencanaan jangka panjang yang perlu dilakukan oleh setiap orang, karena hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Perencanaan keuangan pada umumnya telah dilaplikasikan oleh orang-orang, baik secara sadar atau tidak sadar bahwa mereka telah melakukan perencanaan keuangan. Tentunya tidak hanya membuat perencanaannya saja, hal ini perlu didukung dengan sebuah aksi nyata. Perencanaan ini memiliki tujuan yang sangat penting dan bermanfaat di masa depan.

Berikut beberapa tujuan serta alasan pentingnya seseorang membuat perencanaan keuangan:

1. Melindungi aset

Perencanaan keuangan sangat diperlukan untuk dapat melindungi aset yang dimiliki oleh seseorang di masa mendatang. Dimana dengan mengelola serta membuat perencanaan yang tepat akan membuat seseorang mampu menjaga asetnya dengan lebih baik. Sehingga seseorang tersebut dapat menggunakan aset yang dimiliki dengan sangat baik, bahkan seseorang tersebut dapat mengembangkan aset yang dimiliki serta meminimalisir penggunaan aset untuk sesuatu yang tidak terlalu penting.

2. Mempersiapkan masa depan

Tentunya dengan mengelola keuangan dengan baik dan terencana, hal ini akan dapat menyiapkan masa depan seseorang dengan lebih baik. Seperti digunakan untuk dana pendidikan anak, dana pensiun, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya juga akan membuat seseorang merasa lebih tenang di kemudian hari.

3. Investasi

Salah satu tujuan utama seseorang melakukan perencanaan keuangan yaitu untuk berinvestasi. Dengan memiliki perencanaan yang baik maka seseorang dapat mengetahui berapa besar modal yang harus ia keluarkan saat ini serta dalam jangka waktu berapa lama. Tentunya tujuan investasi seseorang berbeda-beda, ada yang ingin memiliki rumah di usia muda, dana untuk pernikahan, kebutuhan anak, dana pensiun, dan lain sebagainya.

4. Lebih teratur

Membuat perencanaan keuangan juga dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih teratur. Hal ini dikarenakan seseorang tersebut sudah mengetahui hal-hal apa saja yang perlu ia lakukan untuk mencapai tujuannya serta tidak melakukan hal-hal yang dianggap tidak perlu. Sama seperti merencanakan keuangan, tentunya kita perlu mengeluarkan uang untuk kebutuhan-kebutuhan yang dirasa penting serta tidak menghamburkan uang untuk keperluan-keperluan yang tidak terlalu penting.

Perencanaan keuangan merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap manusia agar dapat mempersiapkan hidup serta mencapai tujuan yang diinginkan di kemudian hari. Buatlah rencana keuanganmu serta tetapkan tujuan keuanganmu dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here