Inilah 4 Strategi Marketing yang Penting Untuk Mengembangkan Bisnis

0
123

SB30 – Sahabat entrepreneur, berbicara mengenai strategi pemasaran yang baik, kita harus melihat dari sisi bisnisnya terlebih dahulu. Apakah bisnis yang anda jalankan itu merupakan “pemain Lama” atau “pemain Baru” di dalam dunia bisnis.

Jika bisnis kita merupakan pemain lama, maka strategi pemasaran yang paling baik adalah dengan terus meningkatkan mutu pelayanan dan terus melakukan inovasi agar tidak tergeser oleh pesaing anda.

Inovasi yang dimaksud disini adalah : selalu mengikuti perkembangan zaman.

Strategi pemasaran menjadi hal yang sangat penting untuk mengembangkan sebuah bisnis. Produk barang atau jasa yang anda jual tentunya harus dipasarkan dengan baik agar bisa menjangkau target market perusahaan. Dengan begitu, perusahaan anda akan bisa mencapai omzet tertentu dan mendapatkan keuntungan.

Secara sederhana, strategi pemasaran bisa diartikan sebagai cara atau metode untuk bisa meningkatkan jumlah penjualan. Dalam istilah sekarang, pemasaran sering disebut dengan marketing. Strategi marketing ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Namun sebelum melaksanakan strategi tertentu, anda harus tahu beberapa jenis strategi marketing berikut ini :

1. Penjualan Langsung (Direct Selling)

Direct selling adalah jenis strategi pemasaran dimana penjual menawarkan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen. Meski disebut sebagai penjualan langsung, direct selling tidak termasuk penjualan melalui toko atau retail. Direct selling adalah penawaran barang atau jasa yang dilakukan dengan cara mendatangi langsung konsumen yang termasuk dalam target pasar.

Jenis pemasaran seperti ini disebut sebagai strategi marketing tradisional. Strategi ini sangat cocok untuk memasarkan jasa-jasa yang membutuhkan penjelasan detail, seperti asuransi. Untuk produk-produk barang, strategi ini tak terlalu menguntungkan.

 

2. Internet Marketing

Strategi marketing yang kedua adalah mengandalkan media internet. Ini adalah sebuah strategi marketing yang banyak dilakukan oleh pengusaha modern. Mengapa cara yang kedua ini banyak dipilih? Karena strategi ini paling efektif dalam menjangkau target pasar. Selain itu, strategi yang satu ini juga tidak membutuhkan biaya promosi yang terlalu mahal.

Internet marketing mengandalkan media internet untuk mempromosikan barang. Anda bisa memanfaatkan website atau social media seperti facebook, instagram, atau e-mail marketing untuk memasarkan produk anda. Kunci sukses strategi marketing ini terletak pada seberapa bagus anda dalam membuat konten. Konten marketing harus bisa memberikan informasi secara detail, mengajak, dan membujuk klien untuk membeli produk anda.

Konsep strategi pemasaran melalui internet ini lebih tak terbatas. Anda harus mempunyai ide-ide yang kreatif untuk mempengaruhi calon konsumen agar mau membeli produk anda. Selain itu, anda juga harus punya teknik pemasaran yang baik agar konten promosi yang anda sebar di internet bisa dijangkau oleh lebih banyak orang.

 

3. Earned Media

Strategi marketing ini berbeda dengan direct selling dan internet marketing. Earned media adalah teknik penjualan secara tidak langsung. Fokus yang diupayakan ketika melakukan strategi ini adalah agar calon konsumen percaya dengan produk yang anda jual. Dalam hal ini, anda harus punya strategi ampuh untuk membangun brand. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk membangun kredibilitas perusahaan anda.

Caranya bagaimana? Anda bisa mulai dengan memberikan informasi-informasi terkait produk yang anda jual. Tak harus selalu tentang jualan produk. Akan tetapi, anda bisa membuat konten-konten yang informatif mulai dari sekarang.

 

4. Point of Purchase

Poin of Purchase atau POP adalah contoh strategi pemasaran dengan menempatkan iklan atau material marketing di dekat produk yang sedang promo. Strategi ini cocok sekali diaplikasikan pada usaha retail. POP juga berkaitan dengan penataan barang pada toko retail. Barang-barang yang mudah dibeli dan disukai anak-anak biasanya ditempatkan di etalase dekat kasir. Supaya apa? Supaya orang-orang tergiur untuk membeli. Semakin baik penataan display, semakin laku barang yang dipromosikan.

Sahabat entrepreneur, itulah empat poin strategi pemasaran. Untuk bisa memaksimalkan omset sebuah perusahaan, anda wajib memiliki strategi yang bagus untuk memasarkan produk anda. Dalam hal ini, anda membutuhkan orang-orang yang tepat untuk mengisi bagian marketing. Pastinya, orang-orang yang punya sisi kreativitas yang tinggi adalah orang yang cocok menempati posisi ini.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here