Inilah 5 Trik Jitu Untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop Anda

0
214

SB30 – Sahabat entrepreneur, persaingan di marketplace itu sudah pasti sangatlah ketat. Apalagi jika anda adalah seorang pebisnis online pemula. Tentunya akan sangat sulit untuk bisa cepat menjual barang anda apabila tidak mengetahui teknik dasar berjualan online.

Jadi, berikut ini adalah beberapa poin penting yang perlu anda perhatikan ketika anda memutuskan untuk memulai usaha online shop :

  • Kenali produk anda
  • Lakukan riset marketing dan ketahui pesaing anda
  • Kualitas foto yang baik dengan background putih
  • Respon cepat dalam membalas chat buyer
  • Packing yang aman dan rapi
  • Ketepatan waktu dalam pengiriman

Pada dasarnya, keenam poin di atas harus anda perhatikan ketika anda memulai usaha online shop.  Ketika anda sudah melaksanakan keenam poin tersebut, namun bagaimana jika produk yang anda jual masih belum laku juga?

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak pula orang-orang seperti anda yang juga ingin berjualan secara online. Itulah sebabnya anda harus bersaing untuk menguasai satu produk agar anda bisa mendapatkan pelanggan.

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh marketplace agar produk anda bisa tampil di pencarian teratas ketika customer mencari produk anda. Akan tetapi, semua fitur itu pastinya memakan biaya dan beresiko. Satu hal yang perlu anda ketahui :

Semua toko bisa menggunakan fitur tersebut, tapi belum tentu bisa menunjukkan kualitas produk mereka. Kunci dari lakunya produk anda adalah Ulasan. 

“Lalu jika belum ada ulasan sama sekali, bagaimana orang mau membeli produk saya?”.

Ada sebuah trik yang agak curang, akan tetapi tidak dilarang. Yakni : Orderan Fiktif.

Trik ini simpel dan berpengaruh apabila dilakukan secara konsisten dan berskala besar. Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan transaksi ke toko kalian namun dengan Akun + No. Rek + No. Telepon + Alamat yang berbeda.

Atau anda bisa menggunakan akun teman anda untuk membeli produk anda sendiri, dan jangan lupa beri ulasan yang realistik seperti saat anda membeli produk dari toko lain.

Trik tersebut tidak secara instan bisa mengundang pelanggan, namun sebagai pembeli tentu saja anda pasti akan melihat ulasan terlebih dahulu sebelum membeli, bukan begitu?

Selain itu, anda bisa melakukan 5 trik jitu berikut ini untuk meningktkan penjualan online shop anda :

1. CHAT

Usahakan untuk menjawab chat dari konsumen secepat mungkin. Pasalnya, keterlambatan anda dalam menjawab chat bisa berakibat calon pembeli akan memilih pindah ke toko lain yang lebih memiliki respon cepat.

2. HARGA

Ketika anda pertama kali menjual produk anda, maka jangan memasang harga yang tinggi. Cukup ambil keuntungan 10%-15%, tujuannya adalah untuk menaikkan reputasi produk dan reputasi toko.

3. FOTO PRODUK

Usahakan untuk mengunggah foto produk yang terlihat berbeda dengan toko lain yang menjual produk sejenis. Anda bisa menambahkan watermark nama toko, background item pemanis foto serta tambahan tulisan di foto produk yang menjelaskan warna dan jenis produk tersebut.

 Misalkan anda menjual produk lipcream, maka pastikan anda mengunggah shade lipcream dengan jelas. Bila perlu, anda bisa menambahkan foto honest review dari berbagai shade lipcream atau menambahkan sebuah video yang menunjukkan ketika seorang model mengaplikasikan berbagai shade lipcream untuk memperjelas warna produk tersebut kepada calon konsumen anda.

4. DESKRIPSI

Tulislah deskripsi produk sedetail mungkin. Mulai dari komposisi yang terkandung di dalam produk tersebut, cara pakai, manfaat, efek samping, expired date dan lain-lain.

5. PROMO

Ikuti semua undangan promo yang dibuat oleh marketplace tersebut, atau anda juga bisa membuat promo dari toko anda sendiri. Contoh : beli 2 gratis 1, minimal order Rp 100.000 bisa tebus murah produk lain dengan setengah harga, atau belanja minimal Rp 150.000 dapat potongan harga 10%.

Jika kelima trik jitu di atas anda terapkan, maka bukan tidak mungkin penjualan online shop anda akan meningkat dari hari ke hari. Selamat mencoba!

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here