Inilah Beberapa Jenis Usaha yang Mampu Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

0
136

SB30 – Bisnis adalah terjadinya kegiatan supply and demand yang membutuhkan keterlibatan kerja sama jalur distribusi baik dari sisi pelanggan atau penjual.

Masalah yang sering terjadi adalah penjual (produsen, distributor, agen, wholeseller) tidak memperhatikan kebutuhan pelanggan secara total sehingga terjadi pergeseran dari penjual/penyedia barang/jasa yang satu ke lainnya.

Di masa pandemi seperti ini, sektor pariwisata justru mengalami penurunan. Lalu, apa saja jenis usaha yang bisa bertahan? Tentunya adalah bisnis yang berhubungan dengan sandang, pangan, dan papan. Karena ketiga hal tersebut merupakan kebutuhan primer seorang manusia.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha yang mampu bertahan di masa pandemi covid-19 :

1. Bisnis fashion

Tidak melulu tentang trend, namun bukan rahasia lagi bahwa kebutuhan sandang merupakan kebtuhan primer setiap manusia. Dan setiap fashion style tentunya memiliki penggemar yang banyak. Setiap tahunnya mode pakaian selalu berubah. Itulah sebabnya para penggemar fashion terbaru pasti akan berburu fashion apa yang saat ini sedang hype. Jadi, di masa pandemi ini anda bisa memikirkan untuk membuka bisnis clothing line atau aksesoris fashion yang eye catching.

2. Peluang Usaha Makanan

Peluang usaha makanan di masa pandemi ini semakin banyak digandrungi, terutama oleh kaum millenial. Disamping banyak peminatnya, usaha makanan ini juga tergolong mudah untuk di jalankan sekallipun anda masih pemula.

Bisnis ini bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan, asal anda tahu pasar dan konsisten. Sebagai contoh, membuat makanan manis atau makanan ringan. Mungkin kedengarannya sudah umum, tetapi meskipun bisnis ini sudah menjamur, masih banyak produk baru yang muncul dengan tema sejenis dan tetap laris di pasaran.

Contohnya usaha makanan kecil harga 2000an, usaha martabak telor, terang bulan dan masih banyak yang lainya.

Tapi yang perlu anda ketahui, bisnis di bidang kuliner itu persaingannya cukup berat. Namun jika anda pandai memasak dan mampu memberi harga yang kompetitif, anda pasti bisa sukses dalam menekuni bisnis kuliner.

3. Bisnis sewa rumah/Kos-kosan

Setiap orang butuh tempat tinggal, baik itu perantau atau bukan. Apalagi, harga rumah yang makin tinggi membuat opsi sewa rumah lebih masuk akal. Bisnis di kebutuhan primer papan tidak selalu berhubungan dengan jual beli rumah. Tetapi anda juga bisa jual beli pernak-pernik atau dekorasi rumah yang bisa dicustom atau homemade.

4. Jualan pulsa

Jualan pulsa atau kuota internet sekarang sudah menjadi usaha umum yang tidak ada matinya. Pasalnya, pulsa dan internet itu saat ini sudah menjadi kebutuhan primer.

Untuk menentukan bisnis, ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan, yaitu :

  • Kesesuaian lingkungan dengan bisnis yang ingin dijalankan

Misalnya begini : Katakan anda ingin membuka atau berjualan pulsa,Tetapi di lingkungan anda sudah banyak juga yang menjual pulsa. Kalau seperti ini,usaha atau bisnis tersebut tidak akan bertahan lama karena lingkungan yang tidak mendukung.

  • Buatlah daftar usaha yang memungkinkan dijalankan

Coba anda tuliskan bisnis apapun yang sesuai dengan keahlian anda. Jika anda punya keahlian memasak, jual hasil masakan anda. Jika anda punya hobi menulis, anda bisa menjadi content writer.

  • Pilihlah bisnis yang dibutuhkan oleh banyak orang

Lihatlah peluang paling besar di lingkungan tempat tinggal anda. Apa saja yang banyak orang gunakan dan rutin dibeli? Intinya, anda harus selalu peka terhadap bisnis apa saja yang sekiranya cepat berkembang di lingkungan sekitar anda.

Semoga bermanfaat.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here