Inilah 5 Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Cocok Untuk Pelajar

0
109

SB30 – Sahabat entrepreneur, sebenarnya ada banyak sekali bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil. Semua itu tergantung market dan bagaimana cara anda menemukan peluang disekitar anda.

Lalu, bisnis sampingan apa saja yang bisa dimulai dengan modal kecil? Saat ini, internet sudah menjadi sahabat kita, everyday and everytime. Itu artinya, bisnis online merupakan jawaban yang terbaik atas kebingungan anda.

Bukan hanya bisnis online, anda juga bisa memulai usaha kecil-kecilan yang bisa anda tawarkan ke teman-teman dan orang di sekitar lingkungan anda.

Dengan status pelajar, anda bisa mencoba bisnis yang bisa dilakukan dengan mudah, bisa dilakukan di mana saja, dan tentunya tidak butuh modal yang besar. Berikut ini adalah contoh bisnis sampingan yang cocok untuk pelajar :

1. Jual snack atau makanan kekinian

Mengikuti perkembangan zaman, tentunya para pelajar zaman sekarang memiliki berbagai ide brilian untuk memulai bisnis sampingan. Misalkan anda memiliki bakat memasak, cobalah anda pikirkan, Kira-kira masakan apa yang lagi kekinian?

Anda bisa tawarkan ke orang-orang terdekat seperti teman-teman anda di sekolah. Jika feedback yang diterima cukup baik, mungkin anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan usaha tersebut lebih dalam.

Sekolah memang tempat belajar, tapi apa salahnya jika anda sebagai pelajar menjadikan sekolah sebagai tempat untuk menambah uang jajan?

Sebelum memulai bisnis sampingan ini, coba survei dulu, kira-kira makanan apa yang cocok di lingkungan anda. Bawa sedikit dulu, apabila laku barulah anda naikkan jumlah dagangan anda secara bertahap. Jangan lupa bawa uang kembalian. Jika perlu, buatlah tampilan yang menarik dan merek jika snack yang anda jual lumayan menarik minat pembeli.

 

2. Reseller

Ada banyak sekali toko online yang menyediakan program reseller untuk setiap produknya. Cukup dengan menjadi reseller, anda tidak perlu stok barang, tidak perlu packing dan mengirim barang.

Tugas anda hanyalah mengupload gambar dari produk yang ingin anda jual kembali, kemudian share ke berbagai media sosial. Keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah dengan cara mark up alias menaikkan harga dari harga aslinya.

Ketika ada yang ingin membeli, anda hanya perlu melakukan order di toko tangan pertama, menambahkan alamat si pembeli, dan bayar. Sisanya, masalah packing dan pengiriman akan dilakukan oleh si penjual.

Walaupun terlihat mudah, faktanya butuh effort yang lumayan untuk bisa mendapatkan keuntungan besar dari berjualan online.

 

3. Content writer

Istilah umumnya adalah seorang penulis artikel. Anda bisa menjadi seorang penulis bayaran freelancer yang disewa oleh pengelola sebuah web atau blog.

Penghasilan yang diperoleh adalah sejumlah nilai jual atau harga dari setiap artikel yang anda buat. Jika anda bisa menulis artikel berbahasa Inggris, maka nilai jualnya akan lebih mahal. Terutama jika artikel yang anda tulis berkualitas baik.

Ini adalah sebuah pekerjaan ringan bagi anda yang memiliki bakat menulis. Jika anda mampu membuat 10 artikel setiap harinya, maka penghasilan yang anda hasilkan juga lumayan!

 

4. Youtuber

Jika anda memiliki bakat menjadi seorang YouTuber atau memiliki skill yang menarik jika dibagikan dalam bentuk video seperti skill memasak, berdandan atau traveling, jangan disia-siakan!

Coba anda bagikan rekaman video anda ketika melakukan hobi anda tersebut melalui situs YouTube. Siapa tau bisa booming dan bisa meraih tayangan yang luar biasa dari penonton. Ini nantinya yang akan dapat dikonversi menjadi sumber penghasilan uang dari internet dengan cara yang paling mudah.

 

5. Berjualan pulsa elektrik

Jika anda tak mempunyai banyak modal, anda dapat mencoba dengan membeli pulsa dalam nominal kecil dahulu. Anggap saja membeli pulsa untuk diri sendiri.

Bisnis pulsa elektrik merupakan peluang yang sangat bagus untuk pelajar, karena hampir semua orang membutuhkan pulsa.

Untuk mencegah problem penagihan, terutama jika pelanggan yang membeli pulsa adalah sahabat dekat ataupun keluarga, maka anda harus tegas untuk menagih pulsa elektrik yang mereka beli secepat mungkin. Kalau bisa, jangan sampai mereka berhutang karena akan memperlambat kelancaran bisnis anda.

Jika anda ingin bisnis sampingan anda selalu lancar, maka poin yang paling penting adalah selalu promosikan usaha sampingan anda. Selain itu, pertahankan kualitas serta kepuasaan pembeli.

Mau Dapat Update Exclusive dari SuccessBefore30 Lainnya di Email Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here